Ilmu Tafsir

Turunnya Al-Quran, Ayat Yang Pertama Turun dan Ayat Yang Terakhir Turun

×

Turunnya Al-Quran, Ayat Yang Pertama Turun dan Ayat Yang Terakhir Turun

Share this article
Turunya Al-Quran
Turunya Al-Quran

Turunya Al-Quran

Definisi Al-Quran

Al-Quran di definisikan oleh para ulama’ sebagai

كلام الله المنزل على محمد لإعجاز العدو المتعبد بتلاوته

Artinya:  Al-Quran adalah firman Allah yang di turunkan kepada Nabi Muhammad untuk melemahkan musuhnya yang di anggap ibadah bagi yang membacanya.

Maksud dari li i’jazil ‘aduwi, adalah salah satu tujuan al-Quran di turunkan untuk melemahkan musuh-musuh Nabi Muhammad saw. Hal ini dapat di buktikan dengan tantangan al-Quran kepada orang yang ingkar terhadapa al-Quran untuk membuat satu surah, namun para musuh Nabi Muhammad tidak mampu membuatnya.

Maksud dari al-Muta’abbad bi tila watihi, adalah jika ada seseorang membaca al-Quran maka di anggap ibadah dan mendapatkan pahala. Hal inilah yang membedakan al-Quran dengan tulisan-tulisan lainnya. Jika seseorang membaca tulisan al-Quran maka di anggap ibadah sedangkan membaca tulisan lainnya tidak di anggap ibadah, seperti membaca buku, kitab, koran, karya ilmiah dan tulisan-tulisa lainnya.

Tujuan Turunnya  Al-Quran

Tujuan turunnya Al-Quran untuk menunjukkan makhluk, tidak hanya umat Islam tetapi seluruh umat manusia di muka bumi ini. Hal ini sesuai firman Allah:

 شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

Artinya: Al-Quran di turunkan pada bulan ramadhan untuk menunjukkan manusia dan menjadi penjelasan dan pembeda antara yang hak dan yang bathil.

Waktu Turunnya Al-Quran

Al-Quran di turunkan dalam bulan ramadhan sebagaimana yang dijelaskan dalam al-Quran surat Al Baqara ayat 185 yang berbunyi:

 شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ

Artinya: Al Qur’an diturunkan pada Bulan Ramadhan

Penurunan al-Quran ini tepatnya pada lailatul qodar sebagaimana firman Allah yang berbunyi:

إِنَّا أَنزَلْناهُ فِي لَيلَةِ الْقَدْرِ

Artinya: Sesungguhnya ku menurunkan al-Quran pada lailatul Qodar

Dalam permasalahan  penurunan Al-Quran apakah di turunkan satu kali atau berkali-kali ulama’ berbeda pendapat. berikut ini penjelasannya: Pertama, Al-Qur’an diturunkan sekaligus ke langit dunia (Bait al-‘Izzah) pada malam lailatul qadr, kemudian diturunkan kepada Nabi saw secara berangsur-angsur selama 20 tahun atau 23 tahun. Kedua, Al-Qur’an diturunkan ke Bait al-‘Izzah dalam 20 malam lailatul qadr. Dan di turunkan kepada nabi muhammad  selama 20 tahun secara berangsur-angsur selama masa kenabian Muhammad saw. Ketiga, penurunan pada lailatul qodar hanya permulaan wahyu saja. Sedangkan ayat-ayat yang lain di diturunkan secara berangsur-angsur sesuai waktu-waktu tertentu.

Pos Terkait:  Pengertian Mukjizat Al-Qur’an dan Macam-Macam Mukjizat Al-Qur’an

Dari ketiga pendapat tersebut yang paling kuat adalah yang pendapat yang pertama karena pendapat yang pertamalah yang banyak kecocokan dengan teori-teori al-Quran seperti metode tafsir lughawi, asbabun nuzul dan kesejarahan al-Quran.

