Ekonomi

Manajemen Bisnis: Pengertian, Fungsi, Unsur-Unsurnya dan Komponen Manajemen Bisnis

×

Manajemen Bisnis: Pengertian, Fungsi, Unsur-Unsurnya dan Komponen Manajemen Bisnis

Share this article
Manajemen bisnis
Manajemen bisnis

Setelah produk yang kamu pilih sudah jelas kamu bisa menentukan logo pada bisnismu. Nama dan logo adalah komponen yang penting dalam deskripsi bisnis. Kamu juga harus menyertakan alamat bisnismu untuk memudahkan konsumen mencari tahu dari produkmu.

2. Melakukan Analisis Pesaing

Dengan melakukan analisis pesaing dari produkmu kamu dapat mencari trobosan supaya produkmu dapat terus berjalan. Misalnya pesaingmu memiliki produk yang sama maka kamu harus mencari kelebihan apa yang dapat kamu berikan dari produkmu dibanding pesaingmu.

3.  Memiliki Stategi Pemasaran

Kamu harus memiliki strategi yang tepat untuk memasarkan produkmu. Pertama kamu bisa menganalisis kebutuhan konsumen untuk memperkirakan apa yang harus kamu lakukan setelahnya.

Jika analisis yang kamu lakukan telah mendapat imformasi yang jelas kamu bisa melanjutkan dengan metode promosi yang tepat.

4. Laporan Keuangan

Pada poin ini yang terakhir adalah catatan laporan keuangan. Banyak pebisnis yang tidak memperhatikan hal ini. Laporan keuangan ini juga menjadi patokan aktivitas bisnis yang kamu jalankan. Dengan laporan keuangan kamu juga bisa terus mengkontrol, mengevaluasi antara pendapatan dan pengeluaran seimbang, untung atau bahkan merugi. Sehingga kamu dapat mengambil tindakan sesuai kasus yang terjadi.

Pos Terkait:  13 Aplikasi Jual Beli Online Populer 2022, Unicorn, Starup dan APP Terbaru
5. Menjaga Kualitas Produk dan Layanan

Menjaga kualitas dan pelayanan adalah suatu keharusan dalam menjalankan bisnis. Ketika kualitas dan pelayanan kamu menurun secara otomatis konsumen juga akan menurun.

E. Komponen Manajemen Bisnis

Komponen manajemen bisnis dapat diartikan bagian – bagian didalam pelaksanaannya harus sesuai dengan susunan manajemen. Maksudnya adalah segala aktivitas yang dilakukan dalam bisnis harus sejalan dengan sistem manajemen yang telah dibuat. Berikut adalah bagian – bagian yang dimaksud.

1. Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan berfungsi sebagai penyetabil keuangan perusahaan. Hal ini bertujuan finansial perusahaan dapat teratur dengan baik.

2. Manajemen Marketing

Pemasaran adalah bagian yang penting dalam sebuah bisnis. Maka aktivitas didalam pemasaran harus sesuai dengan perencanaan dan pengawasan.

3. Manajemen Produksi

Manajaemen produksi mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan proses produkai sehingga terjaganya kualitas produksi.

4. Manajemen Distribusi

Komponen ini memilii fungsi mengawasi segala aktivitas distribusi. Dengan bertujuan aktivitas produksi dapat berjalan secara maksimal.

5. Manajemen SDM

Manajemen ini adalah bagian yang mengatur dan menentukan potensi pekerja sekaligus penempatannya sesuai bidang keahlian pekerja. Serta mengevaluasi setiap pekerjanya.

Kesimpulan

Dalam menjalankan komponen – komponen diatas memang bukan sesuatu yang gampang. Dibutuhkan konsisten yang tinggi dan evaluasi secara berkala. Ketika seluruh komponen bisa bersinergi maka peluang kesuksesan bisnis akan semakin tinggi.

Baca juga:

1. Tips Meningkatkan Penjualan

Penulis : Richy Aris

Pos Terkait:  Bentuk-Bentuk Perusahaan dan Jenis-Jenisnya