malam lailatul qodar
malam lailatul qodar

Adab Buka Puasa dalam Islam, Tips dan Tuntunan

Posted on

Ramadhan, iqipedia.com – Islam sebgai agama yang membawa ajaran yang komprehensif, berbuka puasa dalam Islam  juga di ajarkan. Mengingat berbuka puasa adalah suatu yang sangat di tunggu-tunggu. Bagaimana tidak? seseorang sudah menahan lapar dan haus seharian penuh. Maghrib sudah merupakan perkara yang di nanti-nantinya, oleh karenanya seseorang hendak ikut ajaran islam ini agar  dapat kehidupan yang sehat dan hal ini disunnahkan dalam Islam serta tidak terus menrus mengikuti hawa nafsunya. berikut ini tuntunan buka puasa dalam islam.

1. Berdoa Sebelum Berbuka Puasa

Sebelum berbuka puasa hendaknya seseorang berdoa terlebih dahulu, setelah itu baru melaksanakan buka puasa.  Berdoa sebelum berbuka banyak sekai manfaatnya, antra lain  mengingatkan kita agar berpuasa ihlas, melihat rizki yang ada adalah rizki yang di berikan Allah serta mengingatkan kita bahwa Allah mewajibkan puasa tidak serta ingin menyksa hambanya tetapi ada tujuan di balik itu, yaitu menaga dari banyak makan yang tidak baik menurut kesehatan serta agar kita dapat mengingat masih banyak hamba-hamba yang kekurangan makanan sehingga dapat menyamangatkan kita untuk banyak sedekah dan zakat.  Berikut ini doa puasa:

Pos Terkait:  Tanda Ikhlas dan Kiat-Kiatnya
Doa Puasa

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

“alhummah laka shumtu wabika amantu wa’ala rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roimin”

Artinya: “Ya Allah kami berpuasa karena Engkau, hanhya kepada Engkau kami beriman, dan kami berbuka atas rizki Engkau, dengan rahmat Engkau, wahai dzat yang maha penyayang” 

2.  segera Melakukan Buka Puasa

Berbuka puasa di awal waktu ketika sudah maghrib adalah ajaran yang ajarkan Islam, Baginda Rasulullah Saw. bersabda:

عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «لَا يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الفِطْرَ

Artinya: “Diriwayatkan dari Sahl Bin Said, Rasulullah Saw bersabda: Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari )

Rasulullah Saw. menjelaskan bahwa orang yang segera melakukan buka puasa akan senantiasa mendapatkan kebaikan, kebaikan ini di dapat dari segera melaksanakan buka puasa karena seseorang yang mepercepat buka puasa dia cepat mengisi perutnya yang lapar yang sedang memerlukan asupan yang harus dipenuhi.

3.  Takjil dengan Kurma  dan Air Putih

Selanjutnya berbuka yang di anjurkan Rasulullah Saw. adalah takjil dengan kurma. Hal ini di sabdakan  Rasulullah Saw. berikut ini:

Pos Terkait:  Tiga Golongan Manusia di Akhirat dalam Surah Al-Waqi'ah

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ عَلَى رُطَبَاتٍ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَتُمَيْرَاتٌ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تُمَيْرَاتٌ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

Artinya: “diriwayatkan dari  Anas Bin Malik RA. Bahwa nbi Muhammad Saw. berbuka puasa denga kurma basah sebelum sholat. Jika tidak kurma basah maka Rasulullah berbuka dengan kurma kering, jika tidak ada kurma maka Rasulullah berbuka dengan air putih”

5. Berbuka Secukupnya dan Tidak Belebihan

Berbuka puasa dalam Islam harus di lakukan secukupnya, tidak boleh sampai berlebihan. Di kutip dari kitab taisir khollaq, bahwa makan yang berlebihan dapat menyebabkan membawa penyakit. Karena makanan termasuk bagian yang menyebabkan penyakit masuk keadalam tubuh, dan hal itu bisa terjadi jikan makanya berlebihan, termasuk juga buka puasa. maka dari itu sebaiknya seseorang melakaukan buka puasa dia hendak  berbuka secukupnya agar puasanya dapat membawa manfaat dan menetralisir dari penyakit seperti kencing manis.

Bagin kelima ini adalah bagian terakhir dalam pembahasan buka puasa dalam Islam, semoga bermanfaat.

Penulis: Abd. Muqit 

Pos Terkait:  Tuntunan dan Niat Zakat Fitrah