Menu

Mode Gelap

Ekonomi

10 Ide Usaha Tanpa Modal 2022, Mulai Jualan, Buka Jasa dan Kursus


 uasah tanpa modal Perbesar

uasah tanpa modal

Advertisements

Iqipedia.com – Ide usaha tanpa modal menjadi salah momok yang menakutkan setiap seseorang ingin memulai suatu usaha. Tingginya modal untuk memulai bisnis membuat mayoritas orang tidak berani untuk memulai keinginannya dalam berwirausaha. Pada era digital dan serba internet seperti saat ini seharusnya paradigma semacam itu harus dirubah. Dengan hanya bermodalkan gaway dan jaringan internet, saat ini kamu sudah bisa memulai usaha baru sesuai dengan yang kamu minati. Benar sekali berjualan dengan media online saat ini menjadi usaha yang menjanjikan untuk digeluti. Dengan media online kamu tidak lagi membutuhkan tempat berjualan, waktu dan peralatan untuk membuka usaha baru.

1. Menjadi Dropshiper

Ide usaha tanpa modal yang pertama dan sering di lakukan adalah menjadi dropshiper. Dropshipper adalah profesi yang pekerjaanya mempromosikan barang milik seseorang untuk dijual akan tetapi barang tersebut diatas namakan kamu. Sehingga kamu tidak perlu memiliki barang tersebut untuk dijual kepada konsumen. Ketika barang yang kamu promosikan berhasil terjual kamu akan mendapatkan bagian dari keuntungan penjualan dari pihak suppliyer sesuai dengan kesepakatan. Pekerjaan ini mulai menjadi sangat dibutuhkan karena banyaknya perusahaan yang mulai memasarkan produknya melalui pasar online atau media online sejenisnya.

2. Menjadi Blogger

Pernahkah kamu mencoba membuat blog atau website sendiri ? Jika belum, hal ini bisa menjadi salah satu usaha jualan online yang bisa kamu coba.

Ide  Usaha tanpa modal ini bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjual tulisan kamu atau kamu juga bisa memasang layanan google yang terkait dengan pengiklanan atau biasa disebut dengan google adsense. Ketika seseorang mengunjungi artikel yang terdapat pada layanan google terkait pengiklanan tadi, maka kamu dapat menghasilkan uang. Sehingga semakin banyak artikelmu dikunjungi oleh pembaca maka uang yang kamu dapatkan akan semakin banyak.

Advertisements
3. Membuka Kursus Online

Dengan smartphone dan internet tampaknya banyak sekali peluang usaha yang dapat kamu jalankan. Berikutnya adalah usaha kursus online. Kursus online menjadi salah satu usaha yang menjanjikan untuk kamu jalankan.

Dampak pandemi covid-19 mengharuskan seorang pelajar lebih banyak belajar dirumah. Hal tersebut dinilai kurang efektif oleh orang tuanya sehingga harus menambah jam belajarnya dengan cara lain. Alternatifnya adalah menambah jam belajar dengan kursus online. Ada banyak sekali pembelajaran yang kamu buka dengan kursus online, misalnya adalah desain grafis, membuat iklan, membuat website dan lain sebagainya.

4. Mengikuti Survey Berbayar

Mengikuti survey berbayar menjadi salah satu solusi buka usaha tanpa modal yang bisa kamu coba. Survey berbayar dapat kamu ikuti juga hany dengan bermodalkan gaway dan jaringan internet tanpa dipungut biaya atau modal apapun.

Dalam melakukan pekerjaan ini kamu bisa mengumpulkan poin-poin dari hasil survey yang kamu ikuti didalam situs-situs online yang menyediakan survey berbayar. Kemudian poin – poin yang telah kamu kumpulkan bisa kamu tukar dengan uang. Ketika melakukan penukaran poin kamu harus selalu mewaspadai segala sesuatu yang mengarah pada penipuan. Maka dari itu sebelum melakukan pekerjaan ini kamu harus memahami terlebih dahulu didalam melakuka  survei berbayar.

Advertisements
5. Menjadi Admin Media Sosial

Perlu kita sadari bahwa meningkatnya penjualan salah satunya karena adanya media sosial. Perusahaan – perusahaan mulai membutuhkan jasa profesi admin media sosial guna untuk mengembangkan perusahaannya.

Kamu bisa menjadikan peluang ini untuk menjadi profesi yang menjanjikan. Beberapa tahun terakhir profesi ini semakin diminati dan dibutuhkan oleh perusahaan. Syarat mutlak untuk menjadi admin media sosial adalah kamu harus mampu membuat konten menarik dengan cara selalu mengasah kemampuan atau kamu juga bisa mempelajarinya melalui situs freelancer.

6. Menjadi Penerjemah

Banyaknya perusahaan yang membutuhkan jasa penerjemah menjadi kesempatan pekerjaan buat kamu yang memiliki keahlian menerjemahkan dokmen dengan bahasa asing ke indonesia atau sebaliknya.

