Doa Agar Diberi Hikmah
Doa Agar Diberi Hikmah

Doa Naik Kendaraan

Posted on

Doa naik kendaraan diamalkan ketika seorang muslim melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan darat, laut, atau udara. Amalan ini dianjurkan oleh Rasulullah SAW.  Membaca doa ini dianjurkan untuk diamalkan agar perjalanan yang dilakukan selamat sampai tujuan dan mendapat perlindungan dari Allah SWT.

Lantas bagaimana bacaan doa naik kendaraan tersebut? Berikut bacaan doa selengkapnya yang penting untuk diketahui.

Doa Naik Kendaraan

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Artinya: Mahasuci Dia yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.

Keutamaan Membaca Doa Naik Kendaraan Darat

Sebelum mengetahui bacaan doa naik kendaraan darat, kita pahami terlebih dahulu keutamaan membaca doa naik kendaraan darat. Telah disinggung sebelumnya, bahwa dengan membaca doa naik kendaraan darat, perjalanan kita senantiasa akan mendapat perlindungan Allah SWT. Selain itu juga akan mendapat pahala, pertolongan, dan hati lebih tenang.

Pos Terkait:  Doa Agar Diberi Hikmah

1. Selalu Dilindungi Allah SWT

Membaca doa naik kendaraan darat akan memberikan manfaat kepada pembacanya. Sebab Allah akan senantiasa melindungi perjalanan orang yang mau berdoa memohon pertolongan kepada-Nya. Dengan membada doa naik kendaraan darat, perjalanan juga akan semakin lancar dan segala urusan selama di perjalanan dimudahkan oleh Allah.

2. Mendapatkan Pahala

Berdoa juga disebut sebagai ibadah, sehingga siapapun orang yang berdoa akan mendapatkan pahala, termasuk membaca doa naik kendaraan darat. Selain itu, mengawali perjalanan dengan berdoa, secara otomatis seseorang akan merasa lebih tenang dan nyaman.

3. Dilingkupi Pertolongan dari Allah

Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di perjalanan. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang buruk selama di perjalanan, maka disarankan untuk membaca doa naik kendaraan darat. Membaca doa ini bertujuan agar apabila kita mengalami masalah di perjalanan, Allah senantiasa memberikan pertolongan-Nya.

4. Terasa Lebih Aman

Membaca doa saat hendak mengawali aktivitas, akan memberikan ketenangan dan keamanan. Apalagi melakukan perjalanan adalah hal yang perlu dilakukan dengan hati-hati, terlebih jika menempuh perjalanan jauh. Allah akan senantiasa melindungi hamba-Nya yang berdoa kepada-Nya ketika naik kendaraan.

Itulah beberapa bacaan doa naik kendaraan yang bisa dipanjatkan agar perjalanan semakin lancar dan senantiasa mendapat perlindungan. Membaca doa juga akan memberikan ketenangan bagi orang yang melakukan perjalanan dengan kendaraan darat. Maka dari itu jangan lupa untuk berdoa setiap kali hendak naik kendaraan, ya.

Baca juga: Doa Ketika Menggunakan Pakaian