Doa

Doa Ketika Menggunakan Pakaian

×

Doa Ketika Menggunakan Pakaian

Share this article
Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya
Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya

Dalam melakukan semua hal, umat muslim disunahkan untuk membaca doa dan minimal mengucapkan lafaz basmalah, bismillāhir-rahmānir-rahīm. Hal demikian dimaksudkan agar orang beriman selalu mengingat dan menyebut nama Allah setiap saat.

Dari sekian banyak doa, salah satu yang sering terlupakan yakni doa berpakaian. Padahal seseorang selalu mengenakan dan mengganti baju tiap harinya. Untuk mencapai keberkahan, seorang muslim bisa mengamalkan doa berpakain dalam kesehariannya, seperti kebiasaan Rasulullah.

Ada baiknya umat Islam untuk mengetahui doa berpakaian terlebih dahulu. Tujuan membaca doa berpakaian adalah agar terhindar dari sifat sombong terhadap pakaian yang dikenakan. Bukan hanya itu saja, membaca doa berpakaian juga untuk melindungi diri dari godaan setan yang sering kali membisikkan hal-hal negatif.

Doa Memakai Pakaian

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى كَسَانِى هَذَا الثَّوْبَ وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَ قُوَّةٍ

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberikan pakaian dan rezeki kepadaku tanpa daya dan upaya dariku

Doa Melepas Pakaian

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ

Artinya: Dengan nama Allah yang tiada tuhan selain Dia

Tak hanya mengucapkan doa berpakaian, seorang muslim memiliki adab baik yang bisa diikuti. Dengan memulai dari anggota tubuh bagian kanan, lalu dilanjut yang kiri.

Pos Terkait:  Doa Mohon Petunjuk Allah

Sesuai hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Baihaqi.

Abu Arubah menceritakan kepada kami, Abdullah bin Amr Al Bajili menceritakan kepada kami, Zuhair bin Mu’awiyah menceritakan kepada kami dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah dia berkata bahwa Rasulullah bersabda, ‘Apabila kamu berwudhu atau berpakaian, maka mulailah dengan anggota badan yang kanan’. (HR Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Baihaqi).

Demikian doa memakai baju beserta manfaat dan juga maknanya .