Ekonomi

Akuntansi, Definisi, Kegunaan,Profesi Akuntan Dan Bidang-Bidangnya

×

Akuntansi, Definisi, Kegunaan,Profesi Akuntan Dan Bidang-Bidangnya

Share this article
Akuntansi, Definisi, Kegunaan, Dan Bidang-Bidangnya
Akuntansi, Definisi, Kegunaan, Dan Bidang-Bidangnya

Akuntansii Biaya (cost accounting). Akuntansi biaya menganalisis biaya perusahaan untuk membantu manajemen dalam pengawasan biaya. Biasanya akuntansi biaya ditentukan pada biaya produksi, akuntansi biaya yang baik akan membantu manajemen dalam penetapan harga jual produknya sehingga diperoleh laba yang lebih besar. Selain itu, akuntansi biaya dapat memberi informasi kepada manajemen tentang produk mana yang tidak menguntungkan sehingga produksinya harus dihentikan, dan produk mana yang menguntungkan.

Peranggaran (budgeting) adalah penyusunan anggaran selalu mem- perhatikan data masa lalu yang dilaporkan dalam laporan akuntansi. Anggaran juga digunakan untuk mengawasi jalannya operasi perusahaan melalui pembandingan antara data yang sesungguhnya dengan anggaran. Oleh karena itu perusahaan biasanya memandang kegiatan peranggaran sebagai aspek yang penting dari sistem akuntansinya.

Perancangan sistem informasi mengidentifikasikan kebutuhan informasi untuk kepentingan intern maupun ekstern setelah kebutuhan informasi diketahui, selanjutnya dirancang dan dikembangkan sistem yang sesuai.

Pemeriksaan Intern adalah pemeriksaan yang dilakukan oleh akun- tan intern perusahaan. Para akuntan intern bertugas untuk mengevaluasi sistem akuntansi dan manajemen. Tujuan pokoknya adalah untuk mem- bantu manajemen dalam memperbaiki efisiensi operasi dan untuk menjamin bahwa para karyawan dan bagian-bagian perusahaan telah melaksanakan prosedur dan rencana yang ditetapkan manajemen.

Pos Terkait:  Fungsi Ilmu Tauhid dalam Ekonomi Syari'ah dan Prinsip-prinsipnya

Akuntansi keuangan adalah akutansi yang bertujuan utama menghasilkan informasi keuangan untuk kepentingan pihak luar. Yang dimaksud dengan pihak luar adalah pihak-pihak diluar manajemen per- usahaan, seperti investor, kreditur, badan pemerintah dan pihak luar lainnya.

Akuntannsi manajemen adalah akutansi yang bertujuan utama meng- hasilkan informasi untuk kepentingan manajemen. Umumnya informasi untuk keperluan manajemen bersifat sangat mendalam, dan diperlukan untuk pengambilan berbagai keputusan manajemen. Informasi semacam ini biasanya tidak dipublikasikan kepada umum.

Proses Akuntansi

Laporan keuangan adalah merupakan hasil dari pada proses kegiatan akuntansii selama satu periode. Dalam definisi akuntansi di atas disebutkan bahwahal tersebuti merupakan suatu proses yang meliputi:

  1. Pencatatan.
  2. Penggolongan.
  3. Peringkasan.
  4. Pelaporan.
  5. Penganalisaan data keuangan dari suatu organisasi.