Doa

Doa Lailatul Qadar

×

Doa Lailatul Qadar

Share this article
Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya
Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya

IQI Pedia.com – Malam Lailatul Qadar adalah salah satu keistimewaan bulan Ramadan yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Setiap muslim pasti ingin mendapatkan keberkahan malam Lailatul Qadar, karena di malam ini kita melakukan amalan sebanyak mungkin dan nilainya lebih baik dari mengerjakan amalan baik selama seribu bulan.

Meski demikian, jatuhnya malam Lailatul Qadar tidak diketahui secara pasti. Namun, ini tentu tidak menyurutkan keinginan banyak umat untuk memburunya, lantaran banyak sekali manfaat dan keutamaan yang diberikan oleh Allah SWT pada malam istimewa ini.

Dalam praktiknya, terdapat bacaan doa Lailatul Qadar sesuai sunnah yang dianjurkan untuk dilafalkan. Doa Lailatul Qadar sesuai sunnah berisi permohonan ampun kepada Allah SWT, sesuai anjuran Rasulullah SAW. Berikut lafal bacaan doa Lailatul Qadar sesuai sunnah tersebut, yang patut untuk dilafalkan.

Doa Lailatul Qadar

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَللَّهُمَّ اِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Artinya: “Ya Allah Engkau adalah Maha pemaaf Lagi Maha.”

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yang artinya:

“Barang siapa yang menghidupkan Lailatul Qadar dengan penuh iman dan muhasabah, dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Ahmad/Tabrani)

Pos Terkait:  Doa Terhindar dari Godaan Syaiton

Arif M. Riswanto dalam Mukjizat Lailatul Qadar menafsirkan hadis di atas sebagai anjuran menjalankan salat. Tafsirannya diperkuat oleh Said ibn Al-Mussayab yang berkata, “Barang siapa yang shalat isya pada Lailatul Qadar, berarti dia telah mendapatkan bagiannya.”

Para ulama Mazhab Syafi’i pun menganjurkan memperbanyak amalan lain seperti membaca Al Quran dan berzikir pada waktu dan tempat yang dimuliakan.

Dalam Kitab Induk Doa dan Zikir Terjemah Kitab al-Adzkar Imam an-Nawawi tertulis, “Disunnahkan ketika menjumpai lailatul qadar untuk memperbanyak berdoa dengan doa di atas, dan disunnahkan memperbanyak membaca Al-Qur’an, zikir-zikir, dan doa-doa yang disunnahkan dalam syar’i.”

Melalui pengamalan doa lailatul qadar dan berbagai ibadah lainnya, semoga malam-malam terakhir kita di bulan Ramadan ini membawa keberkahan. Aamiin.