Menu

Mode Gelap

Traveling

10 Air Terjun di Jawa Timur Yang Cuantik Bikin Ngiler


 10 Air Terjun di Jawa Timur Yang Cuantik Bikin Ngiler Perbesar

10 Air Terjun di Jawa Timur Yang Cuantik Bikin Ngiler

Advertisements

Iqipedia.com – Tempat wisata yang tak kalah menarik adalah air terjun. Bagi warga jatim yang suka healing dengan air terjun kami akan bagikan air terjun di jawa timur yang pas banget buat ngilangin penat di hari-hari libur.

1. Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura

Terletak di kaki Gunung Bromo, air terjun Jawa Timur yang menakjubkan ini adalah salah satu air terjun tertinggi di seluruh Indonesia. Anda dapat dengan mudah menambahkannya ke perjalanan Anda jika Anda mengunjungi Gunung Bromo.

Kota terdekat dengan Air Terjun Madakaripura adalah Probolinggo.Untuk mencapai dasar Air Terjun Madakaripura, mendaki 1,5 kilometer melalui lembah bebatuan yang dalam, sungai, dan medan yang licin.

Anda akan memulai perjalanan di jalan kering sejauh 1 km, dan kemudian mengarungi 4 air terjun sejauh 500 meter untuk mencapai ujungnya.Anda AKAN basah selama pendakian ini , jadi bersiaplah dengan jas hujan dan selubung tahan air untuk peralatan apa pun yang Anda bawa.

Advertisements

Ini tidak akan membawa Anda ke pintu masuk pengunjung, melainkan “jalan terdekat” ke air terjun yang sebenarnya. Jalan ini dalam bentuk kasar, curam, dan ratusan meter di atas air terjun yang sebenarnya tanpa akses ke Madakaripura.

Pastikan untuk memakai sepatu air yang kokoh dan celana/celana pendek yang ingin Anda basahi. Ada juga opsi untuk menyewa pemandu lokal untuk membantu Anda melintasi beberapa area berbahaya dengan biaya Rp50.000  agar lebih aman.

2. Air Terjun Tumpak Sewu
Tumpak Sewu
Tumpak Sewu

Tumpak Sewu dalam bahasa Jawa kira-kira berarti “1000 susun”. Kami menemukan ini sebagai salah satu air terjun terbaik di Jawa Timur, dan juga di seluruh Indonesia!Pengunjung dapat menikmati pemandangan panorama dari atas dengan banyak sudut pandang yang disediakOrang-orang juga dapat memilih untuk menuruni tangga bambu yang curam dan menikmati Tumpak Sewu dari dasarnya!

Jejak membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk diselesaikan dan membutuhkan penyeberangan sungai di banyak tempat.

Advertisements

Biaya masuknya adalah Rp 10.000 + parkir dan membutuhkan kebugaran fisik yang baik untuk menuruni tangga bambu yang curam. Bersiaplah untuk basah.Rencanakan petualangan Anda sendiri ke salah satu air terjun terbaik di Jawa Timur.  Baca Panduan Tumpak Sewu Kami Disini.

3. Air Terjun Kapas Biru

Air Terjun Kabau Biru di Jawa Timur disebut juga Kapas Biru. Air terjun ini dibuka untuk umum pada tahun 2015.

Ciri khasnya termasuk satu air terjun tunggal yang kuat setinggi sekitar 100 meter, dan tebing merah-coklat di sekitarnya yang ditutupi dengan tanaman hijau subur. (Semacam mengingatkan kita pada dinding basal Air Terjun Toketee di Oregon!)

Advertisements

Biaya masuk ke Kapas Biru (tidak diketahui) dan parkir adalah Rp 5.000. Jalur ini membutuhkan perjalanan sejauh 2 kilometer, dengan banyak bagian pada sudut yang curam.Tempat ini bisa sangat berbahaya di musim hujan, jadi berhati-hatilah saat mengunjungi Desember hingga Maret.

Jalur ini bisa sangat licin setelah hujan badai, jadi berhati-hatilah saat turun.Kami menyarankan Anda untuk berada dalam kondisi fisik yang prima, karena jalan setapak membutuhkan keseimbangan yang sangat baik, memanjat tangga, dan menyeberangi sungai

4. Air Terjun Coban Rondo

Coban-Rondo

Coban Rondo adalah air terjun yang terletak di dekat kota Batu. Anda dapat mencapai daerah ini melalui Malang, atau kota Surabaya yang lebih jauh. Coban Rondo berarti “Air Terjun Janda”.

Advertisements

Biaya masuk ke Coban Rondo adalah Rp 15.000. Ada oleh-oleh, tempat makan, dan aktivitas yang bisa dilakukan di tempat parkir. Harapkan banyak keluarga dan tongkat selfie untuk pendakian yang nyaman ini!Juga, berhati-hatilah dengan monyet di daerah tersebut.

Mereka akan mengambil dan mencuri apapun yang berbau seperti makanan atau terlihat seperti botol minuman. Termasuk air! Simpan semua barang-barang Anda dengan aman, dan jangan memusuhi mereka.

Coban Rondo memiliki jalan beraspal sepanjang 50 meter ke dasar air terjun.

5. Air Terjun Goa Tetes

Air Terjun Goa Tetes

Advertisements

Air terjun Goa Tetes dapat diakses melalui pintu masuk yang sama yaitu Tumpak Sewu . Ini juga disebut sebagai Gua Tetes karena air terjun mengalir tepat di atas pintu masuk gua-gua kecil.

Tempat ini benar-benar terasa seperti Jurassic Park!

Terus berjalan melewati batu besar untuk melihat lebih dekat salah satu gua. Ada juga kolam air terlindung yang digunakan untuk berenang, meskipun berhati-hatilah dengan kualitas air sebelum Anda masuk. Kami memiliki teman-teman yang mengambil lintah dari kaki mereka!

Menengah. Jalur menuju Air Terjun Goa Tetes menggunakan tangga bambu yang sama untuk turun ke dasar Tumpak Sewu . Anda akan melihat tanda-tanda berbelok ke kiri di bagian bawah tangga, dan itu berjalan kaki singkat dari sana.

Advertisements
6. Air Terjun Kabut Pelangi
Kabut Pelangi
Kabut Pelangi

Air Terjun Kabut Pelangi diterjemahkan menjadi “Rainbow Mist” dalam bahasa Inggris. Ini karena pengunjung biasa melihat pelangi saat sinar matahari menyentuh kabut air terjun!

Serupa dengan Kabaus Biru, jalur menuju dasar air terjun berjarak sekitar 2 kilometer pendakian.

Anda pasti akan basah selama pendakian ini. Pastikan untuk mengemas jas hujan ringan dan penutup hujan untuk barang-barang Anda.

Membutuhkan beberapa penyeberangan sungai, memanjat tangga, dan mendaki melalui medan yang berpotensi licin dan kasar. Jangan mencoba di musim hujan.

Advertisements
7. Air Terjun Coban Sriti
Air Terjun Coban Sriti
Air Terjun Coban Sriti

Coban Sriti adalah air terjun yang terpisah menjadi dua air terjun oleh sebuah batu besar yang diletakkan di atasnya.Tingginya sekitar 120 meter dan terletak di sepanjang sumber air utama yang berasal dari gunung, Gunung Semeru, Anda dapat memulai perjalanan melalui pintu masuk Kapas Biru.

Sekitar 20 menit mendaki, Anda akan turun melalui semak-semak dengan bantuan tali ke sungai lain. Dari sini, Anda dapat melawan arus sungai ke hulu untuk sementara waktu (satu blog yang kami baca mengatakan tiga jam!)

Di sini, Anda harus menyewa pemandu untuk membawa Anda turun ke air terjun.Pasalnya , jalur tersebut sangat berbahaya saat cuaca buruk. Juga karena pemandu akan tahu kapan harus bercabang dari jalur ke sungai utama, jauh dari Kapas Biru.

Coban Sriti memiliki debit air yang deras sepanjang tahun, membuat sungai sulit untuk diseberangi dan sangat mungkin terjadi banjir bandang. Anda harus berada dalam kondisi fisik yang prima untuk menjelajah hutan, memanjat bebatuan, dan melawan arus sungai yang deras.

Advertisements
8. Air Terjun Dlundung
Air Terjun Dlundung
Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung lokasinya berada di gunung membuatnya tampak begitu memesona. Ditambah dengan lingkungan sekitar yang dingin berkabut ala pegunungan.

Tentu akan memanjakan dan membuat segar siapa pun yang datang berkunjung. Air terjun ini terletak di trawas Jawa Timur , akses sangat mudah dan jalan sudah aspal.

9. Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo

Terletak di Pasuruan ,Tempatnya sejuk, luas, tapi tidak banyak yang dilihat pemandangan kesan terbatas meski demikian cukup bagus. Untuk mencapai air terjun perlu jalan 15-20 menit dan lokasi cukup curam dan berbatu, terdapat beberapa peringatan tentang landslide apabila hujan.

Advertisements
10. Air Terjun Coban Sumber Pitu

Dari Malang sekitar 45 menit kearah Tumpang. Dari parkiran belum ada loket masuk alias masih Gratis. Kendaraan roda 4/2 parkir dirumah penduduk bayar suka rela.

Kalau berjalan akan Tracking sejauh 1.5 km dengan jalan menurun yg cukup berat. Naik ojek 3.5 km dengan harga 40 rb pp atau 20 rb sekali jalan. Kita akan tiba di Coban Ringin Gantung terlebih dahulu.

Kemudian naik sedikit ke Coban Sumber Pitu. Tidak disarankan membawa anak2 dan orang tua dan sebaiknya datang dimusim kemarau. Ada 7 sumber air terjun tidak terlalu tinggi dan sebuah kolam setinggi perut orang dewasa yg jernih dan dapat untuk berenang asalkan tetap berhati2. Pemandangan luar biasa indahnya.

Advertisements

Terimakasih sudah berkunjung, selamat berlibur.

Baca juga:

Komentar
Advertisements

Artikel ini telah dibaca 906 kali

Baca Lainnya

10 Rekomendasi Air Terjun di Jawa Barat Yang Terbaik

7 Oktober 2022 - 17:12

10 Wisata Air Terjun di Jawa Tengah

7 Oktober 2022 - 16:43

10 Wisata Air Terjun di Jawa Tengah

12 Pantai Terindah di Bali Yang Asik Buat Healing

7 Oktober 2022 - 16:23

12 Pantai Terindah di Bali Yang Asik Buat Healing

12 Pantai di Madura Terindah dan Cantik, Ada Yang Berpasir Pink !!!

7 Oktober 2022 - 16:02

12 Pantai di Madura Yang Cantik dan Indah, Ada Yang Pantai Pink !!!

Wisata Dusun Semilir : Harga Tiket, Jam Buka dan Fasilitas Wahana

11 Agustus 2022 - 06:34

Wisata Dusun Semilir : Harga Tiket, Jam Buka dan Fasilitas Wahana
Trending di Traveling