Menu

Mode Gelap

Edukasi

Lemak Sapi, Pengertian, Manfaat, Kandungan dan Cara Mendapatkannya


 Baca juga:  Fakta Ilmiah Penyembelihan Hewan Dengan Basmalah, Hikmahnya Sesuai Medis  Puasa Dalam Sains Dapat menyembuhkan 3 Penyakit Ini Perbesar

Baca juga: Fakta Ilmiah Penyembelihan Hewan Dengan Basmalah, Hikmahnya Sesuai Medis Puasa Dalam Sains Dapat menyembuhkan 3 Penyakit Ini

Advertisements
Advertisements

Iqipedia.com – Minyak dan Lemak adalah salah satu kelompok yang termasuk golongan lipid, yaitu senyawa organik yang terdapat dialam serta tidak larut dalam air, tetapi larut dalam pelarut organik non-polar , contohnya dietil eter, kloroform dan hidrokarbon lainnya. Lemak dan Minyak dapat larut dalam pelarut yang disebut di atas karena lemak dan minyak mempunyai polaritas yang sama dengan pelarut tersebut(Herlina, 2009)

Lemak dan minyak adalah trigliserida, atau triasilgliserol, dalam kedua istilah ini yang berarti trimester dari gliserol. Perbedaan antara suatu lemak dan minyak, yaitu: pada suhu kamar (250c) lemak berbentuk padat dan minyak bersifat cair. Selain itu lemak dan minyak juga merupakan sumber energi yang lebih efektif dibandingkan dengan karbohidrat dan protein.Satu gram minyak atau lemak dapat menhasilkan energi sebesar 9kkal,sedangkan karbohidrat dan protein hanya menghasilkan 4kkal/gram. Minyak goreng merupakan salah satu bahan yang ada didalam lemak, baik yang berasal dari lemak tumbuhan (lemak nabati) maupun dari lemak hewan(lemak hewani). (Winarno, 1996)

Sapi digolongkan sebagi hewan mamalia atau hewan yang menyusui. Sapi merupakan hewan ternak anggota suku bovidae dan anak suku bovinae. Sapi juga merupakan hewan ternak yang paling berperan dalam memenuhi kebutuhan sumber protein dan lemak hewani yaitu sebagai penghasil daging ,sebagai penghasil air susu dan lemak sapi. Sebagian besar peternakan sapi domestik di Indonesia didominasi oleh Bos taurus atau Bos indicus (zebu), yang keduanya merupakan keturunan dari Bos primigenius .

Pengertian Lemak Sapi

Tallow adalah lemak sapi atau domba yang dihasilkan oleh industri pengolahan daging sebagai hasil samping. Kualitas dari tallow ditentukan dari warna, titer (temperatur solidifikasi dari asam lemak), kandungan FFA, bilangan saponifikasi, dan bilangan iodin. Tallow dengan kualitas baik biasanya digunakan dalam pembuatan sabun mandi dan tallow dengan kualitas rendah digunakan dalam pembuatan sabun cuci.

Advertisements
Komentar
x
Advertisements
Advertisements

Advertisements
Artikel ini telah dibaca 313 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pengertian dan Faktor Pemicu Radikalisme

26 Oktober 2022 - 08:28

Pengertian dan Faktor Pemicu Radikalisme

Paradigma Sosiologi : Pengertian dan Analisis

7 Oktober 2022 - 13:27

Paradigma Sosiologi : Pengertian dan Analisis

Model Gaya Pembelajaran Efektif, Pengertian dan Macam-Macamnya Menurut Para Ahli

18 Agustus 2022 - 20:35

Model Gaya Pembelajaran Efektif, Pengertian dan Macam-Macamnya Menurut Para Ahli

Sejarah Kimia Medisinal Dari Sebelum Masehi Sampai Modern

8 Agustus 2022 - 16:03

Sejarah Kimia Medisinal

5 Tips Happy Parenting Agar Ibu dan Anak Bahagia

3 Agustus 2022 - 22:55

Pendidikan Parenting Sebelum Nikah, Pengertian dan Peran Orang Tua

26 Juli 2022 - 16:21

Pendidikan Parenting Sebelum Nikah, Pengertian dan Peran Orang Tua
Trending di Edukasi