Menu

Mode Gelap

Doa

Doa Mohon Jodoh dan Keturunan yang Baik


 Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya Perbesar

Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya

Advertisements

Bila hingga saat ini belum memiliki belahan jiwa, mungkin sudah saatnya doa mohon jodoh dan keturunan yang baik untuk lebih sering dipanjatkan di sepertiga malam atau di waktu-wakti diijabah doa lainnya. Sebab, sejatinya Allah SWT telah menjanjikan pasangan bagi seluruh makhluk-Nya.

Dalam Alquran Allah SWT berfirman: “Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah,” (QS Adz-Dzariyaat: 49). Menemukan pasangan yang sesuai dengan keinginan tentu akan menjadi kebahagiaan yang luar biasa.

Namun, seperti apa pun jodoh yang datang, itu adalah pilihan terbaik dari Allah SWT. Sebab, Allah SWT akan memberikan yang dibutuhkan, bukan hanya yang diinginkan.

Doa Mohon Jodoh dan Keturunan yang Baik

Advertisements

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْوٰرِثِيْنَ  

Artinya :   “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan), sedang Engkau adalah sebaik-baik waris (Al Ambiya’.494)

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۚ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاۤ

Advertisements

Artinya :   “Wahai Tuhanku, karuniakanlah kepadaku keturunan yang baik dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa.” (Ali ‘Imran/3:38)

Amalan untuk Mempercepat Datangnya Jodoh

Selain dengan memanjatkan doa meminta jodoh, beberapa amalan berikut ini bisa dilakukan agar pasangan segera datang dengan izin Allah SWT.

Sebab, doa tanpa usaha akan sia-sia, dan usaha tanpa doa akan menjadi hal yang mustahil.

Saat memanjatkan doa minta jodoh yang baik, seseorang memohon kepada Allah SWT agar dipermudah dalam menemukan pasangan.

Advertisements

Selain itu, ikhtiar tetap dilakukan sebagai wujud berserah diri kepada Allah SWT, bahwa jodoh yang diberikan-Nya adalah yang terbaik. Amalan-amalan tersebut yakni:

  • Mengerjakan salat tahajud. Ini adalah salah satu shalat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Selain mendapatkan pahala yang luar biasa, dapat melanjutkan dengan membaca doa minta jodoh karena termasuk dalam salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa.
  • Mengerjakan salat hajat. Salat ini merupakan shalat sunah yang dilakukan saat memiliki keinginan yang ingin segera tercapai. Ini adalah salah satu cara untuk mempermudah doa agar diijabah oleh Allah SWT.
  • Menjaga wudu. Selain dapat terbebas dari hadas kecil, hal ini juga dapat seseorang menjaga diri dari melakukan hal-hal yang berpotensi negatif dan menjurus kepada dosa. Selain itu, sering berwudhu akan membuat wajah terlihat selalu segar, berseri dan tidak kusam.
  • Memelihara salat wajib. Karena merupakan ibadah yang paling utama, apalagi jika selalu dilakukan secara berjamaah, maka akan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan begitu, akan ada kemudahan yang diberikan oleh Allah SWT pada makhluk yang sering beribadah pada-Nya.
  • Menjaga silaturahmi. Dengan sering bersilaturahmi, karena selain akan memanjangkan kasih sayang kepada sesama, bisa saja jodoh yang baik akan dipertemukan melalui sillaturahmi tersebut.
  • Berserah diri dan tawakal. Setelah mengerjakan amalan-amalan tersebut, serahkan kembali semua keputusan kepada Allah SWT. Karena semua yang terbaik menurut seseorang belum tentu baik menurut Allah SWT.

Demikianlah doa mohon jodoh dan keturunan yang baik bagi yang belum mendapatkan pasangan dan juga orang tua yang menunggu khadiran buah hati. Lakukanlah pula amalan-amalan yang dapat mempercepat datangnya jodoh.

Refrensi:

Tuntunan Ibadah & Kumpulan Doa-Doa, Karya Abd. Muqit, Moh. Sholeh.

Advertisements
Komentar
Advertisements

Artikel ini telah dibaca 17 kali

Baca Lainnya

Bacaan Doa Iftitah, Artinya dan Keutamaannya

14 Juni 2022 - 19:11

doa iftitah

Doa Agar Terhindar dari orang-orang Zhalim

5 Mei 2022 - 03:44

Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya

Doa Agar Diberi Bangunan Indah di Surga

5 Mei 2022 - 03:41

Doa Agar Diberi Hikmah

Doa Agar Diberi Hikmah

5 Mei 2022 - 03:38

Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya

Agar Diberi Kedudukan yang Mulia

5 Mei 2022 - 03:32

Agar Diberi Kedudukan yang Mulia

Doa Mohon Rizqi

5 Mei 2022 - 03:30

Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya
Trending di Doa