Pancasila

Sumber-Sumber Pendidikan Pancasila dari Historis hingga Sosiologis

×

Sumber-Sumber Pendidikan Pancasila dari Historis hingga Sosiologis

Share this article
Sumber-Sumber Pendidikan Pancasila
Sumber-Sumber Pendidikan Pancasila

Iqipedia.com – Pedidikan Pancasila adalah hal yang signifikan untuk generasi bangsa ini. Sebagai Ideologi Negara RI, sudah semestinya pendididkan harus mengajarkan  Ideologinya agar dapat memahami sejatinya dan hakikatnya sehingga dapat mengantarkan para generasi yang cinta dan berperilaku sesuai Pancasila.Pancasila adalah Ideologi yang di rumuskan yang di dasarkan atas budaya luhur nenek moyang bangsa yang sangat memiliki budaya yang baik. Dari budaya luhur ini maka di rumuskan menjadi Pancasila yang menjadi ideologi negara agar menjadi dasar berbangsa dan bernegara. Selain itu Ideologi juga harus menjadi etika dan perilaku dalam masyarakat dalam kesehariannya. Hal yang luar biasa dari pancasila adalah mengajarkan bagaimana suatu bangsa menjadi bangsa yang agamis, berprikemanusiaan, bijaksana, berkeadilan dan kokoh dalam gotong royong. Hal ini sangat urgensi untuk di tanamkan kepada anak bangsa Indonesia. Sumber-Sumber Pendidikan Pancasila  di jelaskan berikut ini.

Sumber Historis Pendidikan Pancasila

Sumber-Sumber Pendidikan Pancasila  yang pertama adalah dari sumber historis. Dikutip dari ucapan presiden Soekarno, “Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah”, juga ucapan dari seorang filsuf Yununai (Cicero) yang mengatakan, “Historia Vitae Magistra”, yang artinya “Sejarah memberikan kearifan”, dari keduanya ini menunjukan bahwa sejarah memiliki fungsi penting dalam membangun kehidupan bangsa dimasa depan. Juga dengan mempelajari sejarah, akan banyak hikmah yang dapat dipetik, misalnya belajar dari kesalahan strategi peperangan nenek moyang kita yang kurang tepat dan akhirnya berujung kekalahan, maka dari sini kita dapat belajar cara mengatur strategi yang lebih baik lagi kedepannya.

Pos Terkait:  Mendeskripsikan Esensi Dan Urgensi Pancasila Sebagai Ideologi Negara
Sumber Sosiologis Pendidikan Pancasila

Sebenarnya bangsa Indonesia sudah memiliki asas kultural yang melekat pada bangsa itu sendiri, dan itu berbeda dengan bangsa lain. Dan hal ini dikuatkan oleh kutipan Bung Karno yang mengatakan bahwa nilai- niali Pancasila digali dari bumi pertiwi Indonesia, yakni dari kehidupan sosiologis masyarakat Indonesia.

Sumber Yuridis Pendidikan Pancasila

Pendekatan yuridis (hukum) merupakan salah satu pendekatan utama, karena Pancasila sendiri merupakan landasan dan sumber dalam membentuk negara hukum. Salah satu contoh penegakan hukum yakni dengan menegakan Undang-Undang. Agar hal itu efektif, harus didukung oleh kesadaran hukum warga negara itu sendiri.

Sumber Politik Pendidikan Pancasila

Tujuan dari mengetahui sumber politik pendidikan Pancasila salah satunya agar mampu mendiagnosa tentang upaya umtuk mewujudkan kehidupan politik yang ideal sesuai dengan nilai-nilai Pancasila  sehingga mampu memberikan kontribusi dalam menerapkan politik yang  memiliki etika dan berkeadilan. Tidak seperrti saat ini nilai-nilai ini yang tampaknya sudah jauh dari perilaku politisi bangsa ini. Semoga bermanfaat.

Penulis: Siti Nur Halimah

Youtube IQI Islam