Umum

Pengertian Persatuan Kerukunan dan

×

Pengertian Persatuan Kerukunan dan

Share this article

Persatuan Kerukunan dan (PKD) adalah sebuah organisasi masyarakat yang bergerak dalam bidang sosial dan keagamaan. PKD berdiri atas dasar kesadaran akan pentingnya persatuan, kesatuan, dan kerukunan antar sesama manusia, tanpa memandang suku, agama, dan ras. Tujuan utama dari PKD adalah memperkuat ukhuwah islamiyah dan ukhuwah wathaniyah dalam masyarakat.

Sejarah PKD

PKD pertama kali didirikan pada tahun 1945 di Yogyakarta oleh sekelompok ulama dan tokoh masyarakat. Pada awalnya, PKD hanya bergerak di bidang keagamaan, dan bertujuan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan umat Islam. Namun, seiring berjalannya waktu, PKD mengembangkan diri dan mulai bergerak di bidang sosial.

Pada tahun 1960-an, PKD mulai memperluas cakupan gerakannya dengan membentuk cabang-cabang baru di beberapa kota besar di Indonesia. PKD juga mulai mengadakan berbagai kegiatan sosial, seperti penggalangan dana untuk korban bencana alam, pengobatan gratis, dan pemberian santunan kepada anak yatim piatu.

Tujuan PKD

Tujuan utama dari PKD adalah memperkuat persatuan dan kesatuan umat Islam dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). PKD juga bertujuan untuk membangun kerukunan antar umat beragama dan suku di Indonesia. Selain itu, PKD juga bergerak di bidang sosial, seperti membantu masyarakat yang membutuhkan, baik dalam bentuk bantuan materi maupun non-materi.

Pos Terkait:  Mengenal Nama-Nama Bulan di Kalender Hijriyah

PKD juga memiliki tujuan di bidang pendidikan, yaitu memberikan pendidikan agama yang benar dan sesuai dengan ajaran Islam yang moderat. PKD juga berupaya memajukan ekonomi umat Islam, dengan memberikan bantuan modal usaha bagi yang membutuhkan dan membantu mengembangkan usaha kecil menengah.

Program Kerja PKD

PKD memiliki berbagai program kerja untuk mencapai tujuannya. Di bidang keagamaan, PKD mengadakan pengajian rutin, kajian kitab kuning, dan pelatihan pengelolaan masjid. PKD juga membantu pembangunan masjid dan memperkuat kegiatan keagamaan di masyarakat.

Di bidang sosial, PKD memiliki program bantuan sosial untuk masyarakat yang membutuhkan, seperti bantuan kesehatan, bantuan pangan, dan bantuan pendidikan. PKD juga mengadakan program pelatihan keterampilan, seperti pelatihan menjahit, memasak, dan perikanan.

Keberhasilan PKD

PKD telah berhasil memperkuat persatuan dan kesatuan umat Islam di Indonesia. PKD juga telah berhasil membangun kerukunan antar umat beragama dan suku di Indonesia. Selain itu, PKD telah memberikan kontribusi yang besar di bidang sosial, dengan membantu masyarakat yang membutuhkan.

PKD juga telah berhasil memajukan ekonomi umat Islam, dengan memberikan bantuan modal usaha bagi yang membutuhkan dan membantu mengembangkan usaha kecil menengah. PKD juga telah memberikan pendidikan agama yang benar dan sesuai dengan ajaran Islam yang moderat.

Pos Terkait:  Dalil-dalil Cinta Tanah Air dari Al-Qur'an dan Hadits

Pesan dan Kesimpulan

Persatuan Kerukunan dan (PKD) adalah sebuah organisasi masyarakat yang bergerak dalam bidang sosial dan keagamaan. PKD bertujuan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan umat Islam dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan membangun kerukunan antar umat beragama dan suku di Indonesia.

PKD telah berhasil memperkuat persatuan dan kesatuan umat Islam di Indonesia, membangun kerukunan antar umat beragama dan suku di Indonesia, memberikan kontribusi yang besar di bidang sosial, memajukan ekonomi umat Islam, dan memberikan pendidikan agama yang benar dan sesuai dengan ajaran Islam yang moderat.

Oleh karena itu, kita semua harus mendukung PKD dalam setiap kegiatan dan program kerjanya. Kita juga harus selalu memperkuat persatuan dan kesatuan, serta menjaga kerukunan antar umat beragama dan suku di Indonesia.