Doa

Doa Ampunan Untuk Orang Tua dan Orang Beriman

×

Doa Ampunan Untuk Orang Tua dan Orang Beriman

Share this article
Doa Agar Diberi Hikmah
Doa Agar Diberi Hikmah

Doa untuk kedua orang tua sudah selayaknya dibaca seorang anak. Dalam doa, seorang anak bisa berharap kebaikan dan ampunan selalu diberikan Allah SWT kepada orang tuanya. Doa ampunan untuk orang tua dan orang beriman sudah selayaknyalah didoakan oleh setiap anak.

Rasulullah SAW dalam haditsnya bahkan menyebut bahwa doa dari anak yang sholeh kepada kedua orang tuanya sebagai sebuah amalan yang tidak akan terputus.

Doa Ampunan Untuk Orang Tua dan Orang Beriman

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

رَبَّنَا اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَابُ

Artinya :  “Ya Tuhan kami, ampunilah aku, kedua orang tuaku, dan orang-orang mukmin pada hari diadakan perhitungan (hari Kiamat).”  (QS. Ibrâhîm: 41-42)

Berikut ini bacaan doa selengkapnya doa Memohon Ampun Untuk Diri Sendiri, Orangtua Dan Kaum Mukminin yang dapat kamu panjatkan:

رَّبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَن دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَلَا تَزِدِ الظَّالِمِينَ إِلَّا تَبَارًا

Robbigh-fir lii wa liwaalidayya wa liman dakhola baitiya mu’minan wa lil mu’miniina wal mu’minaati wa laa tazidizh-zhoolimiina illaa tabaaroo.

Artinya: “Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan.”

Selain mendoakan kedua orang tua, bentuk bakti seorang anak kepada kedua orang tuanya dapat dilakukan dengan menghormati kedua orang tua, sopan dalam berkata-kata dan bertindak kepada kedua orang tua, tidak berkata dengan nada yang tinggi dan keras, kemudian rajin belajar dan beribadah.

Pos Terkait:  Doa Terhindar dari Godaan Syaiton

Jadi, jangan lupa berbakti dan baca doa untuk kedua orang tuamu, ya.

Refrensi:

Tuntunan Ibadah & Kumpulan Doa-Doa, Karya Abd. Muqit, Moh. Sholeh.