Doa

Doa Masuk Pasar

×

Doa Masuk Pasar

Share this article
Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya
Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya

Berbelanja merupakan bagian dari aktivitas manusia untuk bisa memenuhi kehidupan sehari-hari. Jika kamu ingin belanja di tempat yang lengkap dengan harga terjangkau, bahkan bisa menawar, maka pasar menjadi tempat yang tepat. Mulai dari bahan-bahan makanan hingga perlengkapan rumah tangga bisa kamu jumpai di pasar. Namun, sahabat juga harus berhati-hati ketika sedang berbelanja. Tak bisa dipungkiri bahwa hal-hal buruk bisa saja terjadi, misalnya saja orang yang mencuri uang belanja kamu.  Selain meletakkannya di tempat yang aman, sahabat sebaiknya tidak lupa untuk membaca doa masuk pasar. Tak hanya mampu memberikanmu perlindungan ketika sedang belanja, juga agar keberkahan pun turut hadir.

Rasulullah Saw pun mengajarkan kita untuk terlebih dahulu berdoa sebelum masuk ke mal atau pasar sebagaimana doa berikut ini:

Doa Masuk Pasar

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكُ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِى وَيُمِيتُ وَهُوَ حَىٌّ لاَ يَمُوتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

Artinya: Tiada tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. Dia yang mempunyai kerajaan dan segala pujian. Dialah yang menghidupkan dan mematikan, dan Dia Mahahidup yang tidak mati. Di tangan-Nya segala kebaikan dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu.

Adab saat Belanja di Pasar

Setelah mengetahui bacaan doa masuk pasar, sahabat juga perlu mengetahui apa saja adab yang perlu diperhatikan saat berbelanja di pasar. Berikut beberapa adab belanja di pasar yang perlu sahabat ketahui:

Pos Terkait:  Doa Sholat Dhuha

Berzikir saat Masuk Pasar

Adab pertama saat belanja di pasar adalah berzikir. Para ulama pun menganjurkan zikir yang dibaca adalah berikut ini:

“ Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu yuhyii wa yumiit wa huwa hayyu laa yamuut bi yadihil khoir wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir.”

Ada sebagian ulama yang berpendapat bahwa zikir di atas berasal dari hadis yang tidak shahih. Tetapi, karena perintah untuk berzikir yang disebutkan itu umum, di mana pun tetap dianjurkan berzikir. Maka zikir tersebut boleh dibaca tanpa meyakini keistimewaannya.

Bahkan dengan membaca zikir di pasar itu lebih baik, karena artinya berzikir di tengah orang-orang yang lalai. Di mana setiap orang sedang sibuk untuk melakukan transaksi dan jarang yang mengingat Allah SWT.

Masuk Pasar Seperlunya

Adab yang kedua adalah masuk ke pasar seperlunya saja. Hal ini karena di dalam pasar ada banyak maksiat, kecurangan, dan perbuatan yang sia-sia. Dengan begitu, amalan kebaikan di dalam pasar pun terbilang sedikit. Dijelaskan oleh Salman Al-Farisi ra berikut:

“ Jika anda mampu, janganlah menjadi orang yang pertama kali masuk pasar. Jangan pula menjadi yang terakhir keluar dari pasar. Sebab pasar adalah tempat perangnya setan, di sanalah ia menancapkan benderanya.” (HR. Muslim)

Pos Terkait:  Doa Mohon diberi Rohmat dan Petunjuk

Jujur dan Amanah

Adab berikutnya saat belanja di pasar adalah jujur dan amanah. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda:

“ Tanda orang munafik itu ada tiga, dusta dalam perkataan, menyelisihi janji jika membuat janji dan khianat terhadap amanah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kemudian Rasulullah saw juga bersabda:

“ Sesungguhnya para pedagang akan dibangkitkan pada hari kiamat nanti sebagai orang-orang fajir (jahat) kecuali pedagang yang bertakwa kepada Allah, berbuat baik, dan berlaku jujur.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Menundukkan Pandangan

Salah satu adab saat berbelanja di pasar adalah menundukkan pandangan. Perintah ini pun telah dijelaskan dalam Al-Quran melalui surat An-Nur ayat 30 – 31 yang artinya berikut ini:

“ Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman, “ Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.”Katakanlah kepada wanita yang beriman, “ Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya.” (QS. An-Nuur: 30-31)

Demikian doa masuk mal atau pasar yang bisa diamalkan sebagaimana tuntunan dari Rasulullah Saw. Wallahu a’lam.

Baca juga: Doa Memperbaiki Agama, Dunia dan Akhirat , Agar Menjadi Orang Sholeh

Pos Terkait:  Doa Menjelang Masuk Waktu Subuh