Ilmu Tafsir

Urgensi Mempelajari Studi Al-Quran Dalam Kehidupan Sehari-hari

×

Urgensi Mempelajari Studi Al-Quran Dalam Kehidupan Sehari-hari

Share this article
Urgensi Mempelajari Studi Al-Quran
Urgensi Mempelajari Studi Al-Quran

Iqipedia.com – Studi al-quran adalah salah satu matakuliah yang selalu ada di setiap kampus bercorak Islam yang mana studi al-quran sendiri mempelajari tentang semua hal yang berkaitan dengan al-quran,mulai dari waktu turunnya,jumlah wahyu yang diturunkan dengan tempatnya,nilai-nilai kandungan dan pemaknaan ayat-ayat al-quran serta keterkaitannya dengan hadits.Namun kita sebagai penerima materi kadang kurang memahaminya secara fungsi dan hanya menganggap sebatas pengetahuan sahaja,oleh karenanya saya harap dengan artikel ini para pembaca khususnya mahasiswa dapat melaksakan apa yang menjadi kajian studi al-quran dengan benar dan mestinya sesuai al-quran dan hadits.

Diskripsi Tentang Studi Al-Quran

Kita seharusnya tidak asing dengan studi al-Quran yang sekarang menjadi salah satu matakuliah di semseter dua ini, studi al-Quran sendiri menjelaskan mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan al-quran mulai dari kurun waktu turunnya,jumlah wahyu yang turun, tempat, asbabul turunnya, serta nilai-nilai kandungan dalam ayat-ayat al-Quran yang mana hingga saat ini masih menjadi pengetahuan belaka walaupun sebenarnya ada praktek-prakte yang bisa dilakukan.Namun yang menjadi tanda tanya sekarang adalah apakah tujuan kita mempelajari studi al-quran ?,apakah hanya sekedar pengetahuan tanpa praktek? dan apa urgensinnya dalam kehidupan sehari-hari ?

Pos Terkait:  Majaz: Pengertian, Macam-Macam dan Contohnya

Baca Juga: Mantuq , Pengertian , Macam-Macam dan Dilalahnya

Urgensi Mempelajari Studi Qur’an

Berbagai tujuan dari mempelajari Studi Qur’an adalah sebagai berikut:

1. Memahami Isi Al-Qur’an

Mempelajari ilmu tentang Al Qur’an akan memabawa kita pada pemahaman terhadap Al Qur’an, segala hal mengenai pedoman hidup, aturan dan larangan yang Allah ajarkan secara langsung melalui kalam-Nya.

2. Pedoman Syarat dalam Penafsiran Al-Qur’an

Seseorang yang berniat menafsirkan Al Qur’an harus menguasai ulumul Qur’an itu merupakan syarat utama yang wajib dilakukan.

3. Mempelajari Cara para mufassir dalam Menafsirkan Al Qur’an

Mempelajari Ulumul Qur’an akan membiasakan kita memahami berbagai metode yang dilakukan para muffasir dalam menafsirkan Al Qur’an dengan manfaat gemar beribadah belajar ulumul Qur’an bukan perkara mudah perlu perjuangan dan usaha yang panjang untuk dapat mencapai pada titik tersebut.

4. Mempertahankan Kesucian Al Qur’an

Al Qur’an ialah Kitab suci yang menjadi dasar untuk pegangan manusia dalam menjalani hidup. Berasal langsung dari Allah SWT melalui perantara Rasullullah dimana merupakan pesan suci yang disampaikan, mempelajarinya akan mampu mempertahankan kesucian dan keaslian makna ayat yang terkandung didalamnya agar tidak dirusak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Pos Terkait:  Qira'at Al-Quran, Pengertian, Macam-Macam , Faktor Perbedaan dan Hikmahnya

5. Mencegah Kesalahan dalam Menafsirkan Al Qur’an

Seseorang yang telah menghafal isi Al Qur’an tentu akan juga mendalami secara  lebih lanjut mengenai makna didalamnya, hal ini akan mencegah terjadinya kesalahan dalam menafsirkan Al Qur’an.

Tujuan mempelajari Studi Qur’an dalam kehidupan sehari-hari ialah mampu memahami, mengaplikasikan perintah Allah SWT melalui Al-Qur’an dalam prospek kehidupan nyata serta pedoman kehidupan setelah hari akhir.Dan tidak sebatas paham belaka apalagi kita sebagai generasi muda harus menjadi tokoh dan contoh yang baik 

Kesimpulan

Berbagai manfaat mempelajari ulumul Qur’an sangat penting, butuh waktu yang lama serta pendalaman yang kuat akan ilmu tersebut. Studi Al Qur’an bertujuan agar menghindari salah pemahaman,tafsir yang berakibat pada hilangnya kesucian makna dalam kandungan ayat Al Qur’an.Dan semestinya dibarengi dengan praktek nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Metodologi Studi Al-Qur’an Dalam Pendidikan Islam

Penulis: Yusuf Asykar samiaji