Ekonomi

Akuntansi, Definisi, Kegunaan,Profesi Akuntan Dan Bidang-Bidangnya

×

Akuntansi, Definisi, Kegunaan,Profesi Akuntan Dan Bidang-Bidangnya

Share this article
Akuntansi, Definisi, Kegunaan, Dan Bidang-Bidangnya
Akuntansi, Definisi, Kegunaan, Dan Bidang-Bidangnya

Iqipedia.com – Akuntansi menyajikan informasi keuangan secara kuantitatif dan relevan kepada pihak–pihak yang berkepentingan untuk pengambilan keputusan-keputusan ekonomi, seperti mengukur ke- berhasilan operasi perusahaan dalam membuat rencana dimasa yang akan datang.

Dalam pengetahuan akuntansi dikenal dua istilah asing, yaitu accountancy dan accounting.  Secara terminology istilah   tersebut lazim diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi Akuntansi. Accountancy merupakan suatu metodologi dan himpunan pengetahuan yang berkenaan dengan sistem informasi dari satuan- satuan ekonomi apa pun bentuknya, yang terbagi atas dua bagian. Pertama, accounting ialah pengetahuan yang menyangkut proses pelaksanaan pembukuan dalam arti luas. Kedua, auditing ialah pengetahuan menyangkut pemeriksaan dan penilaian (evaluasi) atas hasil proses pelaksanaan pembukuan tersebut. Oleh karena itu istilah accountancy lebih luas meliputi baik bidang teori, proses pembukuan penerapan atau praktek, maupun pemeriksaan dan penilaian.

Definisi Akuntansi

Dalam hal mengartikan pengertian akuntansi ada beberapa pen- dapat yang pada prinsipnya sama diantaranya:

American Institute of Certified Public Accountants (AICPA)” dalam Harahap (2003) mendefinisikan akuntansi sebagai seni pencatatan, peng- golongan, dan pengiktisaran dengan cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan ter- masuk menafsirkan hasil-hasilnya

Pos Terkait:  Cara Membuat Laporan Keuangan Yang Benar Sesuai Akuntansi

American Acounting Association (AAA) dalam Soemarso SR. (2009: 5) mendefinisikan akuntansi sebagai proses pengidentifikasian, peng- ukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian-penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Pengertian Akuntansi menurut Charles T.Horngren, dan Walter T. Harrison (2007:4) menyatakan bahwa akuntansi adalah sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, memproses data menjadi laporan, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan.