Menu

Mode Gelap

Edukasi

Model Gaya Pembelajaran Efektif, Pengertian dan Macam-Macamnya Menurut Para Ahli


 Model Gaya Pembelajaran Efektif, Pengertian dan Macam-Macamnya Menurut Para Ahli Perbesar

Model Gaya Pembelajaran Efektif, Pengertian dan Macam-Macamnya Menurut Para Ahli

Advertisements
Advertisements

Iqipedia.com – Model gaya pembelajaran sangat penting untuk di ketahui. Secara umum belajar adalah sebuah proses kegiatan secara optimal dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak mengerti menjadi mengerti.

Sedangkan gaya belajar atau learning style sering diartikan sebagai karakteristik dan preferensi atau pilihan individu mengenai cara mengumpulkan informasi, menafsirkan, mengorganisasi, merespon, dan memikirkan informasi tersebut.

Oleh karena itu kita sebagai orang tua/pendidik penting sekali untuk mengetahui gaya belajar anak.

Setiap orang tua maupun guru/pendidik pasti menginginkan anak didiknya berprestasi dan menjadi yang terbaik di lingkungan dan sekolahnya. Agar harapan tersebut dapat terwujud, maka orang tua dan pendidik harus memahami seperti apa gaya belajar anak. Pasalnya, setiap anak akan memiliki gaya yang berbeda-beda dan akan sangat mempengaruhi proses belajarnya.

Advertisements
Apa Itu Model Gaya  Pembelajaran?
Pengertian Model Gaya Pembelajaran (Learning Style) Menurut Para Ahli 

Berikut ini adalah beberapa definisi model gaya belajar menurut para ahli:

1. Bobbi DePorter dan Mike Hernacki Tidak

Menurut Bobbi DePorter dan Mike Hernacki dalam bukunya Quantum Learning (halaman 110-111) ia mengemukakan, “gaya belajar adalah kombinasi dari bagaimana ia menyerap, dan kemudian mengatur serta mengolah informasi”. kumpulan karakteristik pribadi yang membuat suatu pembelajaran efektif untuk beberapa orang dan tidak efektif untuk orang lain”.

2. Nasution

Nasution mengatakan bahwa gaya belajar adalah cara yang konsisten yang dilakukan oleh seorang murid dalam menangkap stimulus atau informasi, cara mengingat, berpikir, dan memecahkan soal pada proses pembelajaran.

3. Drummond (1998:186)

Mendefinisikan gaya belajar sebagai, “an individual’s preferred mode and desired conditions of learning.” Maksudnya, gaya belajar dianggap sebagai cara belajar atau kondisi belajar yang disukai oleh pembelajar.

Advertisements
4. Willing (1988)

Mendefinisikan gaya belajar sebagai kebiasaan belajar yang disenangi oleh pembelajar. Keefe (1979) memandang gaya belajar sebagai cara seseorang dalam menerima, berinteraksi, dan memandang lingkungannya. Dunn dan Griggs (1988) memandang gaya belajar sebagai karakter biologis bawaan.

5. Honey dan Mumford (1992)

Honey dan Mumford (1992) mendefinisikan gaya belajar sebagai sebuah penjelasan mengenai sikap dan perilaku yang ditentukan melalui cara belajar yang terbaik menurut masing-masing individu ( Coffield, 2004).

6. David Colb

David Kolb merupakan psikolog ternama asal Amerika. Ia mengemukakan bahwa orientasi seseorang dalam proses belajar dipengaruhi empat kecenderungan, yaitu concrete experience (feeling), reflective observation (watching), abstract conceptualization (thinking), dan active experimentation (doing).

Baca juga: Pendidikan Parenting Sebelum Nikah, Pengertian dan Peran Orang Tua

Advertisements
7. Yunsirno (2010 : 114).

Yunsirno menjelaskan bahwa ada tiga tipe belajar yang dikenal (berdasarkan modalitas belajar) yaitu : visual, auditorial, dan kinestetik. Tipe visual yang memegang peranan penting adalah mata/penglihatan , tipe auditorial mengandalkan telinga/ pendengarannya sedangkan tipe kinestetik belajar dengan cara menyentuh,melakukan dan bergerak. Gaya belajar dapat menentukan prestasi belajar, jika diberikan strategi yang sesuai dengan gaya belajarnya maka siswa akan dapat berkembang lebih baik.

Macam – Macam Model Gaya  Pembelajaran

Macam – macam model gaya pembelajaran, Menurut Bobbi De Poter & Mike Hernacki secara umum gaya belajar manusia dibedakan ke dalam tiga kelompok besar, yaitu gaya belajar visual, gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik.

1. Gaya Pembelajaran  Visual

Macam – macam model gaya pembelajaran yang pertama yaitu gaya pembelajaran visual. Anak mudah menyerap informasi atau memahami sesuatu dengan melihat. Ia bisa memaksimalkan kemampuannyahanya dengan memperhatikan gambar-gambar atau apapun yang dilihatnya.

Strategi belajar yang cocok untuk gaya belajar visual diantaranya; 1. Menonton video dengan informasi atau materi pelajaran, 2. Membaca buku bergambar dan membuat cerita, 3. Menggunakan materi visual seperti gambar-gambar, diagram, dan peta.

