Inilah Rukun-rukun dalam Shalat

Posted on

Pengenalan

Shalat merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Muslim. Ibadah ini memiliki aturan-aturan yang harus dipatuhi, termasuk rukun-rukun dalam shalat. Rukun-rukun ini merupakan bagian tak terpisahkan dari pelaksanaan shalat yang sah. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail mengenai rukun-rukun dalam shalat beserta penjelasannya.

Rukun-rukun dalam Shalat

1. Niat: Rukun pertama dalam shalat adalah niat. Niat haruslah ikhlas dan hanya ditujukan untuk beribadah kepada Allah SWT.

2. Takbiratul Ihram: Takbiratul Ihram merupakan rukun kedua dalam shalat. Rukun ini dilakukan dengan mengangkat tangan sejajar telinga dan mengucapkan takbir “Allahu Akbar”.

3. Berdiri: Rukun ketiga adalah berdiri secara tegak ketika melaksanakan shalat, kecuali bagi mereka yang tidak mampu.

4. Membaca Al-Fatihah: Rukun keempat adalah membaca surat Al-Fatihah setelah takbiratul ihram. Al-Fatihah merupakan surat pembuka Al-Quran dan wajib dibaca dalam setiap rakaat shalat.

5. Rukuk: Rukun kelima adalah rukuk. Rukuk dilakukan dengan membungkukkan badan hingga tangan menyentuh lutut.

6. I’tidal: Rukun keenam adalah i’tidal. Setelah rukuk, kita harus kembali berdiri tegak dengan tenang sebelum melakukan sujud.

Pos Terkait:  Pengertian Hikmah dan Ruang Lingkup: Apa yang Harus Anda Ketahui?

7. Sujud: Rukun ketujuh adalah sujud. Sujud dilakukan dengan meletakkan dahi, hidung, kedua tangan, lutut, dan ujung kaki di lantai.

8. Duduk di antara dua sujud: Rukun kedelapan adalah duduk di antara dua sujud. Duduk ini dilakukan dengan posisi kaki ditekuk dan tangan diletakkan di atas paha.

9. Tasyahud: Rukun kesembilan adalah tasyahud. Tasyahud dilakukan dengan duduk tegak sambil membaca doa dan menyucikan Allah SWT.

10. Salam: Rukun terakhir adalah salam. Salam dilakukan dengan mengucapkan salam ke kanan dan kiri secara bergantian, menandakan berakhirnya shalat.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa rukun-rukun dalam shalat yang harus diperhatikan oleh umat Muslim. Dengan memahami dan melaksanakan rukun-rukun tersebut, shalat kita akan menjadi sah dan diterima oleh Allah SWT. Marilah kita selalu berusaha menjaga kualitas shalat kita agar menjadi ibadah yang sempurna dan mendapatkan berkah-Nya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dalam menambah pemahaman mengenai rukun-rukun dalam shalat.