Doa

Doa Ketika Hujan dan Sesudah Hujan

×

Doa Ketika Hujan dan Sesudah Hujan

Share this article
Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya
Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya

Dalam Islam, hujan adalah anugerah dan berkah dari Allah SWT kepada umat manusia. Berkat hujan, tanah menjadi subur, tanaman akan memperoleh pengairan yang baik, dan manfaat alam lainnya. Karena itu, Islam menganjurkan umatnya melafalkan bacaan doa ketika turun hujan dan setelah hujan tersebut reda.

Doa turun hujan itu terdiri dari 2 permohonan. Pertama, dengan harapan bahwa hujan tersebut membawa berkah bagi alam. Kedua, perlindungan agar hujan tersebut tidak menjadi bencana bagi manusia, misalnya dalam bentuk banjir. Selain itu, curah hujan menjadi deras ketika di musim penghujan membawa akibat tertentu bagi kesehatan. Di masa tersebut, banyak orang menjadi rentan terhadap penyakit, terkhusus flu.

Dilansir Healthline, flu merupakan salah satu penyakit yang paling sering dialami orang-orang pada musim dingin. Ahli kesehatan mengatakan bahwa ini disebabkan oleh virus influenza yang bersirkulasi lebih mudah pada cuaca dingin. Dengan memanjatkan doa turun hujan, umat Islam memohon berkah dari Allah SWT, serta perlindungan agar terhindar dari dampak negatif hujan tersebut

Doa Ketika Turun Hujan

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Artinya: Ya Allah, mohon turunkan hujan yang deras lagi bermanfaat

Doa Setelah Turun Hujan

Pos Terkait:  Doa Istighfar Nabi Adam
مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ

Artinya: Kami dianugerahi hujan karena karunia dan rahmat Allah

Dalil dan Keutamaan Berdoa Ketika Hujan

Yang perlu kalian ketahui, Gramedians, jika hujan turun, maka salah satu hal yang selalu dianjurkan dianjurkan kepada umat Islam adalah berdoa kepada Allah.

Bukan hanya berdoa karena hujan telah turun, tetapi Rasulullah juga berpesan, agar umat manusia juga memanfaatkan hujan sebagai peristiwa penting untuk memanjatkan doa. Mengapa demikian? Karena jika kita berdoa di kala hujan, rentang waktu ini merupakan saat-saat berdoa yang paling mustajab.

Bahkan beliau juga bersabda:

“Berdoalah di waktu mustajab, yaitu ketika perang berkecamuk, iqamah shalat, dan turunnya hujan.”
(Lihat Muhyiddin Abu Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr)

Semoga hal ini dapat menjadi sebuah pembiasaan yang baik bagi umat manusia, lebih baik berdoa, daripada marah-marah. Jika kita mau memulai berdoa dari hal kecil, contohnya ketika hujan kita tetap memanjatkan doa, maka insyaallah akan selalu mendapat berkah dan anugerah di dunia, maupun di akhirat. Salam sehat selalu, jaga tambah imunmu dengan mempertebal imanmu.