Doa

Doa Mohon Ampunan Dari Dosa

×

Doa Mohon Ampunan Dari Dosa

Share this article
Doa Berlindung dari Ilmu Yang Tidak di Ketahui
Doa Berlindung dari Ilmu Yang Tidak di Ketahui

Dalam menjalani hidup terkadang seseorang tak sadar telah melanggar syariat agama. Itu terjadi karena kurangnya ilmu yang dilatarbelakangi kemalasan menuntut ilmu sehingga diri diliputi dengan kebodohan.

Terkadang seseorang juga terlalu berlebih-lebihan dalam suatu perkara sehingga mengabaikan amal lainnya. Misalnya seseorang berlebih-lebihan dalam menggunakan waktunya sehari-hari untuk beribadah dan iktikaf di masjid, sementara anak dan istinya ditelantarkan.

Atau seseorang yang berlebih-lebihan menggunakan waktunya seharian penuh untuk bekerja namun mengabaikan sholat yang menjadi kewajibannya sebagai hamba. Bahkan kadang seseorang terlalu berlebihan bercanda dengan saudaranya, hingga tak sadar telah menyinggung atau menyakiti saudaranya dengan candanya itu.

Maka sebagai seorang Muslim hendaknya tak luput untuk terus bermuhasabah atas setiap perbuatan yang telah dilakukan. Bila terdapat kesalahan kepada sesama makhluk hendaknya untuk segera meminta maaf dan keridhaannya.

Dan teruslah memohon ampun kepada Allah dari setiap kesalahan yang telah diperbuat. Rasulullah SAW mengajarkan sebuah doa pada umatnya agar Allah mengampuni setiap kesalahan.

Doa Mohon Ampunan Dari Dosa

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلِى خَطِيْئَتِى وَجَهْلِى وَاِسْرَافِى فِى اَمْرِى كُلِّهِ وَمَآاَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّى

Artinya: “Ya Allah, ampunilah kesalahan, kebodohan dan keterlaluanku dalam segala urusan, dan ampuni pula segala dosa yang Engkau lebih mengetahui daripada aku.”

Doa Memohon Ampunan Allah Swt

Berikut ini adalah lafal doa untuk memohon ampunan Allah Swt.:

Pos Terkait:  Doa Masuk dan keluar dari Kamar Mandi

Allahumma anta rabbi la ilaha illa anta khalaqtani wa an abduk wa ana ala ahdika wa wa’dika ma istata’tu, a’udhu bika min sharri ma sana’tu, abou ‘laka bi ni’matika alaya, wa abou’u bi dhanbi , fa-ghfir li, fa innahu la yaghfiru dhunuba illa anta.

Artinya:

“Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau.”

Doa Mohon Ampun karena Lalai

Berikut bacaan doa mohon ampun karena lali yang diambil dari Surat Al Baqarah ayat 286:

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ࣖ

Rabbana la tuakhidzna innasina au akhthoqna, rabbana wa la takhmil ‘alaina ishran kama khamaltahu alal ladzina min qoblina, rabbana wa la tukhammilna ma la thoqota lana bihi, wa’fu anna, waghfirlana, warkhamna anta maulana fanshurna ‘alal qoumil kafirin.

Artinya:

Pos Terkait:  Doa Sesudah Buang Air Besar

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

Baca juga: Doa Memperbaiki Agama, Dunia dan Akhirat , Agar Menjadi Orang Sholeh