Umum

Bacaan Sholat Maghrib: Panduan Lengkap

×

Bacaan Sholat Maghrib: Panduan Lengkap

Share this article

Sholat Maghrib adalah salah satu sholat wajib yang dilakukan oleh umat muslim setiap hari setelah matahari terbenam. Sholat ini terdiri dari tiga rakaat yang masing-masing dilengkapi dengan bacaan-bacaan tertentu. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap mengenai bacaan sholat maghrib dan panduan untuk melaksanakan sholat ini dengan benar.

Persiapan Sebelum Sholat Maghrib

Sebelum melaksanakan sholat maghrib, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pertama, pastikan kamu sudah melakukan wudhu atau bersuci. Kedua, pilihlah tempat yang bersih dan tenang untuk melaksanakan sholat maghrib. Ketiga, pastikan kamu sudah mengetahui arah kiblat.

Bacaan Niat Sholat Maghrib

Sebelum memulai sholat maghrib, kamu perlu membaca niat sholat maghrib terlebih dahulu. Bacaan niat sholat maghrib adalah:

“Aku niat sholat maghrib tiga rakaat karena Allah ta’ala”

Takbiratul Ihram

Setelah membaca niat, lakukan takbiratul ihram dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu sambil mengucapkan:

“Allahu Akbar”

Surah Al-Fatihah

Setelah takbiratul ihram, baca surah Al-Fatihah. Surah ini adalah surah pembuka dalam Al-Quran dan wajib dibaca pada setiap rakaat sholat. Bacaan surah Al-Fatihah adalah:

Pos Terkait:  Hadist Menuntut Ilmu dalam Islam: Pentingnya Mencari Ilmu dalam Agama

“Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi rabbil ‘alamin. Ar-Rahmanir-Rahim. Maliki yawmid-din. Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in. Ihdinas-siratal mustaqim. Siratal ladzina an’amta ‘alaihim, ghairil maghdubi ‘alaihim walad-dallin. Amin.”

Surah Pendek

Setelah membaca surah Al-Fatihah, baca salah satu surah pendek dalam Al-Quran. Surah pendek yang biasanya dibaca dalam sholat maghrib adalah surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.

Ruku’

Setelah membaca surah pendek, lakukan ruku’. Caranya adalah dengan membungkukkan badan sambil mengucapkan:

“Subhana Rabbiyal ‘Azim”

I’tidal

Setelah ruku’, kembali ke posisi berdiri dengan tegap. Posisi ini disebut i’tidal. Ketika berada dalam posisi ini, ucapkan:

“Sami’Allahu liman hamidah”

Artinya, Allah mendengar orang yang memuji-Nya.

Sujud Pertama

Setelah i’tidal, lakukan sujud pertama. Caranya adalah dengan menempatkan dahi, hidung, kedua tangan, lutut, serta ujung kaki di atas lantai. Sambil berada di posisi ini, ucapkan:

“Subhana Rabbiyal A’la”

Duduk di Antara Dua Sujud

Setelah sujud pertama, duduklah sejenak dengan posisi duduk di antara dua sujud. Posisi ini disebut duduk di antara dua sujud. Ketika berada dalam posisi ini, ucapkan:

“Rabbighfirlii, warhamnii, wajburnii, warfa’nii, warzuqnii”

Sujud Kedua

Setelah duduk di antara dua sujud, lakukan sujud kedua dengan cara yang sama seperti sujud pertama. Sambil berada di posisi ini, ucapkan:

Pos Terkait:  Banyak Bicara: Mengapa Terlalu Banyak Berbicara Dapat Menjadi Masalah?

“Subhana Rabbiyal A’la”

Tahiyat Awal

Setelah sujud kedua, duduklah dengan posisi duduk tawarruk. Posisi ini dilakukan dengan meletakkan kaki kanan di bawah pantat dan kaki kiri ditekuk ke arah kanan. Sambil berada di posisi ini, baca:

“At-tahiyyatu lillahi was shalawatu wattayyibatu. Assalamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullahi wa barakatuh. Assalamu ‘alaina wa ‘ala ibadillahis shalihin. Ashhadu alla ilaha illallahu wa ashhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluh.”

Tahiyat Akhir

Setelah tahiyat awal, baca tahiyat akhir:

“Allahumma sholli ‘ala Muhammadin wa ‘ala ali Muhammadin kama shollaita ‘ala Ibrahima wa ‘ala ali Ibrahima innaka hamidun majid. Allahumma barik ‘ala Muhammadin wa ‘ala ali Muhammadin kama barakta ‘ala Ibrahima wa ‘ala ali Ibrahima innaka hamidun majid.”

Doa dan Salam

Setelah membaca tahiyat akhir, kamu dapat membaca doa dan salam untuk menyelesaikan sholat maghrib. Doa yang bisa dibaca adalah:

“Allahumma inni zalamtu nafsi zulman katsiran, wa la yaghfirudh-dhunuba illa anta, faghfirlii maghfiratan min ‘indika warhamnii innaka antal gafurur rahim.”

Setelah membaca doa, lakukan salam ke kanan dan ke kiri dengan mengucapkan:

“Assalamu’alaikum warahmatullah”

Kesimpulan

Sholat maghrib adalah salah satu sholat wajib yang dilakukan oleh umat muslim setiap hari setelah matahari terbenam. Sholat ini terdiri dari tiga rakaat yang masing-masing dilengkapi dengan bacaan-bacaan tertentu. Dalam melaksanakan sholat maghrib, kamu perlu mempersiapkan diri terlebih dahulu dan memahami bacaan-bacaan yang harus dibaca pada setiap rakaat. Dengan melakukan sholat maghrib dengan benar, kamu akan merasakan manfaatnya secara spiritual dan kesehatan.

Pos Terkait:  KALENDER HIJRIYAH: Mengenal Penanggalan Islam yang Digunakan oleh Umat Muslim