Berdasarkan Alquran dan Hadis, Inilah Nama dan Sebutan yang Disematkan Terhadap QS Al-Fatihah

Posted on

Al-Fatihah adalah surat pertama dalam Alquran yang dianggap sebagai pintu gerbang pembuka dalam membaca Alquran. Surat ini juga sering disebut sebagai Ummul Kitab atau induk dari seluruh kitab suci Islam. Dalam artikel ini, kita akan membahas nama dan sebutan yang disematkan terhadap QS Al-Fatihah berdasarkan Alquran dan Hadis.

1. Al-Fatihah

Nama Al-Fatihah berasal dari kata “al-Fath” yang berarti kemenangan atau keberhasilan. Surat ini dinamakan Al-Fatihah karena di dalamnya terdapat pujian dan doa kepada Allah SWT yang diharapkan akan membawa keberhasilan dalam hidup.

2. Al-Hamd

Surat Al-Fatihah juga sering disebut sebagai Al-Hamd karena di dalamnya terdapat pujian atau hamd kepada Allah SWT. Ayat pertama dari surat ini adalah “Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin” yang artinya segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

3. As-Sab’ul Matsani

As-Sab’ul Matsani adalah sebutan lain untuk QS Al-Fatihah yang berarti tujuh ayat yang diulang-ulang. Hal ini mengacu pada pengulangan ayat Al-Fatihah dalam setiap rakaat shalat wajib dan sunnah.

4. Ash-Shalat

Surat Al-Fatihah juga disebut sebagai Ash-Shalat karena di dalamnya terdapat doa untuk keberhasilan dalam shalat. Ayat ketiga dari surat ini adalah “Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in” yang artinya hanya kepada-Mu kami menyembah dan hanya kepada-Mu kami meminta pertolongan.

5. Ar-Ruqyah

Ar-Ruqyah adalah sebutan untuk QS Al-Fatihah yang mengandung makna sebagai doa penyembuh. Surat ini sering dibacakan sebagai ruqyah atau doa pengobatan untuk mengusir jin atau penyakit.

Pos Terkait:  Makna Hadits 'Bekerjalah untuk Duniamu seolah Kauhidup'

6. Al-Kafiyyah

Al-Kafiyyah adalah sebutan lain untuk QS Al-Fatihah yang berarti cukup atau memadai. Surat ini dianggap sebagai surat yang memadai sebagai doa dan permohonan kepada Allah SWT.

7. Ummul Kitab

Ummul Kitab atau induk dari seluruh kitab suci Islam adalah sebutan yang paling terkenal untuk QS Al-Fatihah. Surat ini dianggap sebagai pintu gerbang pembuka dalam membaca Alquran dan memuat berbagai macam makna dan hikmah yang sangat penting bagi kehidupan manusia.

8. Asas Al-Qur’an

Surat Al-Fatihah juga dianggap sebagai asas atau dasar dari Alquran. Hal ini karena surat ini memuat pokok-pokok ajaran Islam yang dijadikan sebagai dasar atau pijakan dalam membaca dan memahami Alquran secara keseluruhan.

9. Al-Wafiyyah

Al-Wafiyyah adalah sebutan lain untuk QS Al-Fatihah yang mengandung makna sebagai surat yang lengkap dan memadai. Surat ini dianggap sebagai surat yang sangat lengkap dalam memuat berbagai macam makna dan hikmah bagi kehidupan manusia.

10. Al-Qur’anul Azim

Al-Qur’anul Azim adalah sebutan untuk Alquran secara keseluruhan yang dianggap sebagai kitab suci yang agung. Namun, QS Al-Fatihah juga dianggap sebagai bagian yang sangat penting dan agung dalam Alquran.

11. Al-Qur’anul Karim

Al-Qur’anul Karim adalah sebutan untuk Alquran secara keseluruhan yang dianggap sebagai kitab suci yang mulia. QS Al-Fatihah juga dianggap sebagai bagian yang sangat mulia dalam Alquran.

12. Al-Qur’anul Mubin

Al-Qur’anul Mubin adalah sebutan untuk Alquran secara keseluruhan yang dianggap sebagai kitab suci yang jelas dan terang. QS Al-Fatihah juga dianggap sebagai surat yang sangat jelas dan terang dalam memuat berbagai macam makna dan hikmah.

13. Al-Qur’anul Huda

Al-Qur’anul Huda adalah sebutan untuk Alquran secara keseluruhan yang dianggap sebagai kitab suci yang memberi petunjuk. QS Al-Fatihah juga dianggap sebagai surat yang memberi petunjuk bagi kehidupan manusia.

14. Al-Qur’anul Syifa’

Al-Qur’anul Syifa’ adalah sebutan untuk Alquran secara keseluruhan yang dianggap sebagai kitab suci yang menyembuhkan. QS Al-Fatihah juga dianggap sebagai surat yang menyembuhkan berbagai macam penyakit atau masalah dalam kehidupan.

