Turunya Al-Quran
Definisi Al-Quran
Al-Quran di definisikan oleh para ulama’ sebagai
كلام الله المنزل على محمد لإعجاز العدو المتعبد بتلاوته
Artinya: Al-Quran adalah firman Allah yang di turunkan kepada Nabi Muhammad untuk melemahkan musuhnya yang di anggap ibadah bagi yang membacanya.
Maksud dari li i’jazil ‘aduwi, adalah salah satu tujuan al-Quran di turunkan untuk melemahkan musuh-musuh Nabi Muhammad saw. Hal ini dapat di buktikan dengan tantangan al-Quran kepada orang yang ingkar terhadapa al-Quran untuk membuat satu surah, namun para musuh Nabi Muhammad tidak mampu membuatnya.
Maksud dari al-Muta’abbad bi tila watihi, adalah jika ada seseorang membaca al-Quran maka di anggap ibadah dan mendapatkan pahala. Hal inilah yang membedakan al-Quran dengan tulisan-tulisan lainnya. Jika seseorang membaca tulisan al-Quran maka di anggap ibadah sedangkan membaca tulisan lainnya tidak di anggap ibadah, seperti membaca buku, kitab, koran, karya ilmiah dan tulisan-tulisa lainnya.
Tujuan Turunnya Al-Quran
Tujuan turunnya Al-Quran untuk menunjukkan makhluk, tidak hanya umat Islam tetapi seluruh umat manusia di muka bumi ini. Hal ini sesuai firman Allah:
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ
Artinya: Al-Quran di turunkan pada bulan ramadhan untuk menunjukkan manusia dan menjadi penjelasan dan pembeda antara yang hak dan yang bathil.
Waktu Turunnya Al-Quran
Al-Quran di turunkan dalam bulan ramadhan sebagaimana yang dijelaskan dalam al-Quran surat Al Baqara ayat 185 yang berbunyi:
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ
Artinya: Al Qur’an diturunkan pada Bulan Ramadhan
Penurunan al-Quran ini tepatnya pada lailatul qodar sebagaimana firman Allah yang berbunyi:
إِنَّا أَنزَلْناهُ فِي لَيلَةِ الْقَدْرِ
Artinya: Sesungguhnya ku menurunkan al-Quran pada lailatul Qodar
Dalam permasalahan penurunan Al-Quran apakah di turunkan satu kali atau berkali-kali ulama’ berbeda pendapat. berikut ini penjelasannya: Pertama, Al-Qur’an diturunkan sekaligus ke langit dunia (Bait al-‘Izzah) pada malam lailatul qadr, kemudian diturunkan kepada Nabi saw secara berangsur-angsur selama 20 tahun atau 23 tahun. Kedua, Al-Qur’an diturunkan ke Bait al-‘Izzah dalam 20 malam lailatul qadr. Dan di turunkan kepada nabi muhammad selama 20 tahun secara berangsur-angsur selama masa kenabian Muhammad saw. Ketiga, penurunan pada lailatul qodar hanya permulaan wahyu saja. Sedangkan ayat-ayat yang lain di diturunkan secara berangsur-angsur sesuai waktu-waktu tertentu.
Dari ketiga pendapat tersebut yang paling kuat adalah yang pendapat yang pertama karena pendapat yang pertamalah yang banyak kecocokan dengan teori-teori al-Quran seperti metode tafsir lughawi, asbabun nuzul dan kesejarahan al-Quran.
