Menu

Mode Gelap

Ekonomi

Akuntansi, Definisi, Kegunaan,Profesi Akuntan Dan Bidang-Bidangnya


 Akuntansi, Definisi, Kegunaan, Dan Bidang-Bidangnya Perbesar

Akuntansi, Definisi, Kegunaan, Dan Bidang-Bidangnya

Advertisements

Pihak Ekstern adalah pihak yang berada di luar perusahaan diantara- nya adalah

  • Investor

Investor membutuhkan informasi keuangan perusahaan untuk me- nentukan apakah akan menanamkan modalnya atau tidak. Jika dalam prediksi investor akan memberikan keuntungan yang baik, maka investor akan menyetorkan modal ke perusahaan, dan begitu juga sebaliknya.

  • Pemerintah

Besarnya pajak yang harus dibayarkan perusahaan atau organisasi kepada pemerintah sebagaian besar berdasarkan atas informasi pada laporan keuangan perusahaan.

  • Kreditur

Jika perusahaan sedang terdesak dan membutuhkan dana segar, per- usahaan mungkin akan meminjam uang pada kreditor seperti me- minjam uang di bank, berhutang barang pada supplier/pemasok. Kreditur akan memberikan dana jika perusahaan memiliki kondisi keuangan yang baik dan tidak akan memiliki potensi yang besar untuk merugi.

Advertisements
  • Pihak Lainnya

Sebenarnya masih banyak pihak lain dari luar perusahaan yang mung- kin saja akan menggunakan laporan/informasi akuntansi suatu orga- nisasi seperti para karyawan, serikat pekerja, auditor akuntan publik, polisi, pelajar/mahasiswa, wartawan, dan banyak lagi lainnya.

Profesi Akuntan

Jabatan-jabatan dalam profesi akuntansi dapat dikelompokkan ke dalam berbagai bidang. Pada umumnya akuntansi dibedakan menjadi dua bidang yaitu akuntansi publik dan akuntansi intern.

Akuntan publik (public accountants atau external accountants) adalah akuntan yang memberikan jasanya untuk melayani kebutuhan masyarakat. Jenis pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh para akuntan publik adalah pemeriksaan laporan keuangan (auditing), bantuan dibidang perpajakan, dan konsultasi manajemen.

Akuntan Intern (internal accountants) adalah akuntan yang bekerja dalam suatu perusahaan tertentu. Akuntan intern sangat beraneka ragam antara lain akuntansi di bidang biaya, bendahara, kontroler, sistem infor- masi, auditing, pajak, dan sebagainya

Advertisements

Akuntan pemerintah (govermental accountants) adalah akuntan yang dipekerjakan pada sebuah lembaga pemerintah. Perlu diketahui bahwa dalam pemerintahan sendiri dalam pengelolaan keuangan sering terjadi kebocoran-kebocoran uang negara, oleh karena itu pemerintah perlu adanya akuntan pemerintah yang dapat mengontrol pengelolan uang negara.

Bidang-Bidang Akuntansi

Seperti apa yang dijelaskan pengelompokan profesi akuntan di atas, maka dalam praktik dijumpai berbagai macam bidang pekerjaan ekonomi  seperti:

Akuntansii Publik (public accounting). Pemeriksaan laporan ke- uangan (auditing) adalah bidang pekerjaan profesi akuntansi paling uta- ma yang diberikan kepada publik (umum). Hasil pemeriksaan akuntan publik dituangkan dalam sebuah laporan yang disebut laporan hasil pemeriksaan akuntan.

Akntansi Perpajakan (tax accounting) adalah jasa akuntan publik yang banyak dibutuhkan masyarakat. Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberi jasa ini adalah (1) untuk memenuhi peraturan perpajakan yang berlaku, dan (2) untuk menekan pajak seminimum mungkin.

Advertisements

Konsultan Manajemen (management consult) adalah pemberian jasa yang meliputi aspek yang luas. Sebagai pemeriksa, akuntan biasanya mempunyai pengetahuan yang mendalam mengenai operasi perusahaan yang diperiksanya. Oleh karena itu akuntan publik dapat memberikan berbagai pertimbangan dan saran kepada manajemen untuk memperbaiki hasil operasi perusahaan yang menggunakan jasanya.

Komentar
Advertisements

Artikel ini telah dibaca 588 kali

Baca Lainnya

Bentuk-Bentuk Perusahaan dan Jenis-Jenisnya

10 Agustus 2022 - 06:39

Bentuk Perusahaan dan Jenis-Jenisnya

Fungsi Ilmu Tauhid dalam Ekonomi Syari’ah dan Prinsip-prinsipnya

20 Juli 2022 - 17:04

Prinsip Ekonomi Islam

Prinsip-Prinsip Managemen Keuangan

18 Juli 2022 - 21:01

riba

Manajemen Bisnis: Pengertian, Fungsi, Unsur-Unsurnya dan Komponen Manajemen Bisnis

16 Juni 2022 - 07:07

Manajemen bisnis

Manajemen Keuangan: Pengertian, Fungsi dan Tujunnya

15 Juni 2022 - 14:38

Manajemen Keuangan

Grafik Saham Bukalapak Hari Ini

14 Juni 2022 - 15:00

saham bukalapak
Trending di Ekonomi