Umum

Apakah Makan dan Minum Membatalkan Wudhu?

×

Apakah Makan dan Minum Membatalkan Wudhu?

Share this article

Wudhu adalah salah satu syarat dalam menjalankan ibadah sholat yang bersih dan suci. Dalam menjalankan wudhu, kita harus memperhatikan beberapa hal agar wudhu kita sah dan tidak batal. Salah satu hal yang sering ditanyakan oleh umat muslim adalah apakah makan dan minum dapat membatalkan wudhu? Pada artikel ini, kita akan membahas apakah makan dan minum membatalkan wudhu atau tidak.

Apa itu Wudhu?

Wudhu adalah tindakan membersihkan sebagian tubuh dengan air suci seperti air zam-zam atau air biasa yang diniatkan untuk bersuci dari hadas kecil. Wudhu dilakukan sebelum melaksanakan sholat agar tubuh kita bersih dan suci. Wudhu juga dapat dilakukan untuk membersihkan diri dari hadas kecil seperti buang air kecil, buang air besar, dan lain sebagainya.

Makan dan Minum Tidak Membatalkan Wudhu

Banyak orang yang beranggapan bahwa makan dan minum dapat membatalkan wudhu. Namun, hal tersebut tidaklah benar. Makan dan minum tidak membatalkan wudhu, kecuali jika makanan atau minuman tersebut keluar melalui saluran pencernaan seperti muntah atau buang air besar. Selain itu, makan dan minum tidak akan membatalkan wudhu.

Pos Terkait:  Kultum Ramadhan: Keutamaan Berbagi di Bulan Puasa

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Sebelum Wudhu

Walaupun makan dan minum tidak membatalkan wudhu, namun terdapat beberapa jenis makanan dan minuman yang harus dihindari sebelum melakukan wudhu. Beberapa makanan dan minuman tersebut antara lain:

  • Bawang dan bawang putih
  • Jengkol dan pete
  • Minuman beralkohol
  • Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh

Makanan dan minuman tersebut sebaiknya dihindari karena dapat menghasilkan bau yang tidak sedap dari mulut dan membuat wudhu tidak sah.

Tata Cara Wudhu yang Benar

Agar wudhu kita sah, maka kita harus melakukan tata cara wudhu secara benar. Berikut adalah tata cara wudhu yang benar:

  1. Bismillah
  2. Membasuh tangan sebanyak tiga kali
  3. Berkumur-kumur sebanyak tiga kali
  4. Membasuh hidung sebanyak tiga kali
  5. Membasuh wajah sebanyak tiga kali
  6. Membasuh tangan kiri dan kanan sebanyak tiga kali
  7. Menyapu kepala sebanyak satu kali
  8. Menyapu telinga sebanyak satu kali
  9. Membasuh kaki kiri dan kanan sebanyak tiga kali

Dengan melakukan tata cara wudhu yang benar, maka wudhu kita akan sah dan kita dapat melaksanakan ibadah sholat dengan lebih khushu dan khusyuk.

Conclusion

Makan dan minum tidak membatalkan wudhu, kecuali jika makanan atau minuman tersebut keluar melalui saluran pencernaan seperti muntah atau buang air besar. Namun, terdapat beberapa jenis makanan dan minuman yang harus dihindari sebelum melakukan wudhu agar wudhu kita sah. Agar wudhu kita sah, kita harus melakukan tata cara wudhu secara benar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dalam menjalankan ibadah wudhu dan sholat.

Pos Terkait:  Masjid sebagai Wahana Booster Imun dan Iman saat Pandemi