Doa

Doa Agar diberi Cahaya dan Ampunan

×

Doa Agar diberi Cahaya dan Ampunan

Share this article
Doa Terhindar dari Godaan Syaiton
Doa Terhindar dari Godaan Syaiton

Berdoa adalah memohon atau meminta pertolongan kepada Allah SWT. Tetapi bukan berarti hanya orang yang terkena musibah saja yang layak memanjatkan doa. Sebagai seorang Muslim kita layak berdoa walaupun dalam keadaan sehat.

Sebagaimana Sabda Rasulullah saw “Doa itu ibadah” dan “Tiada sesuatu yang paling mulia dalam pandangan Allah, selain dari berdoa kepada-Nya, sedang kita dalam keadaan lapang”.

Rasulullah mengajarkan kepada umatnya agar senantiasa berdoa agar diberikan cahaya dalam hati.

Doa agar diberi cahaya dan ampunan terdapat dalam Alquran surat Al-Tahrim ayat 8.

Doa Agar diberi Cahaya dan Ampunan

رَبَّنَآ اَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَاۚ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya : “Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami. Sesungguhnya Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.” (At-Tahrim/66:8)

Agar doa yang kita panjatkan dapat dikabulkan oleh Allah SWT, maka di dalam berdoa kita harus memperhatikan hal-hal pokok sebelum doa kita panjatkan.

Menjadi manusia bercahaya memang tidak mudah. Selain harus membersihkan hati dari segala kotorannya, setiap pancaindra juga harus digunakan dengan cara yang baik. Yaitu, dengan menghiasi tubuh dengan segala bentuk tutur kata dan perilaku yang baik.

Dengan makna lain, jika cahaya identik dengan segala kebaikan, manusia yang bercahaya adalah manusia yang baik lahir dan batinnya. Keduanya memancarkan cahaya kebaikan yang memberikan petunjuk bagi manusia lainnya keluar dari segala kesesatan. Dia bisa menjadi panutan bagi manusia lain yang ingin keluar dari kegelapan dan kesesatan.

Pos Terkait:  Doa Setelah Wudhu

Kebalikan dari cahaya adalah gelap atau kegelapan yang identik dengan kejelekan, kejahatan, dan kesesatan. Manusia yang tidak memiliki atau kehilangan cahaya akan hidup dalam kegelapan karena jauh dari kebaikan dan kebenaran. Jauh dari iman, jauh dari sifat dan perilaku yang baik. Ia tidak mampu memberikan petunjuk dan tentu dia tidak dapat dijadikan panutan atau pemimpin.

Demikianlah doa agar diberi cahaya yang dapat Anda doakan. Terima kasih.

Baca juga: Doa Memperbaiki Agama, Dunia dan Akhirat , Agar Menjadi Orang Sholeh

Baca juga: Ketuhunan Allah