Ayat yang pertama kali dan  terakhir turun

Al-Quran pertama kali di turunkan di gua hiro’ pada tahun 13 sebelum hijriyah. Ayat yang pertama kali di turunkan adalah Surat al-‘Alaq ayat  1-5. Sebagaimana firman Allah:

اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ (1)  خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ (2) اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ (3) الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ (4) عَلَّمَ الْإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ (5)

Sedangkan ayat terakhir yang di turunkan, ulama’ berbeda pendapat. Tedapat 4 pendapat dalam masalah ini, yaitu:

Pendapat Pertama, menurut Ibnu Jarir ath-Thabary bahwa ayat yang terahir turun adalah surah al-Maidah 51. sebagaimana firmana Allah

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ وَالْمُنْخَنِقَةُ َالْمَوْقُوذَةُ َالْمُتَرَدِّيَةُ َالنَّطِيحَةُ وَمَا أَكَلَ السَّبُعُ إِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ وَأَنْ تَسْتَقْسِمُوا بِالْأَزْلَام ذَلِكُمْ فِسْقٌ الْيَوْمَ يَئِسَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ دِينِكُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِ الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا فَمَنِ اضْطُرَّ فِي مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِإِثْمٍ فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ 

Pendapat Kedua, ayat yang terakhir turun menurut riwayat an-Nasai, Ibnu Jarar, Ibnu Muradawayh dan Ibnu Aby Hatim adalah QS. al-Baqarah 2: 281. Yang berbunyi:

واتَّقُوا يَوْمًا تُرْجَعُونَ فِيهِ إِلَى اللَّهِ ثُمَّ تُوَفَّى كُلُّ نَفْسٍ مَا كَسَبَتْ وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ

Pendapat Ketiga, Imam Bukhari dari Ibnu ‘Abbas, al-Baihaqi, Ahmad, Ibnu Majjah dan Ibnu Murdawayh, bahwa ayat terakhir adalah ayat riba al-Baqarah, 2: 278 -280

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَذَرُوا مَا بَقِيَ مِنَ الرِّبَا إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَفَإِنْ لَمْ تَفْعَلُوا فَأْذَنُوا بِحَرْبٍ مِنَ اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَإِنْ تُبْتُمْ فَلَكُمْ رُءُوسُ أَمْوَالِكُمْ لَا تَظْلِمُونَ وَلَا تُظْلَمُونَوَإِنْ كَانَ ذُو عُسْرَةٍ فَنَظِرَةٌ إِلَى مَيْسَرَةٍ وَأَنْ تَصَدَّقُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Pendapat Keempat,  menurut Bukhari dan Muslim bahwa ayat terakhir adalah QS al-Baqarah 2: 282.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا تَدَايَنْتُمْ بِدَيْنٍ إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى فَاكْتُبُوهُ  وَلْيَكْتُبْ بَيْنَكُمْ كَاتِبٌ بِالْعَدْلِ  وَلَا يَأْبَ كَاتِبٌ أَنْ يَكْتُبَ كَمَا عَلَّمَهُ اللَّهُ فَلْيَكْتُبْ وَلْيُمْلِلِ الَّذِي عَلَيْهِ الْحَقُّ  وَلْيَتَّقِ اللَّهَ رَبَّهُ وَلَا يَبْخَسْ مِنْهُ شَيْئًا  فَإِنْ كَانَ الَّذِي عَلَيْهِ الْحَقُّ سَفِيهًا أَوْ ضَعِيفًا أَوْ لَا يَسْتَطِيعُ أَنْ يُمِلَّ هُوَ فَلْيُمْلِلْ وَلِيُّهُ بِالْعَدْلِ وَاسْتَشْهِدُوا شَهِيدَيْنِ مِنْ رِجَالِكُمْ

Pos Terkait:  Pengertian Dilalah, Macam-Macamnya: Dilalah Muthabaqah, Tadhamun, Iqtidha, Isyarah, Ima’

Meskipun ulama’ berbeda pendapat tentang ayat yang terakhir turun, namun perbedaan ini tidak ada implikasi yang signifikan terhadap keagamaan bahkan terhadap naskh masukh.

Serta perbedaan ini  juga sama-sama di dasarkan kepada hadis Nabi Muhammad Saw. Dengan demikian maka perbedaan ini adalah perbedaan yang sah dalam pendangan Islam karena sama-sama memiliki landasan hadis shahih.