Advertisements
2. Gaya Pembelajaran Auditori

Macam – macam model gaya pembelajaran yang kedua yaitu gaya pembelajaran  Auditori. Anak mengandalkan pendengarannya untuk menyerap informasi. Ia senang mendengarkan cerita dan menanggapi instruksi verbal dengan baik. Strategi belajar yang cocok untuk gaya belajar auditori diantaranya; 1. Berdiskusi dan tanya jawab, 2. Mendengarkan cerita, 3. Mendengarkan lagu-lagu yang mengajarkan hal-hal baru misalnya lagu tentang warna, huruf atau suara-suara hewan.

3. Gaya Belajar Kinestetik

Macam – macam model gaya pembelajaran yang ketiga  yaitu gaya pembelajaran Kinestetik. Anak menyerap informasi dengan cara bergerak atau melakukan sesuatu. Misalnya melompat-lompat, membuat kerajinan tangan atau membuat ketukan ritmik. Strategi belajar yang cocok untuk gaya belajar kinestetik diantaranya; 1. Ajak bermain role-play, 2. Belajar sambil mempraktikkan langsung, 3. Melakukan eksperimen dari materi yang didapatkan dari guru.

Apa Saja Manfaat dari Mengenali Gaya Belajar?
  1. Mengembangkan strategi belajar yang efisien dan efektif.
  2. Memaksimalkan proses belajar.
  3. Mengatasi keterbatasan dalam belajar.
  4. Meningkatkan prestasi belajar.
Kesimpulan

Gaya belajar (learning style) adalah cara seseorang menyerap, menyimpan dan mengolah informasi/pengetahuan ke dalam otak. Setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda-beda.

Sedangkan macam-macam model gaya pembelajaran yaitu :

Advertisements
  1. Gaya Pembelajaran  Visual. Strategi belajar yang cocok untuk gaya belajar visual diantaranya; 1. Menonton video dengan informasi atau materi pelajaran, 2. Membaca buku bergambar dan membuat cerita, 3. Menggunakan materi visual seperti gambar-gambar, diagram, dan peta.
  2. Gaya Pembelajaran Auditori. Model pembelajaran seperti ini sebagian anak mudah menyerap pembelajaran dengan mendengarkan (auditori).m  Strategi belajar yang cocok untuk gaya belajar auditori diantaranya; 1. Berdiskusi dan tanya jawab, 2. Mendengarkan cerita, 3. Mendengarkan lagu-lagu yang mengajarkan hal-hal baru misalnya lagu tentang warna, huruf atau suara-suara hewan.
  3. Gaya Belajar Kinestetik.  Strategi belajar yang cocok untuk gaya belajar kinestetik diantaranya; 1. Ajak bermain role-play, 2. Belajar sambil mempraktikkan langsung, 3. Melakukan eksperimen dari materi yang didapatkan dari guru.

ٍSedangkan manfaat mengenali gaya belajar diantaranya: mengembangkan strategi belajar yang efisien dan efektif, memaksimalkan proses belajar, mengatasi keterbatasan dalam belajar, dan meningkatkan prestasi belajar.

Sumber Referensi

  1. https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/7486/1/T1_172008008_BAB%20I.pdf
  2. http://journal.unair.ac.id/downloadfull/JPKK8783-ff96e763a7fullabstract.pdf
  3. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/biosfer/article/download/5469/4071/#:~:text=David%20Kolb%20menegaskan%20bahwa%20orientasi,dan%20active%20experimentation%20(doing)
  4. http://eprints.ums.ac.id/33183/2/bab%201.pdf
  5. http://minartirahayu.blogspot.com/2013/03/pengertian-gaya-belajar-berbagai-macam.html?m=1
Komentar
x
Advertisements
Advertisements

Advertisements
Artikel ini telah dibaca 159 kali

Baca Lainnya

Pengertian dan Faktor Pemicu Radikalisme

26 Oktober 2022 - 08:28

Pengertian dan Faktor Pemicu Radikalisme

Paradigma Sosiologi : Pengertian dan Analisis

7 Oktober 2022 - 13:27

Paradigma Sosiologi : Pengertian dan Analisis

Lemak Sapi, Pengertian, Manfaat, Kandungan dan Cara Mendapatkannya

9 Agustus 2022 - 02:02

Baca juga: Fakta Ilmiah Penyembelihan Hewan Dengan Basmalah, Hikmahnya Sesuai Medis Puasa Dalam Sains Dapat menyembuhkan 3 Penyakit Ini

Sejarah Kimia Medisinal Dari Sebelum Masehi Sampai Modern

8 Agustus 2022 - 16:03

Sejarah Kimia Medisinal

5 Tips Happy Parenting Agar Ibu dan Anak Bahagia

3 Agustus 2022 - 22:55

Pendidikan Parenting Sebelum Nikah, Pengertian dan Peran Orang Tua

26 Juli 2022 - 16:21

Pendidikan Parenting Sebelum Nikah, Pengertian dan Peran Orang Tua
Trending di Edukasi