Umum

Jarang Diketahui Inilah Perbedaan Surat Makkiyah dan Madaniyah dalam Al-Quran

×

Jarang Diketahui Inilah Perbedaan Surat Makkiyah dan Madaniyah dalam Al-Quran

Share this article

Al-Quran merupakan kitab suci umat Islam yang menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Al-Quran terdiri dari 114 surat yang berisi ayat-ayat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW selama kurang lebih 23 tahun.

Namun, tahukah Anda bahwa surat-surat dalam Al-Quran dibedakan menjadi dua jenis, yaitu surat Makkiyah dan Madaniyah? Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan kedua jenis surat tersebut.

Surat Makkiyah

Surat Makkiyah adalah surat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW ketika beliau masih berada di Mekah. Surat-surat Makkiyah umumnya berisi ayat-ayat yang menerangkan tentang keimanan, keesaan Allah, hari kiamat, dan kehidupan akhirat.

Surat Makkiyah juga berisi kisah-kisah para nabi dan rasul, seperti kisah Nabi Adam AS, Nabi Nuh AS, Nabi Ibrahim AS, Nabi Musa AS, dan Nabi Isa AS. Selain itu, surat Makkiyah juga banyak mengandung ajakan untuk memperbaiki akhlak dan perilaku manusia.

Surat Makkiyah umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki gaya bahasa yang indah dan bermakna mendalam
  • Mengandung banyak ayat-ayat yang pendek
  • Mengandung banyak perumpamaan dan pujian terhadap Allah SWT
  • Tidak mengandung ayat-ayat yang berkaitan dengan hukum dan peraturan
Pos Terkait:  Pengertian dan Contoh Maqamat dan Al

Surat Madaniyah

Surat Madaniyah adalah surat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW ketika beliau sudah berada di Madinah. Surat-surat Madaniyah umumnya berisi ayat-ayat yang berkaitan dengan hukum, peraturan, dan tata cara beribadah.

Surat Madaniyah juga berisi ayat-ayat yang menerangkan tentang peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah umat Islam, seperti Perang Badar, Perang Uhud, dan Perang Khandaq. Selain itu, surat Madaniyah juga mengandung banyak ayat yang mengajarkan tentang etika dan moral dalam kehidupan sehari-hari.

Surat Madaniyah umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki gaya bahasa yang lebih tegas dan lugas
  • Mengandung banyak ayat yang panjang
  • Mengandung banyak ayat yang berkaitan dengan hukum dan peraturan
  • Tidak mengandung banyak perumpamaan dan pujian terhadap Allah SWT

Contoh Surat Makkiyah dan Madaniyah

Berikut adalah contoh surat Makkiyah dan Madaniyah:

  • Surat Al-Fatihah (Makkiyah)
  • Surat Al-Fatihah adalah surat pembuka dalam Al-Quran yang terdiri dari 7 ayat. Surat ini termasuk surat Makkiyah yang banyak mengandung pujian terhadap Allah SWT dan mengajarkan tentang keesaan Allah.

  • Surat Al-Baqarah (Madaniyah)
  • Surat Al-Baqarah adalah surat kedua dalam Al-Quran yang terdiri dari 286 ayat. Surat ini termasuk surat Madaniyah yang banyak mengandung hukum-hukum dan peraturan dalam agama Islam, seperti hukum waris, zakat, dan puasa.

Pos Terkait:  Wak Haji Karim Benzema - Legenda Sepak Bola Dunia

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara surat Makkiyah dan Madaniyah terletak pada konteks sejarah dan tema yang diangkat dalam surat tersebut. Surat Makkiyah banyak mengandung kisah para nabi dan rasul serta ajakan untuk memperbaiki akhlak dan perilaku manusia, sedangkan surat Madaniyah banyak mengandung hukum-hukum dan peraturan dalam agama Islam.

Namun, perbedaan ini tidak membuat salah satu jenis surat lebih penting dari yang lain. Kedua jenis surat tersebut sama-sama penting sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan sebagai seorang Muslim. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.