Edukasi

Lemak Sapi, Pengertian, Manfaat, Kandungan dan Cara Mendapatkannya

×

Lemak Sapi, Pengertian, Manfaat, Kandungan dan Cara Mendapatkannya

Share this article
Baca juga: Fakta Ilmiah Penyembelihan Hewan Dengan Basmalah, Hikmahnya Sesuai Medis Puasa Dalam Sains Dapat menyembuhkan 3 Penyakit Ini
Baca juga: Fakta Ilmiah Penyembelihan Hewan Dengan Basmalah, Hikmahnya Sesuai Medis Puasa Dalam Sains Dapat menyembuhkan 3 Penyakit Ini
HASIL ANALISA VISKOSITAS

1. Data Hasil Analisa Viskositas Biodiesel dari Lemak Sapi

Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI-04-7182-2006), viskositas kinematik biodiesel yang diukur pada suhu 40oC adalah 2,3 – 6,0 cSt.Hasil analisa viskositas pada tiap-tiap sampel dari berbagai variasi diperoleh viskositas  berkisar antara 4,82 – 6,85 cSt. Ada dua sampel yang melewati dari standar viskositas kinematik biodiesel. Hal ini bukan berarti biodiesel tersebut tidak memenuhi standar kinematik biodiesel, melainkan kesalahan dalam menghitung waktu alir dari kecepatan biodiesel yang melewati viskometer Ostwald serta terhalangnya biodiesel untuk mengalir yang disebabkan oleh tersumbatnya biodiesel untuk mengalir pada alat yang belum steril dibersihkan.

Penurunan nilai dari densitas menyebabkan nilai viskositas akan semakin kecil. Selain itu, nilai viskositas mengalami penurunan yang disebabkan oleh semakin lamanya waktu reaksi serta semakin meningkatnya temperatur (Wahyuni, A., 2010).

ANALISA DERAJAT KEASAMAN (pH)

Data Hasil Analisa Derajat Keasaman Biodiesel dari Lemak Sapi

Semakin kecil pH dari produk biodiesel maka asam lemak yang terkandung dalam biodiesel semakin besar. Hal ini dapat menyebabkan korosi pada mesin diesel jika digunakan biodiesel dengan pH yang tinggi. Derajat keasaman (pH) yang diperoleh dari tiaptiap sampel berada di atas 6.Hal ini menunjukkan biodiesel yang dihasilkan berada pada kondisi netral dimana biodiesel tersebut dapat digunakan dan aman digunakan karena asam lemak sudah berkurang melalui reaksi transesterifikasi dengankatalis basa NaOH. Oleh karena itu, biodiesel yang dihasilkan memenuhi standar untuk penggunaannya.

Pos Terkait:  Metode Mendidik Anak Dalam Islam
Hasil Analisa Angka Asam

Semakin kecil angka asam maka akan semakin baik kualitas dari biodiesel. Angka asam berhubungan dengan pH dari masing-masing produk biodiesel. Semakin besar pH terutama berkisar antara 6 hingga 7, yaitu menuju netral maka semakin kecil angka asam serta semakin baik metil ester yang dihasilkan. Hubungan antara kadar metanol, jumlah katalis NaOH dan waktu reaksi terhadap angka asam metil ester yang dihasilkan.