Islam Edu

Pengaruh dan Manfaat Iman Bagi Manusia di Akhir Zaman

×

Pengaruh dan Manfaat Iman Bagi Manusia di Akhir Zaman

Share this article
Pengaruh dan Manfaat Iman Bagi Manusia
Pengaruh dan Manfaat Iman Bagi Manusia

Iman dan islam adalah dua hal yang saling beterkaitan, iman merupakan membenarkan atau meyakini sepenuh hati sedangkan makna islam menurut bahasa berarti berserah diri secara utuh. Yaitu, menyerahkan diri dengan tunduk serta patuh, tidak melawan, tidak menentang, tidak bersikap ingkar, juga tidak menyeleweng. Islam bersifat lebih umum. Sedangkan makna Iman bersifat lebih khusus.

 Iman adalah bagian dari islam yang paling utama. Dapat diartikan bahwa setiap orang yang benar-benar beriman merupakan  seseorang yang islam atau muslim. Akan tetapi, setiap orang yang islam (muslim) belum tentu benar-benar beriman.

Jika ditinjau dari segi ilmu fiqh dan hukum syariat, kata islam dan iman itu memiliki arti yang saling berkaitan, secara hukum akhirat ataupun hukum dunia. Pengertian iman dan islam dalam hukum akhirat adalah, melepaskan diri manusia dari panasnya api neraka, sekaligus mencegah azab yang kekal didalamnya.

Sebagaimana Nabi Saw pernah bersabda, “Siapa saja yang didalam qalbunya terdapat iman meski hanya seberat biji sawi, maka ia akan dikeluarkan dari siksa api neraka.” Banyak ulama’ yang memiliki perbedaan pendapat mengenai makna kata iman. Ada pendapat yang mengatakan, bahwa iman merupakan  semata-mata ikatan pada qalbu. Ada juga  pendapat lain yang mengatakan, bahwa iman merupakan  ikatan pada qalbu dan pengakuan melalu lisan. Dan ada juga pendapat lainnya yang mengatakan, bahwa iman adalah iman ikatan pada qalbu , pengakuan melalui lisan, dan diamalkan dalam perbuatan anggota tubuh.

Pos Terkait:  Alam Barzakh dan Perjalanan Manusia di Akhirat

Baca juga:

Pengaruh dan manfaat iman terhadap manusia

Keimanan sangatlah mempengaruhi kehidupan manusia, utamanya seorang muslim. Keimanan mampu melenyapkan kepercayaan kepada kekuasaan benda, keimanan menanamkan semangat berani menghadapi maut, keimanan menanamkan sikap self help dalam kehidupan, keimanan memberikan ketentraman jiwa, keimanan mewujudkan kehidupan yang baik (hayatan thayibah), keimanan melahirkan sikap ikhlas dan konsekuen, keimanan memberikan keberuntungan dalam kehidupan dan masih banyak lagi.