Pos Terkait:  Doa Pengusir Jin yang Diajarkan Jibril

15. Al-Qur’anul Ghaffar

Al-Qur’anul Ghaffar adalah sebutan untuk Alquran secara keseluruhan yang dianggap sebagai kitab suci yang penuh ampunan. QS Al-Fatihah juga dianggap sebagai surat yang penuh dengan ampunan dan rahmat Allah SWT.

16. Al-Qur’anul Majeed

Al-Qur’anul Majeed adalah sebutan untuk Alquran secara keseluruhan yang dianggap sebagai kitab suci yang mulia dan agung. QS Al-Fatihah juga dianggap sebagai surat yang sangat mulia dan agung dalam Alquran.

17. Al-Qur’anul Murattal

Al-Qur’anul Murattal adalah sebutan untuk Alquran secara keseluruhan yang dianggap sebagai kitab suci yang teratur dan mudah dibaca. QS Al-Fatihah juga dianggap sebagai surat yang sangat teratur dan mudah dibaca dalam Alquran.

18. Al-Qur’anul Munir

Al-Qur’anul Munir adalah sebutan untuk Alquran secara keseluruhan yang dianggap sebagai kitab suci yang menerangi. QS Al-Fatihah juga dianggap sebagai surat yang menerangi jalan kehidupan manusia.

19. Al-Qur’anul Qiyamah

Al-Qur’anul Qiyamah adalah sebutan untuk Alquran secara keseluruhan yang dianggap sebagai kitab suci yang akan menjadi saksi di hari kiamat. QS Al-Fatihah juga dianggap sebagai surat yang akan menjadi saksi bagi kehidupan manusia di akhirat kelak.

20. Al-Qur’anul Hafiz

Al-Qur’anul Hafiz adalah sebutan untuk orang yang hafal Alquran secara keseluruhan. QS Al-Fatihah juga dihafal oleh setiap orang yang belajar membaca Alquran dan dianggap sebagai surat yang sangat penting untuk dihafal.

21. Al-Qur’anul Muta’abbid

Al-Qur’anul Muta’abbid adalah sebutan untuk orang yang selalu membaca dan merenungkan Alquran. QS Al-Fatihah juga dianggap sebagai surat yang sangat penting untuk dibaca dan direnungkan setiap hari.

22. Al-Qur’anul Mutaqaddim

Al-Qur’anul Mutaqaddim adalah sebutan untuk orang yang mempelajari Alquran sejak dini. QS Al-Fatihah juga diajarkan kepada anak-anak sejak dini sebagai surat yang sangat penting dalam kehidupan.

23. Al-Qur’anul Mutaakhir

Al-Qur’anul Mutaakhir adalah sebutan untuk orang yang mempelajari Alquran di akhir usia. QS Al-Fatihah juga dianggap sebagai surat yang sangat penting untuk dipelajari di akhir usia.

Pos Terkait:  Ini Cara Shalat di Atas Kendaraan

24. Al-Qur’anul Haq

Al-Qur’anul Haq adalah sebutan untuk Alquran secara keseluruhan yang dianggap sebagai kitab suci yang benar. QS Al-Fatihah juga dianggap sebagai surat yang sangat benar dalam memuat berbagai macam makna dan hikmah.

25. Al-Qur’anul Burhan

Al-Qur’anul Burhan adalah sebutan untuk Alquran secara keseluruhan yang dianggap sebagai kitab suci yang membawa bukti yang jelas. QS Al-Fatihah juga dianggap sebagai surat yang membawa bukti yang jelas tentang kebenaran Islam.

26. Al-Qur’anul Bashir

Al-Qur’anul Bashir adalah sebutan untuk Alquran secara keseluruhan yang dianggap sebagai kitab suci yang memberi kabar gembira. QS Al-Fatihah juga dianggap sebagai surat yang memberi kabar gembira bagi kehidupan manusia.

27. Al-Qur’anun Nadzir

Al-Qur’anun Nadzir adalah sebutan untuk Alquran secara keseluruhan yang dianggap sebagai kitab suci yang memberi peringatan. QS Al-Fatihah juga dianggap sebagai surat yang memberi peringatan bagi kehidupan manusia.

28. Al-Qur’anul Haadi

Al-Qur’anul Haadi adalah sebutan untuk Alquran secara keseluruhan yang dianggap sebagai kitab suci yang memberi petunjuk. QS Al-Fatihah juga dianggap sebagai surat yang memberi petunjuk bagi kehidupan manusia.

29. Al-Qur’anul Hikmah

Al-Qur’anul Hikmah adalah sebutan untuk Alquran secara keseluruhan yang dianggap sebagai kitab suci yang penuh hikmah. QS Al-Fatihah juga dianggap sebagai surat yang penuh dengan hikmah bagi kehidupan manusia.

30. Kesimpulan

Berdasarkan Alquran dan Hadis, QS Al-Fatihah memiliki berbagai macam nama dan sebutan yang mengandung makna yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Surat ini dianggap sebagai surat yang sangat penting dalam membuka pintu gerbang pembuka dalam membaca Alquran dan memuat berbagai macam makna dan hikmah yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu, kita harus selalu membaca dan menghafal QS Al-Fatihah sebagai bagian yang sangat penting dalam kehidupan kita sebagai seorang muslim.