Doa

Doa Memohon Kesehatan Lahir Dan Batin

×

Doa Memohon Kesehatan Lahir Dan Batin

Share this article
Agar Diberi Kedudukan yang Mulia
Agar Diberi Kedudukan yang Mulia

IQIPEDIA.COM – DOA. Pengertian doa dalam Islam adalah sikap berserah diri kepada Allah SWT. Pengertian doa ini dituturkan Imam Hafizh Ibnu Hajar dari Imam At-Thaibi dalam kitab Fathul Bari, memperlihatkan sikap berserah diri dan merasa membutuhkan Allah SWT, karena tidak dianjurkan ibadah melainkan untuk berserah diri dan tunduk kepada Pencipta serta merasa butuh kepada Allah SWT.

Pengertian doa dalam Islam merupakan ibadah kepada Allah SWT. Allah SWT pun menegaskan bagi orang-orang yang tidak mau berdoa kepada-Nya, itulah gambaran kesombongan sesungguhnya sebagaimana dalam Al-Quran surah Ghafir ayat 60 ini.

Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

Akan tetapi, berdoa tidaklah dikuhususkan bagi orang-orang yang terkena musibah saja, melainkan bagi orang orang yang dalam keadaan sehat juga harus senantiasa memohon perlindungan dari Allah SWT, Yang salah satunya adalah doa untuk kesehatan lahir dan batin, Berikut adalah doa memohon kesehatan lahir dan batin.

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى . اَللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سمْعِى. اَللَّهُمَّ عَافِ نى فِى بَصَرِى. اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْكُفْرِ وَالْفَقْرِ اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُبِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِلاَاِلَه اِلا اَنْتَ

Artinya: “Ya Allah, berilah kesehatan pada badanku. Ya Allah, berilah kesehatan pada pendengaranku. Ya Allah, berilah kesehatan pada penglihatanku. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kekufuran dan kefakiran. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur. Tidak ada Tuhan yang pantas disembah kecuali Engkau.”

Mudah-mudahan dengan senantiasa berdoa kepada Allah, Hidup kita semua senantiasa dalam keadaan yang sebaik-baiknya.

Pos Terkait:  Doa Tawakkal Kepada Allah

Sebenarnya, kita tidak sadar akan besarnya nikmat sehat lantaran menganggap remeh sesuatu yang sifatnya biasa. Karena, sepanjang hidup mungkin kita hanya beberapa kali merasakan sakit, sehingga tak begitu menganggap kesehatan hal penting. Dampaknya, kita jadi jarang bersyukur. Padahal, nikmat sehat itu adalah pemberian Allah.

Mulai saat ini, jangan lagi menganggap kesehatan itu hal sepele. Jaga nikmat tersebut melalui olahraga, makan makanan bergizi, istirahat cukup serta bersyukur dengan membaca doa ini.

Itulah doa agar diberikan sehat lahir dan batin yang sebaiknya Anda amalkan setiap hari.

Baca Juga : Doa Lailatul Qadar