Traveling

10 Wisata Air Terjun di Jawa Tengah

×

10 Wisata Air Terjun di Jawa Tengah

Share this article
10 Wisata Air Terjun di Jawa Tengah

Iqipedia.com- Indonesia memiliki banyak sekali air terjun yang tersebar di seluruh provinsi. Masing-masing memiliki bentuk, tinggi, dan kontur yang berbeda. Menariknya, air terjun tersebut bisa menghadirkan kenikmatan tersendiri bagi para pecintanya.
Jawa Barat memang terkenal dengan potensi air terjunnya. Begitu juga dengan Jawa Tengah. Nah, giliran kamu explore Jawa Tengah tentang keberadaan air terjun yang tak kalah indah dan eksotisnya. Anda bisa memulainya dengan 10 air terjun di Jawa Tengah yang wajib Anda kunjungi.

Wisata Air Terjun di Jawa Tengah
1. Air Terjun Nangga

Biasanya air terjun ini hanya memiliki satu tingkat, berbeda dengan Curug Nangga. Air terjun di Banyumas ini, tak tanggung-tanggung, memiliki tujuh tingkat! Setiap tingkat memiliki ketinggian yang berbeda-beda mulai dari 10-20 meter.
Nama air terjun ini didasarkan pada keberadaan tujuh tingkat yang membuatnya terlihat seperti tangga. Sebenarnya Curug Nangga sudah dikenal luas pada tahun 2015 karena unggahan di media sosial. Keunikannya memang menarik untuk dikunjungi. Untuk menikmati Curug Nangga, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000 per orang.
Alamat: Desa Tahunan, Pekuncen, Banyumas, Jawa Tengah
Jam operasional: 08.00 – 18.00 WIB
Harga: Rp 3.000 per orang

2. Air Terjun Bengkawa

air terjun bengkawa
Jika Anda akan mengunjungi Pemalang, Anda harus mengunjungi air terjun yang indah ini. Air terjun Bengkwah memang ramai namun tetap asri dan memberikan sensasi tersendiri saat Anda melihatnya sendiri. Anda hanya perlu menyiapkan Rp 2.000 sebagai tiket masuk per orang.
Ketinggian air terjun ini sekitar 20 meter dengan kedalaman kolam hingga 3 meter. Jadi, jangan coba-coba berenang saat berkunjung ke Curug Bengkwah. Anda benar-benar perlu memompa adrenalin untuk sampai ke sini. Namun semua peluh itu terbayar dengan pesona yang dihadirkan.
Alamat: Jalan Sikasur-Simpur, Karangmulyo, Pemalang, Jawa Tengah
Jam operasional: 06.00 – 18.00 WIB
Harga: Rp 2.000 per orang

Pos Terkait:  12 Pantai di Madura Terindah dan Cantik, Ada Yang Berpasir Pink !!!
3. Air Terjun Jenggala

Salah satu yang membuat Curug Jenggala menarik adalah dek selfie berbentuk hati dengan latar belakang air terjun. Kehadiran dek selfie ini tentu saja menarik perhatian pengunjung, termasuk Anda. Tak sedikit yang datang ke air terjun Jenggala hanya untuk berfoto di sini, lho.
Untuk sampai ke air terjun Jenggala, Anda tidak harus berjalan melalui jalan yang sulit. Ikuti saja jalan dan rambu-rambunya. Kemudian siapkan hati untuk melihat pemandangan indah selama perjalanan. Setelah itu Anda akan menemukan tiga aliran air dimana terdapat satu aliran utama yang lebih besar. Tertarik? Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.
Alamat: Jalan Pangeran Liboro, Dusun III Kalipagu, Baturaden, Banyumas
Jam operasional: 07.00 – 17.00 WIB
Harga: Rp 5.000 per orang

4. Air Terjun Jumog

Jika Anda menyukai tantangan, cobalah Jumog Falls. Air terjun ini memiliki 116 anak tangga yang harus Anda lalui. Namun, tempat yang baru dibuka pada tahun 2014 ini menyuguhkan keindahan magis. Jika dilihat, air terjun dengan ketinggian 30 meter ini seperti membelah diri padahal tidak. Jika Anda beruntung, Anda akan menemukan pelangi di depan mata Anda.
Selain itu, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan kuliner khas di warung-warung yang berdiri di kawasan Air Terjun Jumog. Hidangan uniknya adalah Sate Kelinci dan Sate Landak dengan harga terjangkau. Tidak apa-apa jika Anda mencoba sesekali, bukan? Semua itu bisa Anda nikmati dengan membayar harga tiket masuk Rp 5.000 per orang.
Alamat: Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah
Jam operasional: 08.00 – 16.30 WIB
Harga tiket: Rp 5.000 per orang

5. Curug Lawe

Terletak di kawasan Gunung Ungaran, tepatnya di tanah Perhutani KPH Kedu Utara, Curug Lawe memancarkan keindahan yang unik. Suasananya masih alami. Saat trekking, Anda akan bertemu dengan sekelompok monyet. Namun, jalur trekkingnya masih ramah untuk dijelajahi.
Keunikan Curug Lawe adalah bentuk tanahnya yang melengkung hampir 270 derajat dengan air terjun utama di tengahnya. Air terjun utama dikelilingi oleh sekitar 25 air terjun. Oleh karena itu, tempat ini disebut Curug Lawe. Untuk menikmatinya, Anda perlu membayar tiket masuk yang ditetapkan sebesar Rp 5.000 per orang.
Alamat: Desa Kalisidi, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah
Jam operasional: 07.00 – 15.00 WIB
Harga: Rp 5.000 per orang

Pos Terkait:  12 Pantai Terindah di Bali Yang Asik Buat Healing
6. Curug Tujuh Bidadari

Air Terjun Tujuh Bidadari sudah dikenal sejak pertengahan tahun 2010. Setelah itu, kawasan ini dibuat ramah pengunjung dengan membuka akses jalan dan fasilitas yang memadai. Tapi jangan samakan dengan Curug Bidadari di Bogor ya? Air terjun ini terletak di Semarang.
Ada tiga tingkat air terjun di air terjun ini dengan ketinggian sekitar 14 meter. Selain itu, setiap tingkat memiliki jarak 6-7 meter di bawah kolam yang jernih. Anda bisa mandi untuk membiarkan air dingin merendam tubuh Anda. Selain bermain air, Anda juga bisa berkemah. Siapkan Rp 5.000 per orang untuk membayar tiket masuk.

7. Air Terjun Songgo Langit Di Jepara

bayangkan air terjun yang indah ditambah dengan pemandangan berbagai kupu-kupu. Cantik. Pemandangan seperti itulah yang bisa disuguhkan oleh Air Terjun Songgo Langit di Jepara. Ketinggian air terjunnya sendiri mencapai 80 meter dengan lebar 2 meter. Selain itu, di sekitar area tersebut terdapat pepohonan hijau yang rimbun yang menyejukkan mata.
Untuk menikmati suasana di Air Terjun Songgo Langit, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000 per orang. Jangan khawatir, akses di sini sudah cukup baik. Anda bisa membawa kendaraan roda dua atau roda empat.
Alamat: Desa Bucu, Kembang, Jepara, Jawa Tengah
Jam operasional: 24 jam
Harga: Rp 2.000 per orang

8. Curug Sewu

Di Kendal, ada satu air terjun yang bisa Anda kunjungi. Ini menyediakan tidak hanya satu tingkat tetapi ada tiga tingkat dengan ketinggian yang berbeda. Masing-masing memiliki ketinggian 15, 45, dan 20 meter. Di sini Anda juga akan menemukan gardu pandang, kolam renang, taman bermain, dan bahkan kebun binatang!
Untuk menikmati Curug Sewu, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Terus bayar antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000 untuk masuk ke area air terjun. Untuk parkir kendaraan mulai dari Rp. 2.000 per kendaraan.
Alamat : Patean, Kendal, Jawa Tengah
Jam Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Harga: mulai dari Rp 5.000 per orang

Pos Terkait:  10 Air Terjun di Jawa Timur Yang Cuantik Bikin Ngiler
9. Air Terjun Sungai Plumbon

Jika Anda mencari air terjun yang tidak biasa, Anda bisa mengunjungi air terjun Kali Plumbon. Lokasinya berada di antara Dusun Grigak dan Plumbon. Ada dua tingkat yang tingginya mencapai 15 meter dengan formasi air terjun yang bertumpuk. Selain itu, air terjun ini berada di aliran Sungai Grigak dengan dasar berbatu. Anda juga bisa melihat tanaman hijau royo-royo bertebaran di sekitar air terjun ini.
Alamat: Desa Plumbon, Karangsambung, Kebumen, Jawa Tengah
Jam operasional: 24 jam
Harga: Gratis

10. Superman Big Sister

Air Terjun superman big sister ditujukan bagi Anda yang sangat menyukai tantangan. Rute yang dilalui sangat menantang. Ini karena lokasinya di Goa Barat. Ditambah banyaknya zona gelap di Goa Barat semakin memacu adrenalin.
Di balik tantangan tersebut ada keindahan yang menanti, yaitu Air Terjun Brother Superman. Superman Falls Brothers bukan hanya satu tapi banyak. Itu sebabnya penduduk setempat menamakannya Air Terjun Saudara Superman. Ketinggian air terjun ini mulai dari 8 meter hingga 32 meter.
Untuk menikmati tantangan sekaligus pesona di tempat ini, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp. 50.000 per orang. Ini termasuk jaket pelampung, helm, sepatu caving khusus, dan pemandu. Hal ini diperlukan karena medannya menantang tetapi dapat ditaklukkan.