Investasi

Saham, Pengertian, Manfaat dan Cara Investasi

×

Saham, Pengertian, Manfaat dan Cara Investasi

Share this article
saham bukalapak
saham bukalapak
Pengertian

Saham adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan sertifikat kepemilikan perusahaan mana pun. Saham, di sisi lain, mengacu pada sertifikat saham perusahaan tertentu. Memegang saham perusahaan tertentu membuat Anda menjadi pemegang saham.

Deskripsi: Saham terdiri dari dua jenis—umum dan preferen. Bedanya, sementara pemegang yang pertama memiliki hak suara yang dapat digunakan dalam keputusan perusahaan, yang belakangan tidak. Namun, pemegang saham preferen berhak secara hukum untuk menerima tingkat pembayaran dividen tertentu sebelum dividen dapat diterbitkan kepada pemegang saham lainnya.

Ada juga yang disebut ‘convertible preferen stock’. Ini pada dasarnya adalah saham preferen dengan opsi konversi menjadi sejumlah saham biasa, biasanya setiap saat setelah tanggal yang telah ditentukan.

 Tiga Manfaat Berinvestasi Saham
  • Membangun.  Secara historis, pengembalian ekuitas jangka panjang lebih baik daripada pengembalian dari uang tunai atau investasi pendapatan tetap seperti obligasi. Namun, harga saham cenderung naik dan turun dari waktu ke waktu. Investor mungkin ingin mempertimbangkan perspektif jangka panjang untuk portofolio ekuitas mereka karena fluktuasi pasar saham ini cenderung lancar dalam jangka waktu yang lebih lama.
  • Melindungi.  Pajak dan inflasi dapat memengaruhi kekayaan Anda. Investasi ekuitas dapat memberi investor perlakuan pajak yang lebih baik dalam jangka panjang, yang dapat membantu memperlambat atau mencegah efek negatif dari pajak dan inflasi.
  • Maksimalkan.  Beberapa perusahaan membayar  dividen pemegang saham 1  atau distribusi khusus. Pembayaran ini dapat memberi Anda pendapatan investasi reguler dan meningkatkan pengembalian Anda, sementara perlakuan pajak yang menguntungkan untuk ekuitas Kanada dapat meninggalkan lebih banyak uang di saku Anda. (Perhatikan bahwa pembayaran dividen dari perusahaan di luar Kanada dikenakan pajak yang berbeda.)
Pos Terkait:  Saham GOTO di Mata Lo Kheng Hong
Cara Investasi Saham
Pialang Online

Pialang adalah layanan penuh atau diskon. Pialang layanan lengkap, seperti namanya, memberikan berbagai layanan broker tradisional, termasuk nasihat keuangan untuk masa pensiun, perawatan kesehatan, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan uang.

Robo-Penasihat

Setelah krisis keuangan 2008 , generasi baru penasihat investasi lahir: roboadvisor . Jon Stein dan Eli Broverman dari Betterment sering dikreditkan sebagai yang pertama di ruang angkasa. 2 3 Misi mereka adalah menggunakan teknologi untuk menurunkan biaya bagi investor dan merampingkan saran investasi.

Sejak Betterment diluncurkan, perusahaan robo-first lainnya telah didirikan, dan bahkan broker online mapan seperti Charles Schwab telah menambahkan layanan konsultasi seperti robo. Menurut sebuah laporan oleh Charles Schwab, 58% orang Amerika mengatakan bahwa mereka akan menggunakan semacam saran robo pada tahun 2025

Berinvestasi Melalui Bos Anda

Jika Anda memiliki anggaran yang ketat, cobalah untuk menginvestasikan hanya 1% dari gaji Anda ke dalam rencana pensiun yang tersedia untuk Anda di tempat kerja. Yang benar adalah Anda mungkin tidak akan melewatkan kontribusi sekecil itu.

Keuntungan Investasi Saham

Pertumbuhan modal. Harga suatu saham akan naik atau turun dari waktu ke waktu. Ketika naik, pemegang saham dapat memilih untuk menjual sahamnya dengan keuntungan.

Pos Terkait:  Nabung Saham Yang Menghasilkan Banyak Uang

Pendapatan dividen. Banyak perusahaan membayar dividen kepada pemegang saham mereka, yang dapat menjadi sumber pendapatan pajak yang efisien bagi investor.

Hak suara. Kemampuan untuk memilih berarti pemegang saham memiliki beberapa ukuran kendali atas siapa yang menjalankan perusahaan dan bagaimana caranya.

Likuiditas.  Biasanya, saham biasa dapat dibeli dan dijual lebih cepat dan mudah daripada investasi lain, seperti real estat, seni, atau perhiasan. Ini berarti investor dapat membeli atau menjual investasi mereka secara tunai dengan relatif mudah.

Perlakuan pajak yang menguntungkan.  Pendapatan dividen dan keuntungan modal dikenakan pajak dengan tarif yang lebih rendah daripada pendapatan pekerjaan dan pendapatan bunga dari obligasi atau GIC.

Aliran pendapatan yang dapat diandalkan.  Umumnya, saham preferen datang dengan jumlah dividen tetap yang harus dibayarkan sebelum dividen dibayarkan kepada pemegang saham biasa.

Pendapatan yang lebih tinggi.  Dibandingkan dengan saham biasa, saham preferen cenderung membayar dividen yang lebih tinggi. (Catatan: dividen saham preferen datang dengan perlakuan pajak menguntungkan yang sama seperti dividen saham biasa.)

Variasi.  Ada banyak jenis saham preferen, masing-masing dengan fitur yang berbeda. Misalnya, beberapa memungkinkan akumulasi dividen yang belum dibayarkan, sementara yang lain dapat dikonversi menjadi saham biasa.

Pos Terkait:  Daftar Lengkap Aplikasi Saham dan Reksadana yang Aman 2022