Doa

Do’a Husnul Khotimah Agar di Kebaikan Sampai Akhir Hidupnya

×

Do’a Husnul Khotimah Agar di Kebaikan Sampai Akhir Hidupnya

Share this article
Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya
Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya

Husnul khatimah adalah meninggal dalam keadaan baik atau penutup yang baik. Sebaliknya, meninggal dalam keadaan keburukan dikatakan sebagai ‘Suul Khatimah’. Oleh sebab itu hendaklah kita senantiasa merasa takut akan Suul-khatimah itu. Karena tidak mustahil Allah boleh mengubah kalbu hambaNya. Dia memberi petunjuk kepada siapa yang Dia sukai, dan menyesatkan pula siapa yang Dia sukai. Untuk itu, semua orang tentu menginginkan wafat dalam keadaan husnul khatimah (akhir/penutup yang baik). Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mengajarkan sebuah doa memohon husnul khatimah yang diriwayatkan oleh Imam Ath-Thabrani.

Do’a Husnul Khotimah 

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

رَبَّنَآ اِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُّنَادِيْ لِلْاِيْمَانِ اَنْ اٰمِنُوْا بِرَبِّكُمْ فَاٰمَنَّا ۖرَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوْبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّاٰتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الْاَبْرَارِۚ رَبَّنَا وَاٰتِنَا مَا وَعَدْتَّنَا عَلٰى رُسُلِكَ وَلَا تُخْزِنَا يَوْمَ الْقِيٰمَةِ ۗ اِنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Artinya: “Ya Tuhan sungguh kami telah mendengar seruan yang menyeru kepada iman:”Barimanlah kamu kepada Tuhanmu, makakami pun beriman. Ya Tuhan, ampunilah dosadosakami dan hapuskanlah kesalahan-kesalahan kami, serta matikanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbuat kebajikan. Ya Tuhan,berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami dengan perantaraan rasul-rasul-Mu, dan janganlah Engkau hinakan kami padahari kiamat nanti. Sungguh Engkau sama sekalitidak akan pernah menyalahijanji.” (QS. ÂliImrân: 193-294).

Pos Terkait:  Doa Mohon Curahan Rahmat dan Ampunan

Adapun doa tersebut dianjurkan dibaca setiap selesai sholat fardhu lima waktu atau saat qiyamullail. Semoga Allah memberi kita taufik agar bisa mengamalkannya.

 

Refrensi:

Tuntunan Ibadah & Kumpulan Doa-Doa, Karya Abd. Muqit, Moh. Sholeh.