Pancasila

Esennsi Urgensi Pendidikan Pancasila dalam Masa Depan

×

Esennsi Urgensi Pendidikan Pancasila dalam Masa Depan

Share this article
nilai-nilai dan fungsi pansila
nilai-nilai dan fungsi pansila

 

Penulis : Elfin Nida Nur Avia

PANCASILA– Pendekatan pembelajaran yang di rekomendasikan dalam mata kuliah pendidikan pancasila adalah pendekatan pembelajaran yang berpusat kepada mahasiswa, untuk memahami dan menghayati nilai-nilai pancasila baik sebagai etika, filsafat Negara, maupun ideologi bangsa secara scientific. Dengan harapan, nilai-nilai pancasila akan keyakinanya sehingga menjadi guiding principles atau kaidah penuntun bagi mahasiswa dalam mengembangkan jiwa profesionalismenya sesuai dengan study masing-masing. Implikasi dari pendidikan pancasila tersebut adalah agar mahasiswa dapat menjadi insan professional yang berjiwa pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Selain itu, urgensi pendidikan pancasila adalah untuk membentengi dan menjawab tantangan perubahan-perubahan di masa yang akan datang.

Harapan tersebut memang tidak mudah untuk di wujudkan. Akan tetapi, pendidikan di anggap merupakan alternative terbaik dalam melakukan rekayasa social secara damai. Pendidikan adalah alternative yang bersifat preventif untuk mebangun generasi baru bangsa yang lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Pendidikan pancasila di perguruan tinggi, penekananya dengan memberikan kontribusi dalam pendalaman penghayatan dan penerangan nilai pancasila kepada generasi baru bangsa.

Contoh urgensi pendidikan pancasila bagi suatu progam study, misalnya berkaitan dengan tugas menyusun peraturan perundang-undangan. Orang yang bertugas untuk melaksanakan hal tersebut, harus mempunyahi pengetahuan, pengertian, pemahaman, penghargaan, komitmen, penghayatan dan pola pengamalan yang lebih baik dari pada warga Negara lain karena merekalah yang akan menentukan meresap atau tidaknya nilai-nilai pancasila ke dalam peraturan perundang-undangan yang di susun.

Pos Terkait:  Menanya Alasan Diperlukannya Kajian Pancasila sebagai Sistem Filsafat

terimakasih Telah membaca, Semoga Bermanfaat.

Baca Juga : Membangun Argumen tentang Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Sistem Filsafat