Doa

Doa Buka Puasa

×

Doa Buka Puasa

Share this article
Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya
Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya

Umat islam wajib menjalankan ibadah puasa selama satu bulan Ramadan atau satu bulan penuh. Puasa Ramadhan yaitu ibadah menahan diri dan nafsu, yang dilakukan mulai fajar hingga waktu berbuka atau Ketika terbenamnya matahari di bulan Ramadhan.  Dalam melakukan ibadah puasa Ramadan, sebaiknya kita membaca doa puasa terlebih dahulu. Begitu juga Ketika akan berbuka puasa, ada baiknya umat Islam membaca doa buka puasa terlebih dahulu.

Doa merupakan ungkapan rasa syukur kita terhadap Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan. Termasuk juga membaca doa sebelum buka puasa Ramadhan. Sama hal nya dengan kita mengucap rasa syukur karena Allah telah memberikan kekuatan terhadap kita setelah menahan diri dari haus dan lapar.

Doa Buka Puasa

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

“alhummah laka shumtu wabika amantu wa’ala rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roimin”

Artinya: “Ya Allah kami berpuasa karena Engkau, hanhya kepada Engkau kami beriman, dan kami berbuka atas rizki Engkau, dengan rahmat Engkau, wahai dzat yang maha penyayang” 

Kapan Doa Berbuka Puasa Dibaca?

Terdapat perbedaan di kalangan ulama terkait waktu membaca doa berbuka puasa. Sejumlah pendapat menyatakan bahwa doa berbuka puasa dibaca setelah seseorang berbuka atau pertama kali membatalkan puasa dengan air, kurma, atau semacamnya.

Pos Terkait:  Doa Mohon Dibukakan Kebenaran

Pendapat ini didasarkan atas kata kerja yang tertera dalam doa berbuka puasa yang berbentuk lampau (fi’il madhy). Seperti dalam lafadz kedua yang artinya, “Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah.”

Sementara itu, sebagian ulama mengatakan bahwa doa berbuka puasa diucapkan sebelum berbuka puasa dan sebagian yang lain tidak menetapkan waktu membacanya.

 

 

 

Refrensi:

Tuntunan Ibadah & Kumpulan Doa-Doa, Karya Abd. Muqit, Moh. Sholeh.