Ayat yang pertama kali dan terakhir turun
Al-Quran pertama kali di turunkan di gua hiro’ pada tahun 13 sebelum hijriyah. Ayat yang pertama kali di turunkan adalah Surat al-‘Alaq ayat 1-5. Sebagaimana firman Allah:
اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ (1) خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ (2) اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ (3) الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ (4) عَلَّمَ الْإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ (5)
Sedangkan ayat terakhir yang di turunkan, ulama’ berbeda pendapat. Tedapat 4 pendapat dalam masalah ini, yaitu:
Pendapat Pertama, menurut Ibnu Jarir ath-Thabary bahwa ayat yang terahir turun adalah surah al-Maidah 51. sebagaimana firmana Allah
حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ وَالْمُنْخَنِقَةُ َالْمَوْقُوذَةُ َالْمُتَرَدِّيَةُ َالنَّطِيحَةُ وَمَا أَكَلَ السَّبُعُ إِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ وَأَنْ تَسْتَقْسِمُوا بِالْأَزْلَام ذَلِكُمْ فِسْقٌ الْيَوْمَ يَئِسَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ دِينِكُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِ الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا فَمَنِ اضْطُرَّ فِي مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِإِثْمٍ فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ
Pendapat Kedua, ayat yang terakhir turun menurut riwayat an-Nasai, Ibnu Jarar, Ibnu Muradawayh dan Ibnu Aby Hatim adalah QS. al-Baqarah 2: 281. Yang berbunyi:
واتَّقُوا يَوْمًا تُرْجَعُونَ فِيهِ إِلَى اللَّهِ ثُمَّ تُوَفَّى كُلُّ نَفْسٍ مَا كَسَبَتْ وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ
Pendapat Ketiga, Imam Bukhari dari Ibnu ‘Abbas, al-Baihaqi, Ahmad, Ibnu Majjah dan Ibnu Murdawayh, bahwa ayat terakhir adalah ayat riba al-Baqarah, 2: 278 -280
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَذَرُوا مَا بَقِيَ مِنَ الرِّبَا إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَفَإِنْ لَمْ تَفْعَلُوا فَأْذَنُوا بِحَرْبٍ مِنَ اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَإِنْ تُبْتُمْ فَلَكُمْ رُءُوسُ أَمْوَالِكُمْ لَا تَظْلِمُونَ وَلَا تُظْلَمُونَوَإِنْ كَانَ ذُو عُسْرَةٍ فَنَظِرَةٌ إِلَى مَيْسَرَةٍ وَأَنْ تَصَدَّقُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ
Pendapat Keempat, menurut Bukhari dan Muslim bahwa ayat terakhir adalah QS al-Baqarah 2: 282.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا تَدَايَنْتُمْ بِدَيْنٍ إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى فَاكْتُبُوهُ وَلْيَكْتُبْ بَيْنَكُمْ كَاتِبٌ بِالْعَدْلِ وَلَا يَأْبَ كَاتِبٌ أَنْ يَكْتُبَ كَمَا عَلَّمَهُ اللَّهُ فَلْيَكْتُبْ وَلْيُمْلِلِ الَّذِي عَلَيْهِ الْحَقُّ وَلْيَتَّقِ اللَّهَ رَبَّهُ وَلَا يَبْخَسْ مِنْهُ شَيْئًا فَإِنْ كَانَ الَّذِي عَلَيْهِ الْحَقُّ سَفِيهًا أَوْ ضَعِيفًا أَوْ لَا يَسْتَطِيعُ أَنْ يُمِلَّ هُوَ فَلْيُمْلِلْ وَلِيُّهُ بِالْعَدْلِ وَاسْتَشْهِدُوا شَهِيدَيْنِ مِنْ رِجَالِكُمْ
Meskipun ulama’ berbeda pendapat tentang ayat yang terakhir turun, namun perbedaan ini tidak ada implikasi yang signifikan terhadap keagamaan bahkan terhadap naskh masukh.
Serta perbedaan ini juga sama-sama di dasarkan kepada hadis Nabi Muhammad Saw. Dengan demikian maka perbedaan ini adalah perbedaan yang sah dalam pendangan Islam karena sama-sama memiliki landasan hadis shahih.
