Doa Terhindar dari Godaan Syaiton
Doa Terhindar dari Godaan Syaiton

Doa Sholat Dhuha

Posted on

Sholat dhuha adalah ibadah sholat sunnah yang dilaksanakan pada waktu dhuha atau di pagi hari saat matahari sedang naik, dan waktunya baru berakhir ketika mendekati waktu sholat dzuhur. Kamu bisa melaksanakannya diantara pukul 7 sampai menjelang siang. Biar ibadahnya khusyuk, sebelum mulai yuk cari tahu dulu bacaan doa sholat dhuha, niat, tata cara, dan keutamaannya di bawah ini!

Sama seperti sholat wajib, ibadah sholat dhuha juga diawali dengan membaca niat. Tentu saja, niat sholat dhuha dengan sholat wajib sedikit berbeda, namun perbedaannya tidak terlalu jauh dan bacaan niatnya tidak panjang sehingga kamu pasti dapat menghafalnya dengan mudah. Buat kamu yang ingin mulai menjalankan ibadah sholat dhuha, berikut bacaan niat yang harus kamu lafalkan:

أصلي سنة الضحى ركعتين لله تعالى الله أكبر

Ushallii sunnatadh dhuhaa rak’ataini lillaahi ta’aalaa. Allaahu akbar.

Artinya:

“Aku niat mengerjakan sholat sunah Dhuha dua rakaat karena Allah Ta’ala. Allah Mahabesar.”

Doa Sholat Dhuha

سْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya: “Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, dan kekuasaan adalah kekuasaan-Mu serta penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, jika rizqiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah. Jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu Dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh.”

Pada dasarnya, sholat dhuha hampir sama seperti sholat lima waktu yang biasa kita kerjakan setiap hari, baik itu dari gerakannya maupun bacaannya. Selain bacaan niat, yang membuat sholat dhuha berbeda adalah jumlah raka’at yang harus dikerjakan. Jika sholat lima waktu sudah ditentukan jumlah raka’at-nya dan tidak bisa diubah lagi, raka’at sholat dhuha justru bisa kita tentukan sendiri sesuai dengan kemampuan kita.

Pos Terkait:  Doa ketika Memasuki Kamar Mandi

Untuk raka’at sholat dhuha sendiri, dikerjakan minimal 2 raka’at, tetapi jika kamu mampu, kamu bisa melakukannya hingga 12 raka’at dengan ketentuan melakukan salam setiap selesai 2 raka’at.

Tata Cara Sholat Dhuha 4 Rakaat

Bagaimana tata cara dan bacaan doa sholat dhuha 4 rakaat? Tata cara mengerjakan sholat dhuha 4 rakaat sebenarnya sama dengan yang 2 rakaat. Sholat dhuha dikerjakan dua rakaat salam, setelah itu dua rakaat salam. Begitu juga dengan sholat dhuha 8 rakaat dan seterusnya.

Bacaan Doa Sholat Dhuha

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

Allahumma innad-dhuhaa’a dhuhaa’uka wal bahaa’a bahaa’uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal ‘ismata ‘ismatuka.

 

اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa’i fa anzilhu, wa in kaana fil ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu’assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba’iidan fa qarribhu bi haqqi dhuhaa’ika wa bahaa’ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa ataita ‘ibaadakash-shalihiin.

Artinya:

Pos Terkait:  Doa Mensyukuri Nikmat

Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu.

Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah.

Apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh.

Demikian adalah ulasan tentang doa Sholat Dhuha , semoga dapat memberikan wawasan pengetahuan agama baru dan bermanfaat.

Baca juga:Doa Meminta Rizqi yang Halal