Urutan-urutan turunnya surah al-Quran

Sedangkan urutan turunnya surah-surah al-Quran atau yang juga di kenal tertibun nuzul, terdapat empat peneliti yang sudah merumuskan hal ini. Berikut ini urutan-urutanya sesuai hasil penelitian tersebut:

Tertibun Nuzul Surah Al-Quran
NO Izzat Darwazah Gustav Weil T. Noldeke Al-Jabiri
1 al-Fatihah al-Alaq al-Alaq al-Alaq
2 al-‘Alaq al-Mudastsir al-Mudassir al-Mudatstsir
3 al-Qalam al-Muthafifin al-Masad al-Masad
4 al-Muzammil Quraisy Quraisy al-Takwir
5 al-Mudassir al-Nasr al-Kausar al-A’la
6 al-Masad al-Najm al-Humazah al-Lail
7 al-Takwir al-Takwir al-Ma’un al-Fajr
8 al-A’la al-Qalam al-Takasur al-Dhuha
9 al-Lail al-A’la al-Fiil al-Syarh
10 al-Fajr al-Lail al-Lail al-Ashr
11 al-Duha al-Fajr al-Balad al-Adiayt
12 al-Syarh al-Duha al-Syarh al-Kautsar
13 al-Ashr as-Syarh al-Dhuha al-Takatsur
14 al-‘Adiyat al-Asr al-Qadr al-Ma’un
15 al-Kautsar al-‘Adiyat al-Thariq al-Kafirun
16 al-Takatsur al-Kausar al-Syams al-Fil
17 al-Ma’un al-Takatsur ‘Abasa al-Falaq
18 al-Kafirun al-Ma’un al-Qalam al-Nas
19 al-Fil al-Kafirun al-A’la al-Ikhlas
20 al-Falaq al-Fil al-Tin al-Fatihah
21 al-Nas al-Falaq al-Ashr al-Rahman
22 al-Ikhlas al-Syarh al-Buruj al-Najm
23 al-Najm al-Ikhlas al-Muzammil ‘Abasa
24 ‘Abasa ‘Abasa al-Qariah al-Syams
25 al-Qadr al-Qadr al-Zalzalah al-Buruj
26 al-Syams as-Syams al-Infithar al-Tin
27 al-Buruj al-Buruj al-Takwir al-Quraisy
28 al-Tin al-Balad al-Najm al-Qariah
29 Quraisy al-Tin al-Insyiqaq al-Zalzalah
30 al-Qariah al-Qari’ah al-Adiyat al-Qiyamah
31 al-Qiyamah al-Qiyamah al-Naziat al-Humazah
32 al-Humazah al-Humazah al-Mursalat al-Mursalat
33 al-Mursalat al-Mursalat al-Naba’ Qaf
34 Qaf at-Thariq al-Ghasyiyah al-Balad
35 al-Balad al-Ma’arij al-Fajr al-Qalam
36 al-Thariq al-Nazi’at al-Qiyamah al-Thariq
37 al-Qamar al-Infithar al-Muthaffifin al-Qamar
38 Shad al-Insyiqaq al-Haqqah Shad
39 al-A’raf al-Waqi’ah al-Dhariyat al-A’raf
40 al-Jin al-Naba’ al-Thur al-Jin
41 Yasin al-Thur al-Waqiah Yasin
42 al-Furqan al-Haqqah al-Ma’arij al-Furqan
43 Fathir al-Zalzalah al-Rahman Fathir
44 Maryam al-Fatihah al-Ikhlas Maryam
45 Thaha al-Dzariyat al-Kafirun Thaha
46 al-Waqi’ah Yasin al-Falaq al-Waqiah
47 al-Syuara Qaf al-Nas al-Syu’ara
48 al-Naml al-Qamar al-Fatihah al-Naml
49 Al-Qashahsh al-Dukhan al-Qamar al-Qashash
50 al-Isra’ Maryam al-Shaffat Yunus
51 Yunus Thaha Nuh Hud
52 Hud al-Anbiya’ al-Insan Yusuf
53 Yusuf al-Mu’minun al-Dukhan al-Hijr
54 al-Hijr al-Furqan Qaf al-An’am
55 al-An’am al-Syu’ara Thaha al-Shaffat