Usaha yang tidak membutuhkan modal ini ternyata memiliki banyak lowongan pekerjaan jika kamu bergabung dengan situs freelancer. Selain itu kamu juga dapat melampirkan pengalaman kerja kamu sebagai bahan pertimbangan ketika melamar kerja.

Advertisements
7. Membuka Jasa Desain Grafis

Salah satu Ide usaha tanpa modal adalah buka buka jasa desain. Usaha kali ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki keterampilan dalam desain grafis. Profesi desain grafis adalah dimana kamu melayani desain grafis berupa logo atau gambar tertentu yang dipesan oleh klien. Hanya dengan bermodalkan PC/Laptop dan jaringan internet kamu sudah bisa untuk memulai pekerjaan ini.

Dengan situs freelancer kamu dapat memperoleh berbagai informasi pekerjaan yang berhubungan dengan profesi ini. Dari situs freelancer kamu dapat menemukan perusahan – perusahaan atau orang – orang yang membutuhkan profesi ini.

8. Menjadi Influencer

Ide Usaha tanpa modal yang ke delapan adalah menjadi influencer. Modal utama menjadi influencer adalah keterampilan dan kecakapan dalam mengolah kata dan mengekspresikan dalam sosial media, dengan demikian ia akan memiliki followers media sosial yang banyak. Dengan modal tersebut kamu bisa bekerja sama dengan pebisnis kecil untuk mempromosikan produknya. ini dapat kamu jadikan usaha yang bebas modal untuk menambah pendapatan kmu sehari-sehari.

Kamu bisa bekerjasama dengan platform influencer yang bisa kamu temukan di media sosisal untuk mengembangkan usaha ini. Sehingga setelah itu kamu hanya harus terus belajar untuk mengasah kemampuanmu dalam pemasaran.

Advertisements
9. Menjadi Youtuber

Profesi youtuber beberapa tahun menjadi profesi yang banyak diminati oleh banyak kalangan dari masyarakat biasa sampai public figure. Penghasilan yang fantastis menjadi alasan orang – orang beralih menjadi youtuber.

Ketika kamu ingin menjadi youtuber kamu harus konsisten dengan karya – karya yang akan kamu jadikan topic video. Hanya bermodalkan kamera, laptop/computer, gaway, dan jaringan internet yang kuat kamu sudah bisa untuk membuat akun youtube kamu dan memulai profesi ini.

10 Bergabung dengan Marketplace

Ide  Usaha tanpa modal yang terakhir adalah berjualan online melalui situs marketplace. Marketplace adalah situs yang bisa kamu gunakan sebagai media untuk menjual produk tanpa harus sewa tempat untuk jualan. Marketplace menjadi solusi bagi kamu yang ingin berjualan tanpa modal. Bisnis online yang satu ini menjadi bisnis online yang snagat menjajikan yang harus kamu coba.

Kesimpulan

Seiring kemajuan teknologi peluang usaha juga semakin besar. Berjualan dengan media online dapat dilakukan oleh siapapun dengan jaringan yang lebih luas dan dengan modal yang sangat minim. Bahkan peluang keuntungan yang didapat justru jauh lebih besar dibandingkan dengan berjualan dengan metode offline. Selain itu kamu juga masih beraktifitas lainya tanpa harus mengganggu usahamu.

Advertisements

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan usaha jualan maupun usaha online lainya adalah kamu harus terus berkreasi untuk menemukan ide – ide atau trobosan suapaya bisnismu terus berkembang. Konsisten dengan apapun jenis usaha yang kamu geluti dan terus berusaha juga menjadi kunci keberhasilan bisnismu.

Baca juga: 

Autor : Richy Ari Susanto

Editor: Sholeh

Advertisements
Komentar
Advertisements

Artikel ini telah dibaca 1,486 kali

Baca Lainnya

Bentuk-Bentuk Perusahaan dan Jenis-Jenisnya

10 Agustus 2022 - 06:39

Bentuk Perusahaan dan Jenis-Jenisnya

Akuntansi, Definisi, Kegunaan,Profesi Akuntan Dan Bidang-Bidangnya

10 Agustus 2022 - 04:53

Akuntansi, Definisi, Kegunaan, Dan Bidang-Bidangnya

Fungsi Ilmu Tauhid dalam Ekonomi Syari’ah dan Prinsip-prinsipnya

20 Juli 2022 - 17:04

Prinsip Ekonomi Islam

Prinsip-Prinsip Managemen Keuangan

18 Juli 2022 - 21:01

riba

Manajemen Bisnis: Pengertian, Fungsi, Unsur-Unsurnya dan Komponen Manajemen Bisnis

16 Juni 2022 - 07:07

Manajemen bisnis

Manajemen Keuangan: Pengertian, Fungsi dan Tujunnya

15 Juni 2022 - 14:38

Manajemen Keuangan
Trending di Ekonomi