Urutan-urutan turunnya surah al-Quran
Sedangkan urutan turunnya surah-surah al-Quran atau yang juga di kenal tertibun nuzul, terdapat empat peneliti yang sudah merumuskan hal ini. Berikut ini urutan-urutanya sesuai hasil penelitian tersebut:
Tertibun Nuzul Surah Al-Quran
NO | Izzat Darwazah | Gustav Weil | T. Noldeke | Al-Jabiri | |||
1 | al-Fatihah | al-Alaq | al-Alaq | al-Alaq | |||
2 | al-‘Alaq | al-Mudastsir | al-Mudassir | al-Mudatstsir | |||
3 | al-Qalam | al-Muthafifin | al-Masad | al-Masad | |||
4 | al-Muzammil | Quraisy | Quraisy | al-Takwir | |||
5 | al-Mudassir | al-Nasr | al-Kausar | al-A’la | |||
6 | al-Masad | al-Najm | al-Humazah | al-Lail | |||
7 | al-Takwir | al-Takwir | al-Ma’un | al-Fajr | |||
8 | al-A’la | al-Qalam | al-Takasur | al-Dhuha | |||
9 | al-Lail | al-A’la | al-Fiil | al-Syarh | |||
10 | al-Fajr | al-Lail | al-Lail | al-Ashr | |||
11 | al-Duha | al-Fajr | al-Balad | al-Adiayt | |||
12 | al-Syarh | al-Duha | al-Syarh | al-Kautsar | |||
13 | al-Ashr | as-Syarh | al-Dhuha | al-Takatsur | |||
14 | al-‘Adiyat | al-Asr | al-Qadr | al-Ma’un | |||
15 | al-Kautsar | al-‘Adiyat | al-Thariq | al-Kafirun | |||
16 | al-Takatsur | al-Kausar | al-Syams | al-Fil | |||
17 | al-Ma’un | al-Takatsur | ‘Abasa | al-Falaq | |||
18 | al-Kafirun | al-Ma’un | al-Qalam | al-Nas | |||
19 | al-Fil | al-Kafirun | al-A’la | al-Ikhlas | |||
20 | al-Falaq | al-Fil | al-Tin | al-Fatihah | |||
21 | al-Nas | al-Falaq | al-Ashr | al-Rahman | |||
22 | al-Ikhlas | al-Syarh | al-Buruj | al-Najm | |||
23 | al-Najm | al-Ikhlas | al-Muzammil | ‘Abasa | |||
24 | ‘Abasa | ‘Abasa | al-Qariah | al-Syams | |||
25 | al-Qadr | al-Qadr | al-Zalzalah | al-Buruj | |||
26 | al-Syams | as-Syams | al-Infithar | al-Tin | |||
27 | al-Buruj | al-Buruj | al-Takwir | al-Quraisy | |||
28 | al-Tin | al-Balad | al-Najm | al-Qariah | |||
29 | Quraisy | al-Tin | al-Insyiqaq | al-Zalzalah | |||
30 | al-Qariah | al-Qari’ah | al-Adiyat | al-Qiyamah | |||
31 | al-Qiyamah | al-Qiyamah | al-Naziat | al-Humazah | |||
32 | al-Humazah | al-Humazah | al-Mursalat | al-Mursalat | |||
33 | al-Mursalat | al-Mursalat | al-Naba’ | Qaf | |||
34 | Qaf | at-Thariq | al-Ghasyiyah | al-Balad | |||
35 | al-Balad | al-Ma’arij | al-Fajr | al-Qalam | |||
36 | al-Thariq | al-Nazi’at | al-Qiyamah | al-Thariq | |||
37 | al-Qamar | al-Infithar | al-Muthaffifin | al-Qamar | |||
38 | Shad | al-Insyiqaq | al-Haqqah | Shad | |||
39 | al-A’raf | al-Waqi’ah | al-Dhariyat | al-A’raf | |||
40 | al-Jin | al-Naba’ | al-Thur | al-Jin | |||
41 | Yasin | al-Thur | al-Waqiah | Yasin | |||
42 | al-Furqan | al-Haqqah | al-Ma’arij | al-Furqan | |||
43 | Fathir | al-Zalzalah | al-Rahman | Fathir | |||
44 | Maryam | al-Fatihah | al-Ikhlas | Maryam | |||
45 | Thaha | al-Dzariyat | al-Kafirun | Thaha | |||
46 | al-Waqi’ah | Yasin | al-Falaq | al-Waqiah | |||
47 | al-Syuara | Qaf | al-Nas | al-Syu’ara | |||
48 | al-Naml | al-Qamar | al-Fatihah | al-Naml | |||
49 | Al-Qashahsh | al-Dukhan | al-Qamar | al-Qashash | |||
50 | al-Isra’ | Maryam | al-Shaffat | Yunus | |||
51 | Yunus | Thaha | Nuh | Hud | |||
52 | Hud | al-Anbiya’ | al-Insan | Yusuf | |||
53 | Yusuf | al-Mu’minun | al-Dukhan | al-Hijr | |||
54 | al-Hijr | al-Furqan | Qaf | al-An’am | |||
55 | al-An’am | al-Syu’ara | Thaha | al-Shaffat | |||
