Edukasi

Sejarah Kimia Medisinal Dari Sebelum Masehi Sampai Modern

×

Sejarah Kimia Medisinal Dari Sebelum Masehi Sampai Modern

Share this article
Sejarah Kimia Medisinal
Sejarah Kimia Medisinal
Pertengahan Masehi

Pada zaman PD II telah mulai berkembang obat-obat psikofarmakologi. Perkembangan analisis seperti spetroskopi membantu perkembangan obat baru untuk isolasi dan sintetis.

Kemudian Charles Overton dan Charles Richet menegmbangkan farmakologi tentang narkotika dan hubungannya dengan struktur kimia obat ( Lemke et al.2008 )

Dengan konsep tersebut jelas ada hubungan antara struktur kimia dan aktivitas biologis, sehingga dengan demikian dapat dilakukan prediksi mekanisme kerja suatu obat atas dasar persaman strukturnya, disamping dapat pula dikembangkan senyawa aktif menjadi senyawa dengan aktivitas maksimal ( Muchtaridi et al.2006 )

Baca juga:

Periode Modern

Konsep kimia medisinal dikemukakan setelah ditemukan hubungan stereokimia dengan aktivitas. Tahun 1940, Edward E. Smissman mengembangkan desain rigiditas obat, sehingga swissman dikenal sebagai bapak kimia medisinal modern. Aspek-aspek kimia medisinal modern dirintis oleh Alfred Burger. Dia yang mengenalkan dasar-dasar ilmu kimia medisinal bagi pemula.

Pentingnya Kimia Medisinal Dalam Farmasi

Adapun kegunaan kimia medisinal bagi seorang farmasis adalah sebagai KIE tentang obat pada sejawat kesehatan lain, ditinjau dari perubahan struktur, sifat fisika kimia dan aktivitas/ toksisitas/ stabilitas dari serangkaian turunan obat.

Pos Terkait:  Model Gaya Pembelajaran Efektif, Pengertian dan Macam-Macamnya Menurut Para Ahli

Selain itu juga untuk penelitian pengembangan obat, yaitu merancang obat baru dengan aktivitas yang lebih baik, dengan biaya yang layak secara ekonomi. Untuk mendapatkan obat dengan efek samping kerja lebih lama dan meningkatkan kenyamanan pemakaian obat.

Dan menjelaskan sifat obat juga memprediksi sifat kimia fisika, ADME dan toksisitas suatu senyawa obat, serta memprediksi aktivitas obat, secara in silico dengan menggunakan bantuan program komputer