Umum

Makna Sakinah: Arti, Pengertian, dan Pentingnya dalam Pernikahan

×

Makna Sakinah: Arti, Pengertian, dan Pentingnya dalam Pernikahan

Share this article

Pernikahan merupakan sebuah sunnatullah yang telah diatur dalam agama Islam sebagai sarana untuk melengkapi keutuhan dan kesempurnaan hidup manusia. Dalam pernikahan, terdapat banyak nilai dan makna yang dapat diambil sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan berumah tangga. Salah satu makna penting dalam pernikahan adalah sakinah.

Apa itu Sakinah?

Sakinah merupakan salah satu kata dalam bahasa Arab yang memiliki banyak makna. Dalam konteks pernikahan, sakinah memiliki arti sebagai kebahagiaan dan ketenangan hati yang didapatkan oleh suami dan istri dalam menjalani kehidupan berumah tangga yang harmonis dan bahagia.

Sakinah juga dapat diartikan sebagai ketenangan hati yang dirasakan oleh pasangan suami istri ketika menjalani kehidupan bersama. Ketenangan hati ini didapatkan apabila suami istri dapat saling menghargai, menghormati, dan memperhatikan kebutuhan satu sama lain.

Makna Sakinah dalam Pernikahan

Makna sakinah dalam pernikahan sangat penting karena sakinah merupakan salah satu tujuan utama dari pernikahan. Tujuan pernikahan dalam Islam bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan biologis manusia, namun juga untuk membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah.

Pos Terkait:  Fadhilah Membahagiakan Orang Lain

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa pernikahan merupakan salah satu bagian dari sunnah Nabi. Dalam sunnah tersebut, terdapat banyak nilai dan keutamaan yang dapat diambil sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan berumah tangga.

Makna sakinah dalam pernikahan juga berkaitan dengan konsep wali. Wali dalam pernikahan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pasangan suami istri dapat menjalani kehidupan yang bahagia dan harmonis. Wali juga bertanggung jawab untuk memfasilitasi komunikasi dan menjembatani perbedaan yang mungkin timbul antara suami istri.

Pentingnya Memiliki Keluarga Sakinah

Memiliki keluarga yang sakinah sangat penting dalam kehidupan berumah tangga. Keluarga yang sakinah dapat memberikan dukungan dan kekuatan dalam menghadapi tantangan hidup. Keluarga yang sakinah juga dapat memberikan kondisi yang aman dan nyaman bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang.

Keluarga yang sakinah juga dapat memberikan contoh yang baik bagi masyarakat sekitar. Keluarga yang harmonis dan bahagia dapat menjadi inspirasi bagi orang lain untuk menjalani kehidupan berumah tangga yang sama.

Cara Mencapai Keluarga Sakinah

Mencapai keluarga yang sakinah tidaklah mudah. Dibutuhkan usaha dan kerja keras dari kedua belah pihak untuk mencapai kebahagiaan dan ketenangan hati dalam kehidupan berumah tangga. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencapai keluarga sakinah antara lain:

Pos Terkait:  Bacalah Doa ini Sebelum Lamaran Nikah!

1. Komunikasi yang Baik dan Terbuka

Komunikasi yang baik dan terbuka sangat penting dalam menjalani kehidupan berumah tangga. Suami istri harus saling berbicara dan mendengarkan satu sama lain dengan baik untuk memahami perasaan dan kebutuhan masing-masing.

2. Salat Berjamaah

Salat berjamaah dapat menjadi salah satu cara untuk mencapai keluarga yang sakinah. Salat berjamaah dapat mempererat hubungan antara suami istri dan juga dapat membantu dalam mengatasi permasalahan yang mungkin muncul dalam kehidupan berumah tangga.

3. Menjaga Kehormatan

Menjaga kehormatan suami istri sangat penting dalam menjalani kehidupan berumah tangga. Suami istri harus saling mempercayai dan menjaga kehormatan masing-masing agar dapat mencapai kebahagiaan dan ketenangan hati dalam kehidupan berumah tangga.

Kesimpulan

Makna sakinah dalam pernikahan sangat penting untuk mencapai tujuan pernikahan yang sebenarnya. Sakinah merupakan salah satu tujuan utama dalam pernikahan karena sakinah dapat memberikan kebahagiaan dan ketenangan hati bagi pasangan suami istri dalam menjalani kehidupan bersama. Untuk mencapai keluarga yang sakinah, dibutuhkan usaha dan kerja keras dari kedua belah pihak untuk saling berkomunikasi, salat berjamaah, dan menjaga kehormatan masing-masing. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi pasangan suami istri untuk mencapai keluarga yang sakinah dan bahagia.

Pos Terkait:  Pakem dalam Dunia Tahqiq: Memahami Konsep dan Pentingnya