56 | al-Shaffat | al-Mulk | al-Syu’ara’ | Luqman | |||
57 | Luqman | al-Shaffat | al-Hijr | Saba’ | |||
58 | Saba’ | Sad | Maryam | al-Zumar | |||
59 | al-Zumar | al-Zukhruf | Shad | Ghafir | |||
60 | Ghafir | Nuh | Yasin | Fussilat | |||
61 | Fushshilat | al-Rahman | Zukhruf | al-Syura | |||
62 | al-Syura | al-Insan | al-Jinn | al-Zukhruf | |||
63 | al-Zukhruf | al-A’raf | al-Mulk | al-Dukhan | |||
64 | al-Dukhan | al-Jin | al-Mu’minun | al-Jatsiyah | |||
65 | al-Jatsiyah | Fatir | al-Anbiya’ | al-Ahqaf | |||
66 | al-Ahqaf | al-Naml | al-Furqan | Nuh | |||
67 | Al-Dzariyat | al-Qasas | al-Isra’ | al-Dzariyat | |||
68 | al-Ghasyiyah | al-Isra’ | al-Naml | al-Ghasyiyah | |||
69 | al-Kahfi | Yunus | al-Kahfi | al-Insan | |||
70 | al-Nahl | Hud | al-Sajadah | al-Kahfi | |||
71 | Nuh | Yusuf | Fushshilat | al-Nahl | |||
72 | Ibrahim | al-An’am | al-Jatsiyah | Ibrahim | |||
73 | al-Anbiya’ | Luqman | al-Nahl | al-Anbiya’ | |||
74 | al-Mu’minun | Saba’ | al-Rum | al-Mu’minun | |||
75 | al-Sajadah | al-Zumar | Hud | al-Sajdah | |||
76 | al-Thur | Ghafir | Ibrahim | al-Thur | |||
77 | al-Mulk | al-Sajadah | Yusuf | al-Mulk | |||
78 | al-Haqqah | al-Syura | Ghafir | al-Haqqah | |||
79 | al-Ma’arij | al-Jasiyah | al-Qashash | al-Maa’rij | |||
80 | al-Naba’ | al-Ahqaf | al-Zumar | al-Naba’ | |||
81 | al-Naziat | al-Kahfi | al-‘Ankabut | al-Naziat | |||
82 | al-Infithar | al-Nahl | Luqman | al-Infithar | |||
83 | al-Insyiqaq | Ibrahim | al-Syura | al-Insyiqaq | |||
84 | al-Rum | Fushshilat | Yunus | al-Muzammil | |||
85 | al-‘Ankabut | al-Rum | Saba’ | al-Ra’du | |||
86 | al-Muthaffifin | al-‘Ankabut | Fathir | al-Isra’ | |||
87 | al-Ra’d | al-Ra’d | al-A’raf | al-Rum | |||
88 | al-Rahman | al-Taghabun | al-Ahqaf | al-Ankabut | |||
89 | al-Insan | al-Baqarah | al-An’am | al-Muthaffifin | |||
90 | al-Zalzalah | al-Bayyinah | al-Ra’du | al-Hajj | |||
91 | al-Baqarah | al-Jumu’ah | al-Baqarah | al-Baqarah | |||
92 | al-Anfal | al-Talaq | al-Bayyinah | al-Qadr | |||
93 | Ali Imran | al-Hajj | al-Taghabun | al-Anfal | |||
94 | al-Ahzab | al-Nisa’ | al-Jumu’ah | Ali Imran | |||
95 | al-Mumtahanah | al-Anfal | al-Anfal | al-Ahzab | |||
96 | al-Nisa | Muhammad | Muh{ammad | al-Mumtahanah | |||
97 | al-Hadid | al-Hadid | Ali ‘Imran | al-Nisa | |||
98 | Muhammad | Ali Imran | al-Shaff | al-Hadid | |||
99 | al-Thalaq | al-Hasyr | al-Nisa’ | Muhammad | |||
100 | al-Bayyinah | al-Nur | al-Thalaq | al-Thalaq | |||
101 | al-Hasyr | al-Munafiqun | al-Hasyr | al-Bayyinah | |||
102 | al-Nur | al-Ahzab | al-Ahzab | al-Hasyr | |||
103 | al-Hajj | al-Fath | al-Munafiqun | al-Nur | |||
104 | al-Munafiqun | al-Nasr | al-Nur | al-Munafiqun | |||
105 | al-Mujadalah | al-Shaf | al-Mujadalah | al-Mujadalah | |||
106 | al-Hujurat | al-Mumtahanah | Al-Hajj | al-Hujurat | |||
107 | al-Tahrim | al-Mujadilah | al-Fath | al-Tahrim | |||
108 | al-Taghabun | al-Hujurat | al-Tahrim | al-Taghabun | |||
109 | al-Shaff | al-Tahrim | al-Mumtahanah | al-Shaff | |||
110 | al-Jumu’ah | al-Taubah | al-Nashr | al-Jumuah | |||
111 | al-Fath | al-Maidah | al-Hujurat | al-Fath | |||
112 | al-Maidah | al-Taubah | al-Maidah | ||||
113 | al-Taubah | al-Maidah | al-Taubah | ||||
114 | al-Nashr | al-Hadid | al-Nashr | ||||
Demikianlah penjelasan turunnya al-Quran semoga ada manfaatnya.