Doa

Doa Istighfar Nabi Adam

×

Doa Istighfar Nabi Adam

Share this article
Doa Agar Diberi Hikmah
Doa Agar Diberi Hikmah

Nabi Adam adalah manusia dan nabi pertama yang diciptakan oleh Allah SWT termasuk dalam 25 nabi yang harus diimani umat Islam. Oleh karena itu, apa yang dibawanya, apa yang dilakukannya dan apa yang dihindarinya bisa menjadi pelajaran tersendiri. Termasuk doa istighfar Nabi Adam dipanjatkan.

Doa Nabi Adam

Nabi Adam pernah melakukan kesalahan bersama Hawa dengan melanggar larangan Allah SWT untuk memakan buah khuldi ketika tengah berada di surga. Maka dari itu, Nabi Adam membaca doa untuk memohon ampunan kepada Allah SWT atas perbuatan tersebut. Ada beberapa doa Nabi Adam AS yang dipanjatkan ketika memohon ampunan kepada Allah SWT.

Nabi Adam sendiri merupakan manusia dan nabi pertama yang diciptakan oleh Allah SWT. Nabi Adam menjadi nabi yang diberkahi karena kepatuhannya kepada Allah SWT. Oleh sebab itu, kita sebagai umat muslim juga harus meneladani sikap dan perilakunya terutama perilaku taat kepada Allah SWT. Dengan begitu, amalan seorang muslim bisa terus mengalami peningkatan.

Setelah mengetahui sedikit hal tentang Nabi Adam, maka pembahasan selanjutnya adalah doa-doa nabi Adam yang bisa juga kamu ketahui. Setiap doa itu bisa kamu amalkan, sehingga bisa menambah pahala dari seorang muslim. Lalu, apa saja doa Nabi Adam?

Pos Terkait:  Doa Agar Diberi Bangunan Indah di Surga

Doa Istighfar Nabi Adam

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

رَبَّنَا ظَلَمْنَآ اَنْفُسَنَا وَاِنْ لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ

Artinya :  “Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan tidak merahmati kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.” (QS. Al-A’râf 23).

Doa Nabi Adam AS untuk meminta pengampunan dari Allah SWT tersebut juga dikenal dengan sebutan Doa Istighfar Nabi Adam. Para mukmin dapat mengamalkan doa tersebut saat ingin meminta pengampunan atas segala dosa yang pernah dilakukan. Dengan membaca doa ini diharapkan seseorang bisa istiqomah dalam memohon ampunan.

Demikian penjelasan terkait bacaan istighfar Nabi Adam. Semoga bermanfaat.

Refrensi:

Tuntunan Ibadah & Kumpulan Doa-Doa, Karya Abd. Muqit, Moh. Sholeh.