Doa

Doa Setelah Wudhu

×

Doa Setelah Wudhu

Share this article
Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya
Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya

Doa setelah wudhu dianjurkan untuk dibaca oleh umat Islam ketika selesai melaksanakan wudhu. Bagi umat muslim, wudhu menjadi salah satu bagian dalam ibadah yang sangat penting untuk dikerjakan. Wudhu akan menjadikan kita selalu dalam keadaan suci.

Keadaan suci ini penting diperhatikan apalagi ketika kita hendak melakukan suatu ibadah, baik itu wajib maupun sunnah. Selain itu, dalam melakukan tata cara wudhu pun harus sesuai dengan syariat dan sunnah agar wudhu menjadi sah.

Tidak hanya tata cara, terdapat bacaan doa sebelum dan sesudah berwudhu yang juga penting untuk diperhatikan. Nah pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai doa sesudah berwudhu dan beberapa hal yang berkaitan dengan wudhu. Lantas apa saja itu? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Wudhu sendiri berasal dari kata wadha’ah yang artinya kebersihan dan kebaikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian wudhu adalah sebuah cara yang dilakukan umat Islam untuk menyucikan diri dengan menggunakan air.

Berwudhu dilakukan menggunakan air, selama masih dapat menemukan keberadaan air di sekitar. Namun, jika kesulitan dalam menemukan air, maka wudhu dapat dilakukan dengan menggunakan debu karena debu dapat digunakan sebagai media untuk menyucikan diri sebagai pengganti air, atau yang sering disebut dengan tayammum.

Doa Setelah Wudhu

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّبِيْنَ وَجَعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ وَجَعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Pos Terkait:  Doa Bercermin

Artinya: Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya, Ya Allah Jadikan  saya orang yang selalu bertaubat dan orang-orang yang suci serata hambamu yang sholeh.

Dalil/Hadits Terkait Doa Setelah Wudhu

Perlu dipahami hususnya bagi seorang hamba muslim dalam perkara doa setelah wudhu. Karena hal ini kerap kali menjadi perdebatan bagi sesama muslim.

Padahal doa setelah wudhu sangat dianjurkan oleh baginda Rosulullah SAW sebagaimana diperjelas dalam sebuah hadits dibawah ini.

Hadits pertama diriwayatkan oleh Muslim, Abu Dawud, dan Ahmad.

مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأَ فَيَسْبِغُ اْلوُضُوْءَ ثُمَّ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ إِلَّا فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةَ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ

Artinya: “Tidaklah salah seorang di antara kalian berwudhu dengan menyempurnakan wudhunya kemudian ia membaca doa (yang artinya) ‘Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya’ kecuali dibukalah delapan pintu surga untuknya yang dapat ia masuki dari mana saja ia mau.” (HR. Muslim, Abu Dawud dan Ahmad).

Hadits Yang Kedua Diriwayatkan Oleh Tirmidzi

Pos Terkait:  Doa Selamat dari Petir

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ فُتِحَتْ لَهُ ثَمَانِيَةُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ

Artinya : “Barangsiapa berwudhu dengan menyempurnakan wudhunya kemudian ia membaca doa (yang artinya) ‘Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang yang menyucikan diri.’ Maka dibukalah delapan pintu untuknya delapan pintu surga yang dapat ia masuki dari mana saja ia mau.” (HR. Tirmidzi; hadits shahih).

Itulah tadi bacaan doa sesudah berwudhu dan pembahasan mengenai pengertian, rukun, sunnah dan niat wudhu sesuai sunnah. Alangkah baiknya jika kita menerapkannya ketika akan beribadah sesuai ajaran Rasulullah SAW.

Baca juga: Doa Memperbaiki Agama, Dunia dan Akhirat , Agar Menjadi Orang Sholeh