Ilmu Tafsir

Pengertian Mukjizat Al-Qur’an dan Macam-Macam Mukjizat Al-Qur’an

×

Pengertian Mukjizat Al-Qur’an dan Macam-Macam Mukjizat Al-Qur’an

Share this article
Pengertian Mukjizat Al-Qur’an dan Macam-Macam Mukjizat Al-Qur’an
Pengertian Mukjizat Al-Qur’an dan Macam-Macam Mukjizat Al-Qur’an

Iqipedia.com – Mukjizat Al-Quran adalah mukjizat terbesar yang di berikan Allah kepada NabiMhammad Saw.

Allah Swt telah memberikan mukjizat kepada  Nabi dan Rasulnya sebagai hujjah dan mukjizat adalah sesuatu yang luar biasa yang diperlihatkan Allah Swt melalui para Nabi dan Rasul-Nya, sebagai bukti atas kebenaran pengakuan kenabian dan kerasulan mereka.

Maka tidak heran jika Al-qur’an menjadi sebuah kitab yang banyak dibaca umat manusia, menelaah dan mengkajinya. Dengan adanya mukjizat ini menjadikan umat manusia kagum dan ingin mengkaji lebih dalam Al-Qur’an. Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan bahasa Arab, baik itu susuan lafadz maupun lafadznya.

Didalam kitab satra menerangkan secara komperensif bahwa sebuah bahsa yang mempunyai banyak makna dan kosa kata yang disebabkan keaneragaman huruf dan suara orang Arab.  

Nabi Muhammad SAW dianugerahi oleh Allah SWT dengan mukjizat Al-quran, alqur’an ini sangat istimewa  dan luar biasa dikarenakan mengandung banyak informasi, bisa informasi yang sudah terjadi di masa lampau maupun  sesuatau yang mengandung gaib, dan bahasa Arab bias mempesona karena mengandung gagasan dan isyarat ilmiah kebahasaaan.

Semua yang terdapat di dalam sebuah Al-Qur’an bukan hanya untuk melemahkan orang yang menentang Al-qur’an saja tetapi juga untuk memberi sebuah bukti bagi orang-orang kafir tentang sebuah kebenaran Nabi Muhammad SAW.

Pos Terkait:  Pengertian Al-Qur’an dan Tujuan Al-Quran di Turunkan
 Pengertian Mukjizat Al-Quran

Menurut bahasa mukjizat merupakan suatu peristiwa yang luar biasa, yang di tampakkan oleh Allah SWT kepada seoarang Nabi untuk menyiratkkan sebuah kenabiannya dan manusia biasa pun tidak bias berbuat sepetti itu.

Menurut Muhammad Hasan Hito, mukjizat merupakan suatu hal yang luar biasa yang menyalahi kebiasaan dan adat disertai sebuah tantangan yang ditampakkan oleh Allah SWT pada nabi dan Rosulnya sebagai sebuah kebenaran terhadap dakwahnya dan orang yang Ia utus tidak mampu menyalahkan. 

Sedangkan dalam ensiklopedi islam, mukjizat merupakan sesuatu yang luar biasa dimana manusia tidak akan mampu mendatangkan hal yang serupa. Sesuatu atau peristiwa yang luar biasa yang nampak pada Nabi dan Rosul. Keluarbiasaan ini mendapatkan sebuah tantangan tetapi tantangan tersebut tidak bias mengalahkan Nabi dan Rosul tersebut.

Dari pengetian mukjizat diatas dapat disimpulkan, bahwa mukjizat merupakan sesuatu yang luar biasa dengan tujuan untuk membuktikam kenabian dari seorang nabi atau kerasulan seorang Rasul dan untuk menambah sebuah keyakinan para pengikut nabi serta tidak ada yng dapat menyalahkannya ataupun berbuat seperti Nabi dan Rosul.

Dengan demikian, mukjizat yaitu sesuatu yang melemahkan orang sehingga tidak dapat menandingi Allah SWT.

Pos Terkait:  Turunnya Al-Quran, Ayat Yang Pertama Turun dan Ayat Yang Terakhir Turun

Ada yang berusaha menandingi Allah tetapi tidak bisa memenangkan pertandingan tersebut karena mukjizat merupakan sebuah anugerah Allah SWT. yang diberikan kepada Nabi dan Rosulnya sehingga manusia tidak dapat menandingi Allah SWT.

Dari uraian diatas dapat juga disimpulkan n bahwa mukjizat

  1. Sesuatu yang terjadi secara luar biasa 
  2. Suatu yang terjadi diluar kebiasaan itu tampak pada Nabi dan Rosul.
  3. Suatu tantangan yang diiringi dengan peritiea luar kebiasaan.
  4. Sesuatu yang terjadi luar kebiasaan tidak dapat dikalahkan maupun ditantang