Pancasila

Cara dan Fungsi Video Perkuliahan

×

Cara dan Fungsi Video Perkuliahan

Share this article
Cara dan Fungsi Video Perkuliahan
Cara dan Fungsi Video Perkuliahan

Iqiedia.com – Video erkuliahan dibuat untuk memberi materi perkuliahan bagi mahasiswa, hal ini bagian dari strategi perkuliahan yang efektif. Strategi pengajaran perkuliahan yang tepat adalah salah satu kunci sukses keberhasilan mencetak mahasiswa yang unggul dan memiliki skill tinggi, oleh karenanya di perlukan sterategi dalam mengajar perkuliahan yang baik yang di dukung oleh berbagai sarana media perkuliahan seperti withbore, proyektor, makalah dan lain semacamnya. Selain itu dosen juga perlu melakukan inovatif dan kreatif untuk membuat perkuliahan yang lebih efektif dan produktif, seperti memanfaatkan media perkuliahan e-learning, Google class room, youtube dan blog/website.

Namun media-media tersebut tidak perlu di gunakan semuanya, cukup menggunakan media seperluya yang relevan dengan perkuliahan. Dalam Chanel Youtube Kemendibud, Nadim Makarim menyarankan para dosen untuk tidak banyak menyampaikan materi di dalam kelas. Materi kuliah cukup dibuatkan video di rumahnya dan di share kepada mahasiswanya sebelum perkuliahan agar di pelajari terlebih dahulu. Sedangkan di dalam kelas dosen dan mahasiswa cukup memperbanyak diskusi dan dialog untuk memperdalam materi. Berkut ini IQI Pedia.com merangkum cara membuat video dan fungsi video dalam sebagai penunjang perkuliahan yang lebih efektif dan di sukai mahasiswa.

Fungsi dan Manfaat Video

Video untuk kuliah adalah video yang membahas tentang materi  kuliah. Video ini dapat di buat sendiri oleh dosennya, tetapi videonya baik dan menarik. Jika dosennya tidak bisa membuat video,  bisa juga menggunakan video orang lain yang sedang membahas tema yang sama. Membuat video pengajaran kuliah sangat baik dan efektif untuk menunjang perkuliahan yang efektif dan sangat memudahkan mahasiswa dalam memahami dan mengusai materi kuliah. Karena dengan adanya video untuk perkuliahan mahasiswa dapat mengulang dan menonton kembali video tersebut jika belum memahami dan menguasai materi perkuliahan. Video materi perkuliahan seperti ini lebih efektif dari pada media pembelajaran yang lain, seperti ppt, artikel dan lain semacamnya.

Pos Terkait:  Membangun Argumen Tentang Dinamika Dan Tantangan Pancasila Sebagai Sistem Etika

Cara Membuat Video Perkuliahan

Pada era digital ini,  membuat video materi perkuliahan sangat mudah dan praktis, tinggal kemauan dan  kesungguhan para dosen untuk memberi yang terbaik kepada mahasiswanya.  Sekarang ini sudah banyak aplikasi yang sangat mudah untuk editing video materi perkuliahan dan tuotorialnya pun juga sudah sangat banyak di chanel-chanel youtube dan websete.

Untuk editing video sederhana cukup menggunakan smartphone dengan menggunakan aplikasi editing di play store misalnya Kinemaster, FilmoraGo, VideoShow dan masih banya lainnya. Sedangkan kalau ingin yang lebih baik maka bapak dan ibu dosen dapat menggunakan edting dekstop. Tetapi untuk  editing video pc/laptop ini lebih sulit, Untuk editing pc/laptop seprti  ini lebih cocok di gunakan para mas dosen yang muda yang masih betah lama di depan komputer.

Sedangkan untuk cameranya para bapak-bapak dan ibu-ibu dosen dapat menggunakan camera smartphone-nya, jika smartphonenya sudah baik sudah cukup untuk membuat video-video sederhana di bantu dengan aplikasi editing, maka hasilnya pun juga akan baik dan cukup untuk perkuliahan. Jika hasilnya lebih lagi baik maka dapat memanfaatkan camera, maka hasilnyapun lebih maksimal dan memuaskan.

Demikian penjelasan kuliah dengan media video sesuai saran Mas Menteri Nadiem Makrim, Terimakasih.

Pos Terkait:  Membangun Argumen tentang Dinamika dan Tantangan Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia

Baca juga: Ikhlas : Pengertian, Dalil, Tingkatan, Ciri -Ciri dan Tips – Tips Ikhlas

Penulis: Abd. Muqit