Umum

Inilah Teman Setia Seorang Muslim Saat Masuk ke Dalam Kubur

×

Inilah Teman Setia Seorang Muslim Saat Masuk ke Dalam Kubur

Share this article

Saat seseorang meninggal dunia, pasti ada kerinduan yang sangat besar bagi keluarga dan kerabat yang ditinggalkan. Namun, bagaimana dengan si mayat itu sendiri? Apa yang akan terjadi setelah meninggal dunia dan masuk ke dalam kubur?

Keimanan Seorang Muslim

Bagi seorang muslim, kematian bukanlah akhir dari segalanya. Kematian hanyalah awal dari kehidupan yang baru, yaitu kehidupan di alam kubur. Seorang muslim yang iman nya kuat akan menyadari bahwa di alam kubur, ia akan diperiksa dan dihisab atas segala amal baik atau buruk yang pernah dilakukan selama hidupnya.

Seorang muslim yang memiliki keyakinan yang kuat akan senantiasa memperbanyak amal baik dan terus berusaha menghindari segala bentuk perbuatan yang buruk. Dalam Al-Qur’an Surat Al-Mu’minun ayat 99-100 Allah SWT berfirman:

“Hingga apabila datang kematian kepada salah seorang di antara mereka, dia berkata: Ya Tuhanku, kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku dapat berbuat amal yang saleh dalam apa yang ditinggalkan olehku. Sekali-kali tidak (demikian)! Sesungguhnya itu adalah ucapan belaka yang keluar dari mulutnya. Dan di hadapannya ada suatu palang atau tembok sampai hari mereka dibangkitkan.”

Pos Terkait:  Strategi dan Substansi Dakwah Khulafaur

Artinya, seorang muslim yang memiliki keimanan yang kuat akan berusaha sebaik mungkin untuk terus berbuat amal baik selama hidupnya. Karena ketika sudah masuk ke dalam kubur, tidak ada lagi kesempatan untuk berbuat baik atau memperbaiki amal buruk yang sudah dilakukan.

Al-Qur’an dan Sunnah

Sebagai seorang muslim, kita memiliki dua sumber ajaran yang sangat penting, yaitu Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW. Kedua sumber ajaran ini menjadi panduan bagi seorang muslim untuk menjalani hidupnya di dunia dan di akhirat nanti.

Ada beberapa ayat dalam Al-Qur’an dan hadits dari Rasulullah SAW yang menjelaskan tentang kehidupan di alam kubur. Sebagai contoh, dalam Surat Al-Mu’minun ayat 100-101 Allah SWT berfirman:

“Dan ditiuplah sangkakala, maka tiba-tiba mereka keluar dari kuburnya menuju kepada Rabb mereka dengan berbaris-baris. Mereka berkata: Wahai celaka kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat tidur kami? (Yaitu dari alam kubur) Ini yang dijanjikan oleh Ar-Rahman dan benarlah Rasul-rasul-Nya.”

Dalam hadits dari Rasulullah SAW, beliau bersabda:

“Apabila mayat seorang muslim dimasukkan ke dalam kubur, maka kedua malaikat datang kepadanya dan duduk dengannya, lalu berkata kepadanya: ‘Barangsiapa Tuhanmu?’ Ia menjawab: ‘Rabb-ku Allah.’ Kemudian mereka bertanya: ‘Apa agamamu?’ Ia menjawab: ‘Agamaku Islam.’ Kemudian mereka bertanya lagi: ‘Siapa nabi yang dikirim Allah kepadamu?’ Ia menjawab: ‘Nabi Muhammad SAW.’ Kemudian mereka bertanya: ‘Bagaimana engkau mengetahuinya?’ Ia menjawab: ‘Membaca kitabullah (Al-Qur’an) dan mengikuti sunnah Rasulullah SAW.'”

Pos Terkait:  Wanita Sholehah: Inspirasi Wanita Muslimah yang Berakhlak Mulia

Amalan yang Bisa Dilakukan

Sebagai seorang muslim, ada beberapa amalan yang bisa dilakukan untuk membantu menghadapi kehidupan di alam kubur. Salah satunya adalah dengan selalu berusaha meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Semakin kuat iman dan taqwa seseorang, semakin mudah pula ia menghadapi segala ujian dan cobaan yang ada di alam kubur.

Selain itu, seseorang juga bisa memperbanyak amal ibadah seperti sholat, puasa, membaca Al-Qur’an, dan bersedekah. Semua amal ibadah ini bisa menjadi bekal bagi seseorang di alam kubur, karena pahala dari amal ibadah tersebut akan terus mengalir meskipun sudah meninggal dunia.

Terakhir, seseorang juga bisa memperbanyak doa dan istighfar. Dengan selalu memohon ampunan kepada Allah SWT, insya Allah segala dosa dan kesalahan yang pernah dilakukan selama hidup akan diampuni dan mendapatkan tempat yang baik di alam kubur nanti.

Kesimpulan

Seorang muslim yang memiliki keyakinan yang kuat akan senantiasa memperbanyak amal baik dan terus berusaha menghindari segala bentuk perbuatan yang buruk. Dalam Al-Qur’an dan hadits dari Rasulullah SAW juga terdapat penjelasan tentang kehidupan di alam kubur yang menjadi pedoman bagi seorang muslim untuk menghadapinya.

Pos Terkait:  Hukum Permainan Claw Machine dan Human

Dalam menghadapi kehidupan di alam kubur, seorang muslim bisa melakukan beberapa amalan yang bisa membantunya, seperti memperbanyak amal ibadah, doa, dan istighfar. Semua amalan tersebut bisa menjadi bekal bagi seseorang di alam kubur dan membantunya mendapatkan tempat yang baik di sisi Allah SWT.