Ekonomi

Manajemen Bisnis: Pengertian, Fungsi, Unsur-Unsurnya dan Komponen Manajemen Bisnis

×

Manajemen Bisnis: Pengertian, Fungsi, Unsur-Unsurnya dan Komponen Manajemen Bisnis

Share this article
Manajemen bisnis
Manajemen bisnis

Iqipedia Fintech – Manajemen bisnis menjadi suatu yang penting bagi wirausahawan dalam menjalankan bisnisnya. Memiliki usaha sendiri menjadi daya tarik yang diminati banyak orang, walaupun dalam pelaksanaanya tidak semudah yang dibayangkan oleh kebanyakan orang. Ketika kamu ingin membuka usaha sendiri kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Persiapan atau perencanaan dalam usaha ini yang dinamakan manajemen bisnis, supaya usahamu dapat berjalan sesuai harapan.

Membuka usaha atau bisnis tanpa adanya manajemen dapat memperburuk keadaan yang beresiko pada kebangkrutan. Seorang pengusaha sering sekali hanya terfokus dengan keuntungan bisnisnya dan cinderung mengabaikan resiko bisnis, seperti sepinya konsumen, faktor penyebab kerugian dan lain sebagainya. Sehingga ketika usahanya mengalami kebangkrutan, kamu dalam kondisi tidak tahu cara untuk menemukan jalan keluarnya.

Bukankah sejak awal membuka bisnis saja kamu sudah mengeluarkan modal untuk memulai bisnismu, maka seharusnya sejak awal juga sudah harus mempersiapkan manajemen bisnis untuk  mengoptimalkan perjalanan usaha yang kamu geluti. Sebenarnya untuk mempelajari manajemen bisnis tidak harus melalui pendidikan formal. Kamu juga dapat mempelajarinya dari usaha kecil terlebih dahulu. Selengkapnya mari kita belajar tentang perencanaan usaha dengan memahami materi berikut.

A. Pengertian Manajemen Bisnis

Manajemen bisnis dapat diartikan sebagai bentuk upaya yang meliputi perencanaan, pengerjaan dan pengawasan dalam menjalankan bisnis dengan tujuan tercapainya target usaha. Dengan kata lain keuntungan penjualan sangat ditentukan oleh manajemen bisnis dan sangat kecil kemungkinan keuntungan apabila usaha yang dijalankan tidak didasari dengan manajemen bisnis.

Pos Terkait:  10 Tips dan Cara Meningkatkan Jualan Online 2022

Ketika melakukan manajemen bisnis terdapat empat poin terpenting yang harus diperhatikan oleh pelaku bisnis, empat poin yang dimaksud adalah perencanaan, pengawasan, pengerjaan dan evaluasi. Maka dari itu dapat dipastikan bahwa manajemen bisnis adalah penentu dari berjalannya usaha yang dilakukan oleh seseorang.

Baca juga: Manajemen keuangan

B. Fungsi Manajemen Bisnis

Setelah kamu mengetahui arti dari manajemen bisnis sekarang kamu bisa mempelajari fungsi dari manajemen bisnis. Berikut adalah fungsi dari manajemen bisnis.

1. Planing

Perencanaan adalah langkah awal yang harus diperhatikan untuk memulai sebuah usaha. Perencanaan akan menjadi patokan ketika menjalankan sebuah usaha, maka dari itu perencanaan ini harus didokumentasikan supaya memudahkan dalam menjalankan bisnis atau usaha yang kamu jalankan.

Kesalahan yang sering terjadi adalah tidak dibukukannya perencanaan bisnis yang telah kamu susun, sehingga kamu kesulitan dalam melakukan kontrol terhadap usahamu. Ketidak pahaman tentang akutansi biasanya menjadi alasan klasik kenapa seseorang tidak melakukan pembukuan.

2. Organizing

Yang kedua yaitu organizing, organizing adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaku – pelaku didalam tim kerja. Hal yang perlu diperhatikan adalah pembagian dalam kelompok kerja. Dengan adanya kelompok kerja kamu dengan mudah mengkontrol kualitas pekerja, sehingga dapat melakukan evaluasi kepada setiap pekerja.

Pos Terkait:  Manajemen Keuangan: Pengertian, Fungsi dan Tujunnya
3. Staffing

Stafing adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan peralatan atau sumber daya pendukung usahamu. Dengan mengetahui kualitas sumber daya yang dimiliki kamu dapat menentukan peralatan yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan. Pebisnis sering sekali mengabaikan hal tersebut yang mengakibatkan pembengkakan terhadap sumber daya yang tidak perlu.

4. Directing

Fungsi keempat yaitu directing. Directing identik dengan pemberian pemahaman dan pengarahan. Hal ini sangat perlu dilakukan oleh pimpinan bisnis ketika tim tidak berjalan sesuai perencanaan.

5. Controling

Controling ini berfungsi sebagai pengawasan terhadap kinerja tim. Pengawasan dapat dilakukan oleh pimpinan maupun ketua tim kemudian hasil pengawasan dijadikan sebagai bahan evaluasi.

C. Perencanaan Manajemen Bisnis

Perencanaan adalah langkah yang harus sangat diperhatikan. Tanpa perencanaan yang baik usaha yang kamu bangun akan berjalan tanpa kontrol. Berikut tahapan – tahapan perencanaan yang bisa kamu lakukan.

– Menentukan tujuan dan target

– Menyusun langkah – langkah usaha

– Menentukan organizing yang tepat

– Menentukan standarisasi kerja.

Baca juga: Tips meningkatkan penjualan

D. Unsur-Unsur Manajemen Bisnis

Ada beberapa unsur yang harus diperhatikan didalam melakukan perencanaan. Hal tersebut bertujuan supaya perencanaan dapat berjalan dengan baik. Beberapa unsur tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Pos Terkait:  Tips Meningkatkan Penjualan, Omset Nambah Cuan Melimpah
1. Deskripsi Bisnis Jelas

Ketika memilih sebuah usaha pastikan kamu berada dalam bisnis yang jelas. Bisnis yang jelas dapat memudahkan konsumen untuk memilih produk dari bisnismu. Bisnis jelas yang dimaksud disini adalah tentang produk apa yang kamu tawarkan. Apakah tentang makanan, pakaian atau yang lainya. Kejelasan produk ini akan menjadi brand dari usahamu sehingga usahamu mudah dikenali oleh komsumen.