Doa

Doa Pergi ke Masjid

×

Doa Pergi ke Masjid

Share this article
Doa Agar Diberi Hikmah
Doa Agar Diberi Hikmah

Masjid adalah rumah ibadah yang sangat mulia bagi umat Islam, untuk itu ketika akan berangkat ke tempat tersebut dianjurkan membaca doa pergi ke masjid. Ada beberapa doa yang bisa kita amalkan ketika pergi tempat ibadah tersebut.

Doa Pergi ke Masjid

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِى قَلْبِى نُورًا . وَفِى بَصَرِى نُورًا . وَفِى سَمْعِى نُورًا . وَعَنْ يَمِينِى نُورًا . وَعَنْ يَسَارِى نُورًا . وَفَوْقِى نُورًا . وَتَحْتِى نُورًا . وَأَمَامِى نُورًا . وَخَلْفِى نُورًا . وَاجْعَلْ لِى نُورًا

Artinya: Ya Allah, jadikanlah di dalam hatiku cahaya. Dalam penglihatanku cahaya. Pada pendengaranku cahaya. Sebelah kananku cahaya. Sebelah kiriku cahaya. Atasku cahaya. Bawahku cahaya. Depanku cahaya. Belakangku cahaya. Dan berikanlah cahaya kepadaku.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِحَقِّ السَّائِلِينَ عَلَيْكَ ، وَأَسْأَلُكَ بِحَقِّ مَمْشَايَ هَذَا ، فَإِنِّي لَمْ أَخْرُجْ أَشَرًا ، وَلاَ بَطَرًا ، وَلاَ رِيَاءً ، وَلاَ سُمْعَةً ، وَخَرَجْتُ اتِّقَاءَ سُخْطِكَ ، وَابْتِغَاءَ مَرْضَاتِكَ ، فَأَسْأَلُكَ أَنْ تُعِيذَنِي مِنَ النَّارِ ، وَأَنْ تَغْفِرَ لِي ذُنُوبِي ، إِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma innii asaluka bihaqqis saailiina ‘alaika, wa as aluka bihaqqi mamsyaya hadza, fa innii lam akhruj asyaran, wa laa batharan, wa laa riyaa’an, wa laa sum’atan, wa kharajtu ittiqaa’a sukhthika, wa ibtighaa’a mardhaatika, fa as’aluka an tu’iidzani minan naar, wa an taghfira lii dzunuubii, innahuu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya aku meminta kepada-Mu dengan hak orang-orang yang meminta, dengan hak orang yang berjalan ini, maka sesungguhnya aku tidak keluar (ke Masjid) dalam keadaan angkuh, sombong, riya’, ingin didengar baik. Aku keluar karena rasa takutku kepada murka-Mu dan untuk mencari ridha-Mu. Oleh sebab itu aku meminta kepada-Mu agar Engkau mau melindungiku dari api neraka, dan engkau mengampuni dosa-dosaku, sesungguhnya tidak ada yang maha mengampuni selain Engkau.” (HR. Ahmad dan Ibn Majah)

Dalam riwayat di atas disebutkan barangsiapa yang membacanya ketika hendak keluar atau di jalan ketika pergi ke Masjid, maka Allah akan meridhainya dan seribu malaikat akan memintakan ampun untuknya.

Pos Terkait:  Doa Selamat Dari Neraka Serta di Ampuni Dari Dosa

Bagaimana mempraktikkan doa ini? Praktik terbaiknya, ketika keluar rumah, membaca doa keluar rumah. Lalu, membaca doa pergi ke masjid. Begitu memasuki masjid, membaca doa masuk masjid.

Semoga Allah memudahkan kita untuk mengamalkan rangkaian doa ini. Menjadikan hidup kita penuh dengan dzikir dan doa kepada-Nya. Untuk doa-doa lainnya, silakan baca di Kumpulan Doa. Wallahu a’lam bish shawab.

Baca juga: Doa Ketika Menggunakan Pakaian