Doa

Doa Masuk dan keluar dari Kamar Mandi

×

Doa Masuk dan keluar dari Kamar Mandi

Share this article
Doa Agar Diberi Hikmah
Doa Agar Diberi Hikmah

Doa masuk kamar mandi dan doa keluar kamar mandi sebaiknya diamalkan oleh umat muslim setiap hari. Selain itu sebelum dan sesudah keluar kamar mandi pun ada adabnya dalam Islam.

Dalam Islam, terdapat banyak kumpulan doa yang dapat diamalkan ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan melakukan hal tersebut, bukan hanya mendapatkan pahala, kebaikan-kebaikan lainnya juga pasti dapat kamu rasakan. Salah satunya adalah dengan membaca doa saat masuk dan keluar kamar mandi.

Sejatinya, jin dan setan bermukim di tempat-tempat yang kotor seperti toilet dan kamar mandi. Dalam hal ini, Rasulullah SAW memberikan anjuran untuk membacakan zikir sebelum masuk ke kamar mandi.
Doa Masuk Kamar Mandi

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari setan laki-laki dan setan perempuan

Setelah selesai menggunakan kamar mandi, ada juga doa keluar kamar mandi yang menyertainya. Bacaan yang perlu diucapkan pun cukup singkat, yakni sebagai berikut.

Doa Keluar Kamar Mandi

غُفْرَانَكَ

Artinya: Aku mohon ampunanMu ya Allah.

Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa ketika keluar kamar mandi juga ada zikir yang perlu dilafalkan? Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin Rahimahullah menjelaskan, ketika di dalam kamar mandi, kita telah dipermudahkan oleh Allah SWT untuk mengeluarkan kotoran yang berbahaya jika tidak dibuang dari tubuh.

Pos Terkait:  Fitrah Manusia dalam Beriman dan Faktor-Faktor Yang Merubahnya

Itulah doa masuk dan keluar kamar mandi yang bisa diamalkan dalam kegiatan sehari-hari. Sudah hafalkan?

Baca juga: Doa Menjelang Masuk Waktu Subuh