Pancasila

Pancasila sebagai Dasar nilai Pengembangan Ilmu

×

Pancasila sebagai Dasar nilai Pengembangan Ilmu

Share this article
Sumber-Sumber Pendidikan Pancasila
Sumber-Sumber Pendidikan Pancasila

 

Penulis : Fanisa Dwi Septiani

PANCASILA- Konsep pancasila sebagai dasar Negara nilai pengembangan Ilmu.

Pengertian pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu dapat mengacu

Pada beberapa jenis pemahaman. Pertama bahwa setiap ilmu pengetahuan dan tehnologi yang dikembangkan di Indonesia haruslah tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Kedua bahwa setiap iptek yang dikembangkan di Indonesia harus menyertakan nilai-nilai pancasila sebagai factor internal pengembangan iptek itu sendiri. Ketiga bahwa nilai-nilai paancasila berperan sebagai rambu normative bagi iptek di Indonesia. Artinya mampu mengendalikan iptek agar tidak keluar dari cara berpikir dan cara bertindak. Keempat bahwa setiap pengembangan iptek harus berakar dari budaya dan ideology bangsa Indonesia sendiri atau yang lebih dikenal dengan istilah indegenesasi ilmu ( mempribumikan ilmu )

Keempat pengertian sebagai dasar pengembangan ilmu sebagaimana dikemukakan diatas mengandung konsekuensi yang berbeda beda. Pengertian  pertama bahwa iptek tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila mengandung ansumsi bahwa iptek itu sendiri berkembang secara otonom.

Pengertian kedua bahwa setiap iptek yang dikembangkan diindonesia harus menyertakan nilai-nilai pancasila sebagai factor internal mengandaikan bahwa sejak awal pengembangan iptek sudah harus melibatkan nilai – nilai pancasila.

Pos Terkait:  Menggali Sumber Historis, Sosiologis, Politis tantang Pancasila sebagai Ideologi Negara

Pengertian ketiga bahwa nilai-nilai pancasila berperan sebagai rambu normative bagi pengembangan iptek mengamsusikan bahwa ada aturan main yang harus disepakati oleh para ilmuwan.

Pengertain keempat yang menepatkan bahwa setiap pengembangan iptek harus berakar dari budaya dan ideologi bangsa indonsia sendiri sebagai proses indenegasi ilmu mengandaikan bahwa pancasila bukan hanya sebagai dasar Negara nilai pengembangan ilmu.

Urgensi Pancasila sebagai nilai pengembangan ilmu.

Pentingnya pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu dapat ditelusuri Ke dalam hal-hal sebagai berikut :

Pertama, pluritas nilai yang berkembang dalam kehidupan bangsa Indonesia bahwa seiring dengan kemajuan iptek menimbulkan perubahan dalam cara pandang manusia tentang kehidupan. Hal ini membutuhkan renungan dan refleksi yang mendalam agar Indonesia tidak terjerumus ke dalam penentuan nilai yang tidak sesuai kepribadian bangsa .

Kedua, dampak negative yang ditimbulkan kemajuan iptek terhadap lingkungan hidup berada dalam titik nadir yang membahayakan eksistensasi hidup manusia dimasa yang akan datang.

Ketiga, perkembangan iptek yang didominasi Negara Negara barat dengan politik global ikut mengancam nilai khas dalam kehidupan bangsa Indonesia. Oleh karena itu diperlukan orientasi yang jelas untuk menyaring dan menangkai pengaruh nilai- nilai global yang tidak sesuai dengan nilai – nilai kepribadian bangsa Indonesia.

Pos Terkait:  Sumber-Sumber Pendidikan Pancasila dari Historis hingga Sosiologis

Terimakasih Telah Membaca, semoga Bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian Dan Pentingnya Pancasila Sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu.