Doa

Doa Terhindar dari Godaan Syaiton

×

Doa Terhindar dari Godaan Syaiton

Share this article
Doa Terhindar dari Godaan Syaiton
Doa Terhindar dari Godaan Syaiton

Allah SWT menciptakan jin dan setan untuk menggoda manusia serta mengajak pada kesesatan. Untuk menghindari godaan jin dan setan, ada bacaan doa dari ayat-ayat Al-Qur’an yang bisa dibaca untuk melindungi diri.
Jin termasuk makhluk tak kasat mata namun bukan berarti mereka tak ada. Keberadaan jin telah dijelaskan dalam firman Allah SWT, bahkan tugasnya pun dijabarkan secara gamblang dalam Al-Qur’an. Oleh karena itu, manusia perlu mendaraskan doa terhindar dari godaan syaiton.

Sejatinya setan adalah musuh yang nyata bagi manusia. Misinya adalah menggoda manusia hingga hari akhir sehingga berpaling dari menyembah Allah SWT. Menggelincirkan manusia dari kebaikan pada keburukan. Karenanya Rasulullah SAW pun terus berdoa kepada Allah agar tidak tergoda bisikan setan. Doa Rasulullah ini dapat ditemukan pada Alquran surat Al Mu’minun.

Doa Terhindar dari Godaan Syaiton

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

رَّبِّ اَعُوْذُ بِكَ مِنْ هَمَزٰتِ الشَّيٰطِيْنِ

Artinya :   “Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari bisikan-bisikan setan  (Al-Mu’minun/23:97)

Barang siapa yang membaca surat Al Baqarah, maka setan tidak akan memasuki rumah. Rasulullah SAW menyatakan dalam sabdanya:

“Janganlah jadikan rumah-rumah kalian seperti kuburan, sesungguhnya rumah yang dibacakan surat al-Baqarah tidak akan dimasuki setan.” (HR. Qurthubi).

Pos Terkait:  Doa Kelapangan Hati

Dalam hadis yang lain, Rasulullah SAW juga bersabda:

“Barang siapa yang membaca surat al-Baqarah di rumahnya pada malam hari, maka setan tidak akan memasuki rumah itu selama tiga malam.” (HR. Muslim)

Itulah doa yang diajarkan para ulama agar dijauhkan dari berbagai gangguan, seperti gangguan setan. Semoga doa yang telah dipanjatkan dikabulkan Allah SWT sehingga dihindarkan dari segala gangguan saat di rumah.

Refrensi:

Tuntunan Ibadah & Kumpulan Doa-Doa, Karya Abd. Muqit, Moh. Sholeh.