56 al-Shaffat al-Mulk al-Syu’ara’ Luqman
57 Luqman al-Shaffat al-Hijr Saba’
58 Saba’ Sad Maryam al-Zumar
59 al-Zumar al-Zukhruf Shad Ghafir
60 Ghafir Nuh Yasin Fussilat
61 Fushshilat al-Rahman Zukhruf al-Syura
62 al-Syura al-Insan al-Jinn al-Zukhruf
63 al-Zukhruf al-A’raf al-Mulk al-Dukhan
64 al-Dukhan al-Jin al-Mu’minun al-Jatsiyah
65 al-Jatsiyah Fatir al-Anbiya’ al-Ahqaf
66 al-Ahqaf al-Naml al-Furqan Nuh
67 Al-Dzariyat al-Qasas al-Isra’ al-Dzariyat
68 al-Ghasyiyah al-Isra’ al-Naml al-Ghasyiyah
69 al-Kahfi Yunus al-Kahfi al-Insan
70 al-Nahl Hud al-Sajadah al-Kahfi
71 Nuh Yusuf Fushshilat al-Nahl
72 Ibrahim al-An’am al-Jatsiyah Ibrahim
73 al-Anbiya’ Luqman al-Nahl al-Anbiya’
74 al-Mu’minun Saba’ al-Rum al-Mu’minun
75 al-Sajadah al-Zumar Hud al-Sajdah
76 al-Thur Ghafir Ibrahim al-Thur
77 al-Mulk al-Sajadah Yusuf al-Mulk
78 al-Haqqah al-Syura Ghafir al-Haqqah
79 al-Ma’arij al-Jasiyah al-Qashash al-Maa’rij
80 al-Naba’ al-Ahqaf al-Zumar al-Naba’
81 al-Naziat al-Kahfi al-‘Ankabut al-Naziat
82 al-Infithar al-Nahl Luqman al-Infithar
83 al-Insyiqaq Ibrahim al-Syura al-Insyiqaq
84 al-Rum Fushshilat Yunus al-Muzammil
85 al-‘Ankabut al-Rum Saba’ al-Ra’du
86 al-Muthaffifin al-‘Ankabut Fathir al-Isra’
87 al-Ra’d al-Ra’d al-A’raf al-Rum
88 al-Rahman al-Taghabun al-Ahqaf al-Ankabut
89 al-Insan al-Baqarah al-An’am al-Muthaffifin
90 al-Zalzalah al-Bayyinah al-Ra’du al-Hajj
91 al-Baqarah al-Jumu’ah al-Baqarah al-Baqarah
92 al-Anfal al-Talaq al-Bayyinah al-Qadr
93 Ali Imran al-Hajj al-Taghabun al-Anfal
94 al-Ahzab al-Nisa’ al-Jumu’ah Ali Imran
95 al-Mumtahanah al-Anfal al-Anfal al-Ahzab
96 al-Nisa Muhammad Muh{ammad al-Mumtahanah
97 al-Hadid al-Hadid Ali ‘Imran al-Nisa
98 Muhammad Ali Imran al-Shaff al-Hadid
99 al-Thalaq al-Hasyr al-Nisa’ Muhammad
100 al-Bayyinah al-Nur al-Thalaq al-Thalaq
101 al-Hasyr al-Munafiqun al-Hasyr al-Bayyinah
102 al-Nur al-Ahzab al-Ahzab al-Hasyr
103 al-Hajj al-Fath al-Munafiqun al-Nur
104 al-Munafiqun al-Nasr al-Nur al-Munafiqun
105 al-Mujadalah al-Shaf al-Mujadalah al-Mujadalah
106 al-Hujurat al-Mumtahanah Al-Hajj al-Hujurat
107 al-Tahrim al-Mujadilah al-Fath al-Tahrim
108 al-Taghabun al-Hujurat al-Tahrim al-Taghabun
109 al-Shaff al-Tahrim al-Mumtahanah al-Shaff
110 al-Jumu’ah al-Taubah al-Nashr al-Jumuah
111 al-Fath al-Maidah al-Hujurat al-Fath
112 al-Maidah al-Taubah al-Maidah
113 al-Taubah al-Maidah al-Taubah
114 al-Nashr al-Hadid al-Nashr
Pos Terkait:  Metode Tafsir Tematik Kontekstual

Demikianlah penjelasan turunnya al-Quran semoga ada manfaatnya.

Penulis: Abd. Muqit