Menu

Mode Gelap

Islam Edu

5 Ibadah di Bulan Ramadhan Yang Berpahala Besar


 malam lailatul qodar Perbesar

malam lailatul qodar

Advertisements

Iqipedia.com – Bulan ramadhan sebagai bulan penuh pahala dan banyak keutamaannya sudah tidak asing lagi telinga orang-orang muslim di seluruh dunia. Ternyata ibadah di bulan ramadahan yang sangat banyak pahalanya juga banyak.

1. ibadah fardhu

Ibadah farduh adalah ibadah yang sangat besar pahalanya. Pahalanya berlipat tujuh kali liapat di andingkan dengan ibadah sunnah. Banyak dari umat Islam yang salah memilih ibadah-ibadah yang seakan-akan banyak pahalanya tetapi ia meninggalkan ibadah farduhnya, ini perbuatan yang salah. Ibadah fardhu ternyata lebih bnayk pahalanya dan tidka boleh di tinggalkan.

2. Sedekah

ibadah di bulan ramadhan yang banyak pahalanya yang pertama adalah sedekah. Sedekah adalah ibadah yang banyak pahalanya dan merupakan bagian dari ibadah yang afdhal di kerjakan. Hal ini di sabdakan Rasulullah Saw. dalam hadis riwayat Tirmidzi berikut ini:

أيُّ الصَّدَقَةِ أفْضَلُ؟ قَالَ صَدَقَةٌ فَيْ رَمَضَانَ

Advertisements

Artinya: Rasulullah SAW pemah ditanya; Sedekah apakah yang paling mulia? Beliau menjawab: “Yaitu sedekah dibulan Ramadhan.” (HR Tirmidzi)

3. Sholat Sunnah Witir

Ibadah sholat witir adalah sholat sunnah penutup di malam hari. Sholat ini dapat di lakukan dengan 1 rokaat hingga 11 rokaat dan harus gangil. Waktunya sholat ini mulai dari isya’ hingga subuh. Kalau ramadhan sholah ini biasanya di lakukan setelah sholat taraweh  tetapi meski demikian seseorang dapat melakukannya lagi setelah sholat tahajud. Di kutip kitab faroidu al-Bhahiyyah, bahwa sholat witir pahalanya sangat besar, satu rokaat sholat witir lebih utama dari pada sholat tahajud.

4. Membaca Surah Al-Ikhlas 3x

Siapa sangka surah ikhlas yang sangat pendek dan mudah di baca ini memiliki keutamaan yang sangat besar. Di lansir hadis rasulullah Saw. bahwa surah memiliki pahala yang dengan membaca satu hatama al-Quran. Hadis ini di peraktikkan oleh Sayyidina Ali ketika berlomba-berlomba melamar sayyidah fatimah, Sayyidina Ali Ra. dengan hanya membaca  surah Ikhlas 3 kali, akhirnya beliau yang di anggap memenangkan sayimbara memenangkan pinangan sayyidah Fatimah.

قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ لِأَصْحَابِهِ أَيَعْجِزُ أَحَدُكُمْ أَنْ يَقْرَأَ ثُلُثَ الْقُرْآنِ فِي لَيْلَةٍ فَشَقَّ ذَلِكَ عَلَيْهِمْ وَقَالُوا أَيُّنَا يُطِيقُ ذَلِكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ فَقَالَ اللَّهُ الْوَاحِدُ الصَّمَدُ ثُلُثُ الْقُرْآنِ

Advertisements

Artinya: Rasulullah Saw. berkata kepada para sahabatnya, Apakah salah seorang dari kalian mampu untuk membaca sepertiga Al-Qur`an dalam satu malam?’ maka hal ini memberatkan mereka, dan (mereka) bertanya: ‘Siapakah di antara kami yang mampu, wahai Rasulullah?” Rasulullah Saw. bersabda: ”Allahul-wahidu shamad adalah sepertiga Al-Qur`an”. ( HR. Bukhari)

5. Lailatul Qodar

ibadah yang panin pahala selanjutnya adalah lailatul qodar. Hal ini di nyatakan sendiri oleh Allah dalam surah Al-Qodar bahwa orang yang mendapatkan lailatul qodar lebih utama dari pada seribu bulan. Allah berfirman:

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ ࣖ

Artinya: Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada Lailatulqadar. Tahukah kamu apakah Lailatulqadar itu? Lailatulqadar itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Rūḥ (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam) itu sampai terbit fajar. (QS. Al-Qodar: 1-5)

Advertisements

Ya itulah penjelasan tentang ibadah di bulan ramadhan yang banyak pahalanya. Semoga dapat menjadi motivasi dalam beribadah.

Penulis: Abd. Muqit 

 

Komentar
Advertisements

Artikel ini telah dibaca 183 kali

Baca Lainnya

Syukur : Pengertian, Macam-Macam, Hakikat dan Dalil Syukur

16 November 2022 - 22:55

Syukur : Pengertian, Macam-Macam, Hakikat dan Dalil Syukur

Sabar dan Syukur

14 November 2022 - 19:00

Sabar dan Syukur

Penaklukan Banten dan Masuknya Agama Islam Disana

2 November 2022 - 08:17

Penaklukan Banten dan Masuknya Agama Islam Disana

Pengertian dan Faktor Pemicu Radikalisme

26 Oktober 2022 - 08:28

Pengertian dan Faktor Pemicu Radikalisme

Qodha’ dan Qodar dalam Kehidupan Sehari-Hari

26 Oktober 2022 - 08:07

Qodha' dan Qodar dalam Kehidupan Sehari-Hari

Para Sahabat Penulis Wahyu

24 Oktober 2022 - 18:29

Para Sahabat Penulis Wahyu
Trending di Islam Edu